Sukses

Di Balik Sukses ITS Sapuangin Juara Shell Eco-marathon 2023: Ciptakan Mobil Hingga Subuh

ITS Team 1 Sapuangin sukses menjuarai kategori urban concept nomor internal combustion engine Shell Eco-marathon 2023 di Sirkuit Mandalika. Capaian itu diraih setelah kerja keras tim yang tidak mengenal waktu.

Liputan6.com, Jakarta - ITS Team 1 Sapuangin sukses menjuarai kategori urban concept nomor internal combustion engine Shell Eco-marathon 2023 di Sirkuit Mandalika. Capaian itu diraih setelah kerja keras tim yang tidak mengenal waktu.

Wakil Institut Teknologi Sepuluh November itu berjaya dengan catatan 423 km/l. Garuda UNY Eco Team I asal Universitas Negeri Yogyakarta berada di urutan dua dengan 388 km/l. Sedangkan Antawirya dari Universitas Diponegoro melengkapi daftar podium lewat 286 km/l.

ITS Team 1 Sapuangin sukses memperbaiki kinerja partisipasi sebelumnya. Pada Shell Eco-marathon 2022, mereka menduduki urutan tiga lewat raihan 270 km/l. ITS Team 1 Sapuangin harus mengakui keunggulan Garuda UNY Eco Team (Universitas Negeri Yogyakarta; 544 km/l) dan Semar Urban UGM (Universitas Gadjah Mada; 332 km/l).

"Peringkat ketiga adalah pukulan berat bagi saya dan teman-teman. Semenjak itu juga, kami setiap hari berusaha mengerjakan mobil setelah pulang kuliah, berangkat sore, jam tujuh malam sampai subuh. Itu berlaku sampai kemarin sebelum berangkat ke Mandalika,” kata Team Manager ITS Team 1 Sapuangin Bayu Irfansyah Putra.

“Anak-anak kemarin sempat jatuh saat peringkat ketiga. Kami bisa membangun mobil, tapi apabila mental teman-teman ataupun saya masih drop, pasti tidak akan terjadi seperti ini,” kata Bayu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strageti ITS di Kejuaraan Regional Shell Eco-marathon 2023

Dengan menjuarai urban concept ICE, ITS Team 1 Sapuangin lolos Kejuaraan Regional yang berlangsung Minggu (9/7/2023) sore. Mereka beradu dengan delapan tim lain dari dua kategori lain memperebutkan empat tiket menuju Kejuaraan Dunia di Bangalore, India, Oktober mendatang.

"Persiapan kami dari kompetisi tahun lalu sampai benar-benar hari H mau lomba. Jadi sekiranya 9-10 bulan. Kami mencoba membetulkan apa yang sekiranya pada tahun lalu perlu diperbaiki," tegas Bayu.

"Euforia secukupnya buat hari ini. Besok (Minggu) kita akan memberikan kejutan lainnya. Untuk persiapan tentunya akan membahas soal strategi dan menyiapkan mobil lagi. Setelah juara ini, kami perlu meningkatkan lagi soal menjaga konsistensi. Insyaallah optimistis lolos ke Kejuaraan Dunia."

3 dari 3 halaman

Sirkuit Mandalika Gelar Edisi Regional Shell Eco-marathon 2023 Asia Pasifik dan Timur Tengah

Shell Eco-marathon 2023 berlangsung di tiga kawasan regional. Setelah seri Amerika dan Eropa bergulir, Sirkuit Mandalika mendapat kehormatan menggelar kompetisi Asia Pasifik dan Timur Tengah pada 4-9 Juli. Ajang kali ini diikuti 70 tim lebih dari 13 negara.

Pada Shell Eco-marathon 2023, para pelajar akan berkompetisi dengan kendaraan ultra-efisien yang mereka rancang dan bangun sendiri dalam dua kategori: prototype dan urban concept, untuk menempuh jarak terjauh dengan penggunaan bahan bakar yang paling efisien.

Kategori prototype ditujukan untuk kendaraan ultra-efisien, ringan, yang umumnya memiliki tiga roda dan dirancang untuk mengurangi resistensi dan memaksimalkan efisiensi. Sedangkan kategori urban concept difokuskan pada efisiensi energi dalam desain kendaraan roda empat layaknya mobil penumpang konvensional yang dirancang untuk penggunaan di jalan raya.

Peserta kemudian harus memilih salah satu dari tiga jenis bahan bakar, yakni baterai listrik, bahan bakar sel hidrogen, dan mesin pembakaran internal/internal combustion engine (bensin, etanol, atau diesel).

Pada perlombaan, setiap peserta harus melahap tiga putaran dalam waktu 30 menit. Mereka mendapat empat percobaan untuk mencatat hasil terbaik.

Selain lomba inovasi, Shell Eco-marathon 2023 juga menghadirkan berbagai rangkaian acara lainnya termasuk Shell LiveWIRE dan Shell NXplorers.

Shell LiveWIRE adalah program pengembangan perusahaan yang mempromosikan kewirausahaan, sedangkan Shell NXplorers adalah program edukasi inovatif yang memperkenalkan generasi muda pada kemampuan berpikir yang kompleks dan kreatif untuk mempersiapkan mereka menjadi agen perubahan yang positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini