Sukses

Hasil Korea Open 2023: Putri Kusuma Wardani Amankan Tiket 16 Besar usai Hajar Wakil Malaysia

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani meraih tiket babak 16 besar Korea Open 2023 setelah menaklukkan wakil Malaysia Goh Jin Wei 21-18, 14-21, dan 21-19 pada Rabu (19/7/2023) siang WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani sukses mengamankan tiket ke babak 16 besar Korea Open 2023.

Kepastian ini didapat setelah Putri menaklukkan wakil Malaysia Goh Jin Wei lewat pertarungan sengit. Dia menang rubber game, 21-18, 14-21, dan 21-19 pada fase 32 besar turnamen bulu tangkis super 500 di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea, Rabu (19/7) siang WIB.

Putri sejatinya tampil cukup menjanjikan di awal game pertama. Namun, sejumlah unforced errors membuat perolehan poinnya kerap kali dikejar oleh wakil Malaysia.

Beruntung, pebulu tangkis Indonesia ini mampu menciptakan keunggulan 11-9 saat interval. Dominasi ini  sanggup dipertahankan Putri selepas jeda, hingga dirinya melesat dengan koleksi 14 angka, meninggalkan Goh Jin Wei yang baru mengumpulkan 10 poin.

Putri Kusuma Wardani tampil makin percaya diri setelahnya. Serangan demi serangan ia lancarkan ke kubu pertahanan Goh. Cara ini efektif mengantar Putri meraih poin tambahan. Alhasil wakil Indonesia unggul makin jauh sekaligus mendapat game point opportunity dengan 20-15.

Sayang, selebrasi atlet badminton Merah Putih ini sempat beberapa kali tertunda. Pengembalian shuttlecock putri yang melebar serta permainan agresif Goh di pengujung game pertama, membuat Putri kehilangan tiga poin beruntun dan baru bisa menuntaskan permainan di kedudukan 21-18.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Kedua Putri Kusuma Wardani vs Wakil Malaysia

Situasi berbalik di game kedua. Justru Goh Jin Wei yang lebih gesit mengumpulkan angka demi angka. Tunggal putri Malaysia bahkan unggul setengah skor atas Putri di kedudukan 5-10-5. Permainannya apik yang diperlihatkan pun sanggup mengantar Goh memimpin enam angka dengan 11-5 saat interval.

Putri Kusuma Wardani mencoba bangkit selepas jeda. Ia mengumpulkan tambahan empat poin berturut-turut, yang mengantarnya memperkecil ketertinggalan menjadi 11-9 dengan tunggal putri asal Negeri Jiran.

Sayang, tren positif tersebut gagal dipertahankan wakil Indonesia setelahnya. Goh Jin Wei balas mengumpulkan enam poin beruntun, sehingga perolehan skor kedua pemain kembali terpaut jauh dengan 9-16 untuk keunggulan Goh.

Tunggal putri Malaysia pun tak butuh waktu lama untuk mencuri kemenangan di game kedua. Dalam sekejap, Goh sanggup menyudahi perlawanan dengan 14-21, sekaligus memaksa permainan berlanjut ke set penentu.

3 dari 4 halaman

Game Ketiga Putri Kusuma Wardani vs Wakil Malaysia

Laga sengit tersaji di game ketiga. Kedua pemain saling bergantian meraih angka dan terlibat drama kejar-kejaran skor. Beruntung, Putri sanggup memegang kendali mendekati interval. Wakil Indonesia unggul 11-8 di jeda set ketiga.

Namun, dominasi ini tak mampu dipertahankan pasca interval. Wakil Merah Putih malah balik tertinggal 16-18 mendekati poin-poin kritis. Putri baru bisa menyamakan kedudukan menjadi 18-18 setelah Goh Jin Wei membuat kesalahan sendiri.

Kesempatan ini pun tak disia-siakan oleh pebulu tangkis Indonesia. Putri langsung berupaya tancap gas sekaligus mengunci kemenangan dengan 21-19 di akhir set penentu, yang mengantarnya melaju ke babak 16 besar Korea Open 2023.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Korea Open 2023, Rabu 19 Juli 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-12: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol (Korea Selatan)

 

Lapangan 2

Pertandingan ke-2: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Yang Po Hsuan/Hu Ling Fang (Chinese Taipei - Retired); 21-10, 20-17

Pertandingan ke-7: Putri Kusuma Wardani vs Goh Jin Wei (Malaysia); 21-18, 14-21, dan 21-19

Pertandingan ke-9: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Koki Watanabe (Jepang)

Pertandingan ke-10: Gregoria Mariska Tunjung vs Clara Azurmendi (Spanyol)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.