Sukses

Erling Haaland Memenuhi Semua Syarat untuk Raih Ballon d'Or 2023

Shaun Wright-Phillips menilai seharusnya tidak ada halangan bagi Haaland meraih Ballon d'Or 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Pemilihan pemenang Ballon d'Or 2023 sangat sengit. Penyerang Manchester City Erling Haaland akan bersaing ketat dengan pemain Inter Miami Lionel Messi. Para pecinta bola dan pengamat terpecah menjadi dua menentukan siapa yang akan merebut Ballon d'Or 2023.

Erling Haaland dan Messi sama-sama menorehkan prestasi gemilang di musim 2022/2023. Akibatnya para voters akan kebingungan memilih siapa yang berada di nomor satu.

Messi sukses membawa timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. Ini sekaligus melengkapi koleksi gelar Messi sepanjang karier profesionalnya. Eks pemain Barcelona itu juga terpilih sebagai pemain terbaik di Piala Dunia Qatar. Yang terbaru Messi membantu Inter Miami menjuarai Leagues Cup.

Sedangkan Haaland bersama City meraih treble dengan menjuarai Liga Champions, Liga Inggris dan Piala FA. Haaland juga menjadi top skor di Liga Champions dan Liga Inggris. Musim lalu pemuda Norwegia itu membuat 52 gol dari 53 pertandingan.

Perdebatan soal siapa yang akan meraih Ballon d'Or 2023 pun jadi topik hangat di kalangan insan sepak bola dunia. Namun di mata legenda Manchester City, Shaun Wright Phillips, Haaland yang seharusnya mendapatkannya. Dia memenuhi semua syarat.

"Haaland seharusnya yang menang Ballon d'Or tahun ini. Apa yang dilakukannya musim lalu luar biasa. Dalam 10 tahun pemenang Ballon d'Or selalu yang sukses di Liga Champions dan mencetak banyak gol. Haaland melakukan semuanya," ujar Shaun Wright-Phillips.

"Memenangkan Piala Dunia biasanya tak terlalu diperhitungkan di Ballon d'Or. Saya tidak tahu kenapa orang-orang berbicara akan hal itu," lanjut Wright-Phillips saat saat berada di Jakarta dalam tur Trofi Treble Manchester City.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Messi dan Ronaldo Mendominasi Ballon d'Or

Bila memenangi Ballon d'Or 2023 maka akan menjadi pencapaian perdana bagi Haaland. Pemain 23 tahun itu sebelumnya belum pernah merasakan Ballon d'Or. Sedangkan Messi akan meraih trofi kedelapan jika menang lagi.

Dalam 10 edisi Ballon d'Or terakhir Messi dan Cristiano Ronaldo begitu mendominasi. Keduanya silih berganti memenanginya. Praktis cuma dua kali pemenangnya bukan Messi atau Ronaldo. Di tahun 2018 saat didapat Luka Modric dan tahun lalu oleh Karim Benzema.

3 dari 3 halaman

Era Baru, Haaland dan Mbappe

Era Messi dan Ronaldo dianggap sudah akan berakhir. Haaland dan Kylian Mbappe diprediksi akan mendominasi pemenang Ballon d'Or dalam lima tahun mendatang.

Jika Haaland bisa mendapatkannya tahun ini maka dia sudah melebihi pencapaian Mbappe terlebih dulu. Mbappe sejauh ini belum pernah meraih Ballon d'Or.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.