Sukses

Newcastle United Terancam Sanksi UEFA Jelang Duel Melawan AC Milan di Liga Champions

Tidak menggelar konferensi pers, Newcastle United berisiko mendapat hukuman UEFA menjelang pertandingan Liga Champions pertama dalam 20 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Newcastle United berisiko dihukum UEFA menjelang pertandingan Liga Champions pertama mereka dalam 20 tahun. The Magpies akan menghadapi juara Eropa tujuh kali AC Milan di San Siro, Selasa (19/9/2023).

AC Milan dan Newcastle United akan bertemu dalam pertandingan pembukaan mereka di Grup G. Kedua tim itu masuk grup tersebut bareng Paris Saint-Germain dan Borussia Dortmund.

Namun, persiapan untuk pertemuan ini kurang ideal setelah terjadi badai yang menyebabkan penerbangan Newcastle ke Milan tertunda.

Mereka dijadwalkan berangkat pada pukul 14.30 waktu setempat. Namun ada hari yang lebih dari dua jam, artinya mereka baru berangkat pada pukul 16.49.

Mereka akhirnya mendarat di Bandara Milan Malpensa. Namun, konferensi pers bersama manajer Eddie Howe dan mantan bintang Rossoneri Sandro Tonali, terpaksa ditunda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Newcastle Dinilai Melanggar Aturan UEFA Pasal 73

Konferensi tersebut dijadwalkan pada pukul 19.00 namun Howe tidak berbicara kepada media hingga pukul 21.00 waktu setempat. Ini tidak sejalan dengan aturan UEFA karena konferensi harus berlangsung antara pukul 12.00 hingga 20.00.

Seperti dilansir The Sun, pasal 73 aturan itu menyatakan: “Setiap klub harus mengadakan konferensi pers pra-pertandingan sehari sebelum pertandingan."

3 dari 4 halaman

Klub Harus Sediakan Fasilitas untuk Siaran Langsung

“Setiap konferensi pers“Kedua konferensi pers tersebut harus diatur oleh kedua klub dan UEFA secara bersama-sama, sehingga media dapat menghadiri keduanya. Konferensi pers harus dimulai antara pukul 12.00 hingga 20.00 waktu setempat. Pengecualian terhadap waktu ini harus disetujui terlebih dahulu dengan UEFA."

“Konferensi pers dapat disiarkan langsung di mana pun lokasinya, dan klub harus menyediakan fasilitas untuk siaran langsung tersebut, termasuk jalur kabel dan tempat parkir kendaraan TV.”ce harus dihadiri oleh pelatih kepala tim dan setidaknya satu pemain. Jika pelatih kepala diskors untuk pertandingan, klub memiliki opsi untuk menggantikannya pada konferensi pers pra-pertandingan dengan asisten pelatih."

4 dari 4 halaman

Newcastle Berdalih Masalah yang Terjadi di Luar Kendali

Karena itu, Newcastle dapat menghadapi sanksi karena melanggar peraturan UEFA. Tapi, mereka berharap bahwa hal itu berada di luar kendali.

Pertandingan Liga Champions terakhir tim Timur Laut adalah kekalahan kualifikasi putaran ketiga dari Partizan Belgrade dari Serbia pada tahun 2003.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.