Sukses

Kena Kutukan Nomor 9 di Stamford Bridge, Pierre-Emerick Aubameyang Tinggalkan Chelsea

Aksi cuci gudang Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023 berlanjut. Striker Pierre-Emerick Aubameyang dilepas ke klub Prancis Olympique Marseille.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi cuci gudang Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023 berlanjut. Striker Pierre-Emerick Aubameyang dilepas ke klub Prancis Olympique Marseille.

Chelsea tidak meminta uang transfer pada Marseille, yang mengikat Aubameyang dengan kontrak berdurasi tiga musim.

Pierre-Emerick Aubameyang setuju untuk bergabung dengan Olympique Marseille, here we go!. Auba akan menandatangani kontrak tiga tahun,” tulis pakar transfer kenamaan Fabrizio Romano di Twitter.

“Chelsea akan melepasnya secara gratis. Auba dijadwalkan menjalani tes medis Kamis (20/7/2023),” tambah Romano.

Aubameyang dibuang karena gagal menunjukkan performa terbaik usai direkrut dari Barcelona musim panas lalu. Dia hanya tampil di 21 laga dengan mencetak tiga gol dan satu assist.

Pemain berkebangsaan Gabon ini masuk daftar surplus di skuad Chelsea yang membengkak usai aksi beli besar-besaran dalam 12 bulan terakhir. Klub London Barat itu sebelumnya sudah melepas Kalidou Koulibaly, Mateo Kovacic, Edouard Mendy, Kai Havertz, Ruben Loftus-Cheek, Tiemoué Bakayoko, N'Golo Kante, Mason Mount, Cesar Azpilicueta, Baba Rahman, Christian Pulisic, dan Ethan Ampadu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aubameyang Kembali ke Prancis

Aubameyang kembali ke Prancis, lokas tempat awalnya membangun karier. Sebelumnya dia sempat membela Dijon, LOSC Lille, AS Monaco, dan AS Saint-Etienne di Negeri Anggur.

Total Aubameyang sudah memperkuat sembilan klub. Dari jumlah itu, sosok berusia 34 tahun ini bersinar bersama Saint-Etienne, Borussia Dortmund, dan Arsenal.

Bersama Saint-Etienne selama 2,5 musim, Auba tampil 97 kali dengan mencetak 41 gol dan 25 assist. Kontribusinya berbuah gelar Piala Liga Prancis 2012/2013.

Penampilan gemilang Auba membuat Dortmund mendatangkannya pada Juli 2013. Bersama klub yang bermarkas di Signal Iduna Park itu, striker bertinggi 1,86 meter tersebut mencetak 141 gol dan 36 assist dari 213 penampilan di seluruh kompetisi.

Selama 4,5 musim membela Die Borussen, Auba meraih tiga gelar juara yaitu DFB Pokal (2016/2017) dan DFL Supercup (2013/2014, 2014/2015).

Ketajaman Auba kemudian berlanjut kala ia membela Arsenal dengan mencetak 92 gol dan 21 assists dari 163 penampilannya di seluruh kompetisi. Dia turut membawa timnya memenangkan dua gelar yaitu Piala FA 2019/2020 dan Community Shield 2020.

3 dari 3 halaman

Striker Nomor 9 Bermasalah Chelsea

Aubameyang memilih nomor punggung sembilan saat bergabung dengan Chelsea. Padahal seragam tersebut terkenal membawa kutukan. 

Beberapa striker ternama gagal menunjukkan performa terbaik semasa berkarier di Stamford Bridge. Daftarnya mencakup Tony Cascarino, Chris Sutton, Mateja Kezman, Hernan Crespo, Fernando Torres, Radamel Falcao, Álvaro Morata, Gonzalo Higuaín, Tammy Abraham, hingga Romelu Lukaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini