Sukses

Jawa Barat Juara Umum Kejurnas Angkat Besi 2023

Jawa Barat mendominasi di Kejurnas Angkat Besi 2023. Mereka juga memuncaki klasemen perolehan medali.

Liputan6.com, Jakarta- Tuan rumah Jawa Barat sukses mengamankan gelar juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejutnas) Angkst Besi Senior Pupuk Indonesia 2023 yang berakhir pada Minggu(23/7/2023) sore di GOR Saparua, Bandung. Jabar mengungguli Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Jawa Barat ditetapkan sebagai juara umum melalui sistem penilaian 'Ruby Point' berdasarkan peraturan IWF (Federasi Angkat Besi International). Mereka mengantongi nilai (1429 poin) disusul Jawa Timur dengan 1112 poin. Sedangkan Kaltim finis ketiga dengan poin 974.

Dalam perolehan medali Kejurnas Angkat Besi 2023, Jawa Barat juga berada di posisi teratas dengan mengoleksi 13 emas, 12 perak, serta 13 perunggu. Jawa Timur di posisi kedua dengan 10 emas, 9 perak, 5 perunggu. Peringkat ketiga, 7 emas, 6 perak, 2 perunggu.

Sementara itu lifter asal Jawa Timur, Eko Yuli Irawan yang tampil di kelas 67kg berhasil meraih gelar 'The Best Lifter Putra'. Sedangkan di bagian putri, lifter tuan rumah Jawa Barat, Windy Cantika Aisyah, kelas 55kg, meraih gelar serupa.

Dalam Kejurnas Angkat Besi kali ini juga terjadi 10 kali upaya pemecahan Rekor Nasional dan 9 Rekornas diantaranya telah dipertajam yakni, 2 Rekornas dari kategori putri, di kelas 71kg dan 87kg. Sedangkan di bagian putra kelas 55kg, 67kg, 109kg, serta +109kg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rahasia Sukses Jabar di Kejurnas Angkat Besi 2023

Ketua Pengprov PABSI Jawa Barat, Edy Kusmawan mengatakan keberhasilan Tim Angkat Besi Jawa Barat menjadi juara umum dan pengumpul medali terbanyak, tak terlepas dari kerjasama semua pihak, mulai dari pelatih, pengurus, atlet serta semua pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah kami akhirnya metaih gelar juara umum Senior ini, lifter-lifter asal Jabar berhasil menunjukkan kualitasnya. Tentunya juga dengan dukungan dari KONI Jabar, sehingga kita bisa melaksanakan TC selama tiga bulan sebelum pelaksanaan kejurnas,“ katanya ketika ditemui di GOR Saparua, Bandung, Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Pemerataan Kekuatan di Kejurnas Angkat Besi 2023

Terpisah Sekjen PB PABSI, Joko Pramono mengatakan, Kejurnas Angkat Besi 2023 ini membuktikan bahwa telah terjadi pemerataan prestasi angkat besi di seluruh Indonesia. Terbukti, medali telah terdiatribusikan kepada 15 Pengprov dari 22 Pengrov yang mengikuti Kejurnas ini.

"Ini membuktikan bahwa pembinaan di seluruh daerah merata. Sebelumnya, Kejurnas hanya didominasi oleh Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur saja. Tapi, dalam Kejurnas kali ini hampir seluruhnya pulang membawa medali," papar Joko Pramono.

4 dari 4 halaman

Sederet Pemecahan Rekor di Kejurnas Angkat Besi 2023

Selain itu, yang sangat menggembirakan katanya dengan banyak jumlah pemecahan Rekornas yang terjadi.

"Biasanya dalam Kejurnas sebelumnya hanya ada dua atau tiga pemecahan Rekornas saja. Kali ini, mereka berlomba-lomba untuk saling memecahkan Rekornas. Ini membuktikan bahwa kita tidak kekurangan stok atlet yang hebat berkat konsistensi pembinaan di daerah-daerah," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.