Sukses

Jadwal Singapore Open 2023: Anthony Ginting Jadi Ujung Tombak di Semifinal

Liputan6.com, Jakarta - Singapore Open 2023 segera memasuki babak semifinal pada Sabtu (10/6/2023). Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menjadi ujung tombak sekaligus satu-satunya wakil yang tersisa di babak empat besar.

Seperti diketahui, tim Merah Putih sejatinya menurunkan 17 belas wakil dari nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran untuk berlaga dalam kompetisi Singapore Open 2023.

Sayangnya, satu demi satu penggawa berguguran hingga tinggal Anthony Sinisuka Ginting yang bakal berlaga di fase semifinal turnamen bulu tangkis level 750.

Tiket semifinal didapat Ginting setelah mengalahkan wakil Tiongkok Li Shi Feng di delapan besar. Pebulu tangkis berusia 26 tahun itu unggul lewat pertarungan sengit tiga game, 21-13, 16-21, dan 21-12 dalam durasi waktu 62 menit.

Dengan hasil ini, Ginting diharuskan bersua dengan jagoan Thailand Kunlavut Vitidsarn yang kini menduduki peringkat tiga dunia.

Tunggal putra kelahiran 2001 itu berhak lolos ke semifinal usai menaklukkan wakil Prancis Chriso Popov dengan straight game, 21-13 dan 21-17 pada Jumat (9/6/2023).

Ginting tak menampik bahwa Kunlavut bakal menjadi lawan yang sulit untuk dimatikan di babak semifinal. Untuk itu, ia bertekad tampil lebih siap serta menyiapkan strategi demi memperebutkan tiket menuju partai puncak.

"Menghadapi laga semifinal, saya harus lebih siap lagi. Lawan pasti akan lebih kuat. Tetapi, saya akan fokus ke diri sendiri. Juga pemulihan dan diskusi dengan pelatih," tutur Ginting.

"Kunlavut adalah salah satu pemain yang pintar, tak gampang dimatikan. Dia juga sangat sabar. Tentu besok, masing-masing sudah punya strategi," sambung peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Head-to-head Anthony Ginting vs Kunlavut Vitidsarn

Tak heran jika Kunlavut dipandang sebagai lawan yang patut diwaspadai oleh Anthony Sinisuka Ginting di semifinal Singapore Open 2023.

Pebulu tangkis asal Thailand memang lebih unggul dibanding wakil Merah Putih dari segi head-to-head. Melansir situs BWF Tournament Software, Ginting dan Kunlavut tercatat sudah lima kali bertemu di ajang resmi.

Pebulu tangkis Indonesia yang bertengger di peringkat dua dunia tercatat mengoleksi dua kemenangan atas Kunlavut, dengan yang pertama tersaji di Thailand Open 2021, sementara yang teranyar di perhelatan Indonesia Masters 2022.

Sebaliknya, tunggal putra asal negeri gajah putih berhasil mengalahkan Ginting tiga kali di turnamen resmi. Adapun kekalahan pertama didapat penggawa Tanah Air dalam ajang Indonesia Masters 2021. Ginting kembali menelan hasil minor kala berhadapan di turnamen beregu Thomas Cup 2022, sebelum dikalahkan lagi di ajang India Open 2023.

Sekadar informasi, Ginting dan Kunlavut sejatinya sempat satu kali diagendakan bertemu di Japan Open 2022. Akan tetapi, wakil Indonesia yang harusnya bersua di putaran pertama dengan pebulu tangkis Thailand kala itu memutuskan untuk walkover.

Pertandingan kali ini pun bisa menjadi sarana bagi Ginting membayar kekalahan sebelumnya. Wakil Indonesia berpotensi menyeimbangkan rekor pertemuan dengan Kunlavut apabila berhasil memetik kemenangan dalam semifinal Singapore Open 2023.

3 dari 3 halaman

Jadwal Semifinal Singapore Open 2023

Sabtu, 10 Juni 2023

Pertandingan ke-9: Anthony Sinisuka Ginting vs Kunlavut Vitidsarn (Thailand)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 12.00 waktu setempat atau 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.