Sukses

5 Pemain Asia yang Bersinar di Liga Inggris: Mulai Son Heung-Min Hingga Park Ji-Sung

Dalam gelaran yang panjang dan bersejarah Liga Inggris, pemain asal Asia pernah dan hingga kini menjadi bagian dari kompetisi yang membuat lapangan hijau hingga tribun penonton meriah.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat disangkal bahwa Liga Inggris merupakan salah satu liga sepak bola paling prestisius di dunia, dan selama bertahun-tahun, kompetisi ini telah menyuguhkan berbagai pemain bintang luar biasa yang akan dikenang oleh penggemar sepak bola selamanya.

Dalam gelaran yang panjang dan bersejarah Liga Inggris, pemain asal Asia pernah dan hingga kini menjadi bagian dari kompetisi yang membuat lapangan hijau hingga tribun penonton meriah.

Pemain asal Jepang, Korea Selatan, China, dan bahkan Oman telah berlaga di berbagai klub liga Inggris, dan beberapa di antara mereka telah meraih ketenaran yang besar di negeri asal mereka. 

Setelah Park Ji-Sung mencatat prestasinya di Manchester United, beberapa pemain Asia telah memberikan dampak yang signifikan dalam sepak bola Liga Inggris selama satu setengah dekade terakhir. 

Sama dengan rekan sebangsanya, Son Heung-Min yang mencuat belakangan ini, telah menjadi salah satu figur paling mencolok di liga dengan beberapa penampilan gemilang saat memperkuat tim Tottenham Hotspur.  

Dalam artikel ini, Liputan6.com akan menilik lima daftar pemain asal Asia yang bersinar di Liga Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Son Heung-min

Son Heung-Min adalah pemain andalan di skuat Tottenham Hotspur dan umumnya dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Asia yang pernah berkompetisi di Liga Inggris.

Sejak ia bergabung dengan Tottenham pada tahun 2015 dari klub Bayer Leverkusen, penyerang asal Korea Selatan ini telah membuktikan dirinya sebagai pemain kunci dalam tim asal London Utara tersebut.

Kecepatan, keterampilan, serta kemampuan menyelesaikan peluang dengan tajam adalah beberapa aspek yang menjadikan Son sebagai salah satu pemain menyerang yang paling berbahaya dalam kompetisi ini.

Selain itu, Son juga telah dua kali meraih penghargaan Gol Terbaik Liga Inggris dan turut berperan membantu Tottenham mencapai final Liga Champions UEFA pada tahun 2019.

3 dari 6 halaman

Park Ji-sung

Pada tahun 2005, Manchester United berhasil mendapatkan tanda tangan gelandang asal Korea Selatan ini dari klub Belanda, PSV Eindhoven.

Selama tujuh musimnya di Old Trafford, Park menjadi pemain yang sangat penting dalam skuad yang dikomandoi oleh Sir Alex Ferguson, memberikan kontribusi berarti terhadap kesuksesan tim baik di dalam kompetisi domestik maupun di kancah Eropa.

Salah satu keunggulan utama Park adalah fleksibilitasnya, yang memungkinkannya bermain dalam berbagai peran, termasuk di posisi gelandang tengah, sayap, dan bahkan sebagai striker dalam beberapa kesempatan tertentu.

Tingkat kerja keras Park yang tak pernah surut dan kecerdasan taktisnya menjadikannya favorit di mata Ferguson, dan hasilnya, ia berhasil meraih empat gelar Liga Inggris, tiga Piala Liga, serta Liga Champions UEFA selama masa baktinya di MU.

4 dari 6 halaman

Kaoru Mitoma

Kaoru Mitoma diberikan kesempatan untuk bergabung dengan skuad utama Brighton pada paruh kedua musim 2022/23, dan ia datang dengan reputasi yang sangat baik sebagai seorang ahli dalam menggiring bola.

Pemain serba bisa yang lincah ini sukses dalam musim perdananya di kancah sepak bola Inggris, Mitoma telah mencatatkan lebih banyak gol dalam satu musim Liga Inggris dibandingkan dengan rekan senegaranya, mengalahkan rekor enam gol yang pernah dicetak oleh Shinji Kagawa pada musim 2012/13.

5 dari 6 halaman

Takehiro Tomiyasu

Takehiro Tomiyasu merupakan seorang bek muda berbakat dari Jepang yang bergabung dengan Arsenal pada musim panas tahun 2021 dari klub Bologna. Walaupun belum mampu memberikan dampak besar di dalam Liga Inggris, ia telah menunjukkan beberapa potensinya. 

Fleksibilitas yang dimiliki oleh Tomiyasu telah menjadi aset berharga bagi Arsenal, mengingat dia mampu bermain baik sebagai bek tengah, bek kanan, maupun gelandang bertahan.

Ia membuat penampilan debutnya untuk klub dalam kemenangan 1-0 melawan Norwich City, dan sejak itu, ia tampil dalam beberapa pertandingan di Liga Premier.

Meskipun masih beradaptasi dengan kecepatan dan fisik kompetisi ini, Tomiyasu telah menunjukkan kualitasnya dalam pertahanan, termasuk kemampuannya dalam duel udara dan keunggulan dalam tekel. 

6 dari 6 halaman

Shinji Okazaki

Penyerang dari Jepang ini bergabung dengan Leicester City pada tahun 2015 setelah bermain untuk Mainz 05 di Bundesliga.

Memiliki dedikasi yang tinggi serta gerakannya yang cerdas saat tidak memiliki bola membuat Okazaki menjadi elemen yang sangat penting dalam tim Leicester yang menciptakan kejutan besar dengan memenangkan gelar Liga Inggris pada tahun 2016.

Meskipun memiliki postur tubuh yang relatif kecil, kemampuan Okazaki dalam duel udara dan keberaniannya untuk mengorbankan diri demi tim menjadikannya salah satu favorit di mata para penggemar di Stadion King Power. O

kazaki telah mencatatkan total 114 penampilan dengan mengenakan seragam Leicester yang berwarna biru, dan ia akan diingat sebagai salah satu pemain terbaik dari Asia dalam sejarah klub tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini