Sukses

Beri Dukungan, Ribuan Santri Jawa Timur Nonton Langsung Duel Timnas Indonesia vs Turkmenistan

Timnas Indonesia mendapatkan dukungan penuh dari fans Garuda termasuk para santri dari beberapa pondok pesantren di Jawa Timur saat menghadapi Turkmenistan.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak ribuan santri dari berbagai pesantren se-Jawa Timur akan ikut menyaksikan pertandingan persahabatan atau friendly match antara Timnas Indonesia melawan Turkmenistan, Jumat (8/9/2023) di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Para santri ini berasal dari berbagai pondok pesantren, di antaranya: Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Ponpes Nurul Islam Mojokerto, Ponpes Sidogiri Pasuruan, Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, dan lain-lain.

Menurut Fahmi Ismail, koordinator Suporter Santri Jawa Timur, para santri sangat antusias untuk mendukung timnas Indonesia secara langsung di stadion.

“Para santri ingin ambil bagian untuk mendukung Timnas. Banyak santri yang rela menempuh perjalanan jauh seperti dari Situbondo untuk hadir di Stadion Bung Tomo ini,” kata Fahmi seperti keterangan tertulis yang diterima media.

Fahmi mengatakan, kalangan pesantren juga berharap PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir terus meningkatkan prestasi timnas Indonesia. Soalnya, ini bisa mengangkat kebanggaan bangsa Indonesia.

“Kami mengapresiasi PSSI di bawah kepemimpinan Pak Erick yang menggelar pertandingan persahabatan dengan tim sepakbola internasional. Ini bagus untuk timnas ke depannya,” imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nonton Langsung Membuat Santri Terkesan

 

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang KH Wafiyul Ahdi mengatakan, pengalaman nonton langsung di stadion ini sangat berkesan untuk para santri.

“Para santri mendapat pengalaman baru menyaksikan sepak bola profesional. Saya berharap talenta para santri dapat terus berkembang ke depannya,” ujar pria yang akrab disapa Gus Wafi ini.

Ia juga memiliki harapan di bawah kepemimpinan Erick Thohir, PSSI akan terus maju dengan pesat. Menurutnya, pengalaman Erick di dunia internasional dapat membawa prestasi bagi timnas Indonesia.

“Saya berharap, masing-masing Timnas U-17, Timnas U-23 dan Timnas Senior dapat meraih juara di setiap turnamen yang dihadapi ke depan,” pungkas Gus Wafi.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Beri Dukungan Langsung

Di tempat berbeda sebelumnya, Ketua umum Persatuan Sepakbola Sepakbola Indonesia (PSSI) Erick Thohir bertemu para pemain timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Turkmenistan, Jumat (8/9/2023). Tidak banyak bicara, menteri BUMN itu 'mampir' untuk menyemangati para pemain Tim Merah Putih sebelum laga.

Pertandingan akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Kick off digelar pukul 19.30.

Erick Thohir mendatangi para pemain di Hotel Vaza usai mendapat pengarahan dari pelatih kepaka, Shin Tae-yong. "Selamat Bertanding," ujar Erick kepada pemain.

"Semua sehat kan? Selamat bertanding ya, kalian pasti akan memberikan yang terbaik”, ujar Erick kepada Marc Klok, Jordi Almat dan kawan-kawan, sambil tersenyum.

Erick dalam foto yang diterima Liputan6.com juga terlihat menyalami satu per satu pemain. 

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Ingin Perbaiki Peringkat FIFA

Sementara itu, pertandingan skuad Garuda versus The Emerald punya arti penting bagi anak asuh Shin Tae Yong demi memperbaiki ranking FIFA.

Meski secara peringkat FIFA, Turkmenistan ada di atas Indonesia, namun dari statistik pertemuan Tim Merah Putih lebih baik dan sedikit lebih unggul ketimbang the Karakum Warriors, julukan timnas Turkmenistan. 

Ini merupakan pertemuan kelima bagi kedua negara. Dari total empat pertandingan, Karakum Warriors hanya menang sekali. Sementara Indonesia mengemas dua kemenangan sementara satu laga lainnya berakhir imbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.