Sukses

Hasil Piala Dunia FIBA 2023: Libas Iran, Prancis Obati Kekecewaan untuk Pimpin Grup P

Prancis membungkam Iran 82-55 pada persaingan klasifikasi Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena, Kamis (31/8/2023). Hasil ini membawa Evan Fournier dan kawan-kawan menguasai Grup P.

Liputan6.com, Jakarta - Prancis membungkam Iran 82-55 pada persaingan klasifikasi Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena, Kamis (31/8/2023). Hasil ini membawa Evan Fournier dan kawan-kawan menguasai Grup P.

Mereka menjadi satu-satunya tim yang mengoleksi dua kemenangan dari empat pertandingan yang dijalani. Di sisi lain, Iran kini belum pernah mencicipi hasil positif dengan jumlah laga yang sama.

Jalan Pertandingan FIBA World Cup 2023 

Prancis belum melupakan kekecewaan lolos ke putaran kedua Piala Dunia Basket 2023. Kalah bersaing melawan Kanada dan Latvia di putaran sebelumnya, mereka tampil melempem di awal laga sehingga tertinggal 9-12 pada kuarter pertama.

Baru di periode berikutnya mereka mengamuk. Prancis balik memimpin 19-17 melalui lay up Elie Okobo. Negeri Anggur mempertahankan dominasi hingga unggul 35-27 pada jeda pertandingan.

Prancis terus melenggang selepas jeda. Mereka bahkan hanya mengizinkan Iran membuat kurang dari 10 poin di kuarter tiga, tepatnya sembilan angka.

Superioritas tersebut berlanjut di kuarter penutup. Prancis pada akhirnya tanpa kesulitan memetik hasil positif setelah sebelumnya membekuk Lebanon di putaran pertama.

Bintang Pertandingan

Okobo jadi kontributor utama Prancis di laga ini dengan mencetak 13 poin. Nando de Colo (12) dan Guerschon Yabusele (11) jadi nama lain yang membuat dua dijit angka. Sementara Rudy Gobert turut berkontribusi lewat sembilan angka dan sembilan rebound.

Di kubu Iran, Behnam Yakhchali (11), Meisam Mirzabi (11), dan Navid Rezaeifar (10) memimpin dalam hal sumbangan angka. Tidak ada nama lain yang berkibar karena akurasi tembakan keseluruhan tim cuma 31 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebanon Petik Kemenangan Perdana di Piala Dunia FIBA 2023

Pada pertandingan yang berlangsung Kamis sore, Lebanon meraih kemenangan pertama di Piala Dunia FIBA 2023 usai mengalahkan Pantai Gading 94-84.

“Terima kasih Tuhan kami mendapatkan kemenangan pertama kami di Piala Dunia. Hasil ini sangat berarti bagi semua orang dalam skuad,” kata pemain Lebanon Amir Saoud.

Sebelumnya Lebanon selalu kalah dalam tujuh pertandingan terakhir di Piala Dunia FIBA, termasuk tiga pada putaran pertama edisi 2023. Bahkan kekalahan itu selalu didapatkan dengan selisih poin sampai 30 angka.

Lebanon bermain lebih dominan daripada Pantai Gading. Meski di menit awal pertandingan lawannya sempat unggul lebih dulu, Lebanon bisa mengatasinya dan memimpin hingga 55-41 di paruh pertama.

Menjelang akhir kuarter ketiga, Pantai Gading memberikan perlawanan dan berhasil meraih keunggulan meski hanya sebatas tiga angka, yaitu 66-63. Namun Lebanon kembali menghentikan laju poin Pantai Gading dan menutup kuarter tiga dengan skor 73-66.

Pada kuarter empat, Pantai Gading kembali mengejar sampai skor hanya terpaut dua poin, yaitu 84-86 di sisa waktu satu menit sembilan detik. Namun Lebanon kembali menghentikan Pantai Gading memperlebar selisih poin menjadi 94-84 hingga laga tuntas.

Bintang Pertandingan

Amir Saoud mencetak 29 poin pada pertandingan kali ini. Omari Rasulala Spellman menambahkan 25 poin, Sergio El Darwich 12 poin, Karim Zeinon 11 poin, dan Ali Haidar 10 poin.

Sementara dari Pantai Gading, Jean Philips Dally mencetak 21 poin, Patrick Tape 15 poin, Solo Diabate 11 poin, dan Cedric Bah 10 poin.

3 dari 3 halaman

Laga Selanjutnya di FIBA World Cup 2023

Prancis selanjutnya menghadapi Pantai Gading, Sabtu (2/9/2023). Sementara Lebanon menghadapi Iran di hari yang sama.

Hasil akhir pertandingan nanti akan menentukan penghuni posisi 17-32 pada Piala Dunia FIBA 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini