Sukses

Jelang 16 Besar Asian Games 2023, Indra Sjafri Waspadai Kekuatan Uzbekistan

Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri mewaspadai kekuatan Uzbekistan jelang tampil di babak 16 besar Asian Games 2023 Hangzhou, Kamis (28/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri mewaspadai kekuatan Uzbekistan jelang tampil di babak 16 besar Asian Games 2023 Hangzhou, Kamis (28/9/2023). 

Menurut dia, negara tersebut memiliki kualitas tim dan individu yang baik, sehingga wajib diwanti-wanti performanya oleh Garuda Muda kala bersua dalam duel fase knock-out yang dihelat di Shangcheng Sports Centre Stadium mulai pukul 15.30 WIB. 

Sekadar informasi, Uzbekistan memang tampil gemilang sepanjang fase penyisihan grup Asian Games 2023. Tim besutan Timur Kapadze sukses mengoleksi 6 poin dari 2 kemenangan melawan Hong Kong, yang menjadi satu-satunya rival mereka di Grup C. 

Sementara itu, Timnas Indonesia U-24 boleh dikata sedikit terseok-seok kala mencoba mengamankan tiket 16 besar. Rizky Ridho dan kawan-kawan cuma mampu mengumpulkan 3 poin usai mengalahkan Kirgistan 2-0 di laga perdana, sebelum takluk dari Chinese Taipei dan Korea Utara di dua pertandingan selanjutnya, pada persaingan Grup F. 

Buntut dari catatan ini, Timnas Indonesia U-24 bisa merebut slot babak knock-out lewat jalur juara dan runner-up grup. Pasukan Indra Sjafri baru mampu memastikan tempat di babak 16 besar setelah berjaya dalam perebutan slot peringkat 3 terbaik. 

Menghadapi Uzbekistan di 16 besar, Indra Sjafri mengaku pihaknya telah mencoba mengamati penampilan lawan saat tampil di Grup C. Pelatih Timnas Indonesia U-24 pun mengaku ada beberapa pemain Uzbekistan yang harus diwaspadai Garuda Asia kala bersua di babak gugur.

"Kita sempat menonton mereka saat lawan Hong Kong. Kita tahu persis pecahan negara Soviet pada umumnya mereka main baik. Baik secara tim dan individu. Ada beberapa pemain mereka yang diwaspadai," tutur Indra jelang laga melawan Uzbekistan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-24 Siap Tanding di 16 Besar

Terlepas dari adanya kekhawatiran soal kekuatan Uzbekistan, Indra Sjafri mengeklaim anak-anak asuhnya sudah siap bertanding di fase 16 besar Asian Games 2023. 

Rizky Ridho dan kawan-kawan disebut berasa dalam kondisi baik serta diharapkan mampu mencetak sejarah dengan tembus ke babak 8 besar ajang olahraga multi event level Asia. 

"Kondisi tim saat ini baik sekali. Mereka siap berjuang untuk bisa menangkan pertandingan di fase knock out lawan Uzbekistan," ungkap Indra Sjafri.

"Sebenarnya dari target yang dicapai, 16 besar ini sudah sama dengan pencapaian dari Indonesia di tahun 2018. Kita juga lolos ke 16 besar. Gagal di babak selanjutnya."

"Kita di latihan sampaikan, kita punya kesempatan untuk bisa buat sejarah (lolos) ke 8 besar (Asian Games 2023). Tidak gampang memang. Perlu kerja keras dan usaha," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-24 Ketambahan Ramadhan Sananta

Garuda Muda sendiri saat ini memang berpotensi memiliki rapor lebih baik saat melakoni fase knock-out Asian Games 2023. Pasalnya, Timnas Indonesia U-24 baru saja kedatangan striker Ramadhan Sananta yang bisa menjadi faktor pembeda buat lini depan tim Merah Putih.

Pemain Persis Solo itu sejak awal memang masuk skuad Timnas Indonesia U-24 untukAsian Games 2022, tetapi sempat tidak dilepas oleh klub. Laskar Sambernyawa baru mengizinkan Sananta pergi ke Hangzhou setelah Garuda Muda memastikan diri lolos dari fase grup. 

Dalam pernyataannya pasca tiba di China, Sananta mengaku senang bisa bergabung dengan rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-24. Ia pun berkomitmen untuksiap 100 persen dan memberikan penampilan maksimal bagi skuad Merah Putih. 

"Saya harus siap 100 persen, karena kalau kita dipanggil, harus siap berikan segalanya. Senang juga bisa bergabung dengan teman-teman yang lain," ujar Sananta sesaat setelah kedatangannya, dilansir dari situs resmi PSSI. 

"Doakan kami supaya bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara, terutama untuk saya agar bisa memberikan 100 persen," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.