Sukses

CEO MGPA Sebut ARRC Mandalika Jadi Ajang Persiapan Menuju MotoGP 2023

CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menilai ajang Asia Road Racing Championshhip (ARRC) 2023 dihelat di Sirkuit Mandalika pada Jumat (11/8/2023) hingga Minggu (13/8/2023) merupakan sarana persiapan jelang menyambut MotoGP Oktober mendatang.

Liputan6.com, Jakarta CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menilai ajang Asia Road Racing Championshhip (ARRC) 2023 dihelat di Sirkuit Mandalika pada Jumat (11/8/2023) hingga Minggu (13/8/2023) merupakan sarana persiapan jelang menyambut MotoGP Oktober mendatang.

Seperti diketahui, Indonesia memang kembali kebagian kesempatan menjadi tuan rumah kompetisi balap motor bergengsi. Setelah sukses dengan penyelenggaraan di tahun 2022, MotoGP Mandalika 2023 diagendakan kembali bergulir di Lombok pada 13-15 Oktober mendatang.

Priandhi Satria selaku CEO MGPA pun optimistis ajang MotoGP musim ini dapat berjalan dengan baik, mengingat Sirkuit Mandalika sudah melakukan 'pemanasan' dengan menggelar bebagai kompetisi, termasuk Asia Road Racing Championship seri keempat.

"Setiap adanya kegiatan itu merupakan latihan bagi kami dan menjadi suatu cara untuk melihat kesiapan kami menjelang ajang berikutnya," tutur Priandhi saat ditemui di sela-sela ARRC Mandalika 2023, Minggu (13/8/2023).

"Sebelum ini, (di Sirkuit Mandalka) sudah ada Mandalika Racing Series, kemudian ada juga Shell Eco-marathon, ada WSBK, ada track day. Semuanya ini menjadi ajang kami untuk merawat peralatan."

"Contohnya di hari ini (di ARRC), kita jadi tahu apa lagi yang kurang, mana bendera yang rusak, apa lagi yang harus diperbaiki, baik itu CCTV, digital flag, timing system. Jadi ini (ARRC) merupakan latihan dan ajang kami memelihara barang-barang menuju MotoGP nantinya," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upayakan Pakai Jasa Marshal Lokal

Lebih lanjut, Priandhi menambahkan, pihaknya juga bakal berupaya menginiasi perubahan SDM dalam hal marshal jelang ajang MotoGP 2023 Oktober.

Seperti halnya Asia Road Racing Championship (ARRC), CEO MGPA pun berambisi menggunakan tenaga dari marshal lokal untuk diterjunkan dalam seri ke-16 MotoGP 2023.

"Iya, pasti, itu keinginan kami (untuk menerjunkan marshal lokal). Karena buat kami, kalau mendatangkan nasional juga cukup mahal ya. Harus ada pesawatnya, harus mengurusi hotelnya juga, dan menurut saya tidak ada alasan untuk tidak memakai teman-teman dari NTB," tutur Priandhi.

"Mereka rata-rata kan sudah mengikuti MotoGP, Shell Eco-marathon, (dua kali) WSBK, Asia Road Racing, ini sudah 5 event. Malah beberapa dari teman-teman marshal ini sudah ada yang turut serta bertugas ke ajang Formula E di Ancol. Itu marshal Mandalika, loh. Jadi buat saya sangat bangga sekali," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Pendapat Fans soal Sirkuit Mandalika

Selaras dengan pendapat CEO MGPA, fans juga menilai Sirkuit Mandalika kini lebih siap menggelar ajang MotoGP berkat diadakannya berbagai turnamen di lintasan.

Tatan El Wathan, penggemar lokal yang ditemui Liputan6.com saat pit walk ARRC 2023, Minggu (13/8/2023) menyebut Sirkuit Mandalika memang telah berbenah dibanding sebelumnya.

"(Sirkuit Mandalika) sekarang jauh berbeda, mungkin sudah berbenah, belajar dari awal-awal banyak yang messed-up. Sekarang sudah mulai teratur, parkiran dan semua entrance-nya juga sudah oke," ujar Tatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.