Sukses

Era Messi Sudah Berakhir, Saatnya Haaland yang Meraih Ballon d'Or

Haaland dan Messi akan bersaing meraih Ballon d'Or 2023. Marcel Schmelzer memberikan pilihan untk pemenang menurut dirinya.

Liputan6.com, Jakarta- Lionel Messi dan Erling Haaland dijagokan untuk menjadi peraih Ballon d'Or 2023. Keduanya masuk dalam daftar nominasi peraih Ballon d'Or 2023 bersama 28 pemain yang yang baru saja diumumkan majalah France Football pada awal pekan ini.

Perdebatan pun muncul di dunia maya soal siapa yang pantas meraih Ballon d'Or 2023. Pasalnya Messi dan Haaland sama-sama punya prestasi dahsyat tahun lalu dan pertengahan tahun ini. Akan sangat sulit menentukan bagi para pemilih.

Lionel Messi membawa Argentina juara Piala Dunia 2022. Gelar ini membuat Messi melengkapi pencapaiannya sebagai pemain sepak bola. Seluruh gelar bergengsi baik individu maupun tim sudah berhasil direbutnya.

Di Piala Dunia 2022, Messi juga dinobatkan sebagai pemain terbaik. Dia hanya kalah dari Kylian Mbappe untuk menjadi top skor. Messi turut membawa klub barunya Inter Miami meraih gelar juara Leagues Cup. Messi pun memecahkan rekor Dani Alves sebagai pengoleksi gelar juara terbanyak dengan total 44 gelar.

Sementara Haaland membantu Manchester City meraih treble dengan menjuarai Liga Champions, Liga Inggris dan Piala FA. Haaland juga jadi top skor Liga Inggris di musim perdananya. Gelar juara Liga Champions ini mengakhiri penantian panjang Manchester City yang sebelumnya tak pernah bisa juara di ajang tersebut.

Ditanya soal siapa yang layak meraih Ballon d'Or, mantan pemain Borussia Dortmund Marcel Schmelzer memilih Haaland. Bukan karena pernah menjadi rekan setimnya, Schmelzer merasa perlu sosok baru untuk menggantikan dominasi Messi dan Cristiano Ronaldo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Schmelzer Nilai Haaland Layak Raih Ballon d'Or

"Saya pikir Haaland karena musim yang lebih baik. Dia memenangkan Liga Champions, Liga Inggris dan Piala FA. Messi sekarang sudah semakin menua. Waktunya untuk pemain baru yang menang," ujar Schmelzer kepada Liputan6.com saat menghadiri coaching clinic bersama Dortmund Legends di Stadion Madya, Jumat (8/9/2023) siang WIB.

Schmelzer sedang berada di Indonesia untuk melakoni laga persabahatan Dortmund Legends melawan Persib Bandung akhir pekan nanti. Sebelum ke Bandung, Schmelzer melakukan serangkaian acara di Jakarta.

3 dari 3 halaman

Legenda Dortmund Gelar Coaching Clinic

Bersama Paul Lambert dan Jorg Heinrich, Schmelzer memberikan pelatihan kepada pesepak bola muda Papua yang tergabung di Papua Football Academy. Meski cuaca begitu panas terik, Schmelzer cs begitu antusias dan bersemangat berbagi ilmu kepada sekitar 20 bocah dari Papua.

Acara coaching clinic bersama Dortmund Legends ini juga dihadiri Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi. Pelatih timnas U-17 Indonesia Bima Sakti juga turut menyaksikan coaching clinic ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.