Sukses

Giannis Antetokounmpo Ikut Mundur, Bintang NBA Ramai-Ramai Absen dari Piala Dunia Basket FIBA 2023

Bintang NBA ramai-ramai mundur dari Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang berlangsung di Filipina, Jepang, dan Indonesia. Giliran penggawa Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo yang menyatakan aben dari ajang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Bintang NBA ramai-ramai mundur dari Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang berlangsung di Filipina, Jepang, dan Indonesia. Giliran penggawa Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo yang menyatakan aben dari ajang tersebut.

Antetokounmpo mengungkapkan kabar itu melalui akun Instagram miliknya. Dia menyebut faktor medis sebagai alasan di balik kegagalannya membela Yunani di Piala Dunia FIBA 2023.

"Semua orang tahu passion dan kecintaan saya pada tim nasional dan tidak akan pernah berubah. Sejak musim terakhir saya di NBA, saya telah memaksa tubuh saya mencapai batas untuk membantu tim kami mencapai tujuan," katanya.

"Tapi setelah beberapa bulan tim medis menjelaskan bahwa saya tidak siap untuk berkompetisi pada level yang dibutuhkan di Piala Dunia," sambung Giannis Antetokounmpo.

Antetokounmpo menyebut harus absen dari Piala Dunia Basket FIBA 2023 jika masih ingin melanjutkan karier sebagai pemain profesional. Dia mengaku sangat menyesal dengan kondisi ini.

"Saya sangat kecewa, tetapi ini adalah keputusan yang dibuat dengan tim medis. Saya akan terus mendorong diri saya untuk siap saat nama saya dipanggil lagi membela timnas," kata peraih MVP NBA sebanyak dua kali tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Giannis Antetokounmpo Jalani Musim Menantang di NBA

Antetokounmpo memang menjalani kampanye menantang bersama Bucks pada NBA 2022/2023. Dia menjadi mesin utama tim yang membawa Bucks memuncaki klasemen Wilayah Timur NBA di musim reguler.

Pada babak play-off, Antetokounmpo mengalami cedera serius setelah terjatuh pada punggungnya saat melawan Miami Heat di putaran pertama.

Antetokounmpo sempat tidak bertanding di beberapa gim. Namun, dia memaksa tampil yang akhirnya tetap tidak maksimal. Bucks pun disingkirkan Heat.

Kini Antetokounmpo menyatakan target pribadinya adalah untuk membawa Yunani lolos kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris Prancis.

3 dari 3 halaman

Bintang NBA Lain Absen di Piala Dunia FIBA 2023

Sebelum Antetokounmpo, bintang NBA lainnya juga menyatakan absen dari Piala Dunia FIBA 2023. Peraih MVP final 2023 Nikola Jokic (Serbia), MVP musim reguler 2022/2023 Joel Embiid (Prancis), dan juara musim ini Jamal Murray (Kanada) juga tidak ikut bertanding di Piala Dunia FIBA 2023.

Meski begitu, masih ada beberapa nama lain yang bakal berpartisipasi. Di antaranya Luka Doncic, Dillon Brooks, Shai Gilgeous Alexander, Kristaps Porzingis, Juancho Hernangomez, Rudy Gobert, hingga Nicolas Batum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.