Sukses

Daftar Juara 5 Liga Top Eropa: Manchester City Rampok Arsenal, Napoli Pesta Setelah 33 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Musim 2022/2023 sudah hampir berakhir. Hanya menyisakan partai final di beberapa kompetisi untuk dimainkan, seperti final Liga Champions, Liga Europa, Liga Konferensi Europa dan Piala FA.

Lima liga top Eropa seperti Liga Inggris, La Liga, Serie A, Bundesliga dan Ligue 1 sudah menemukan juaranya masing-masing meski belum seluruhnya merampungkan seluruh jadwal secara tuntas.

Liga Inggris sendiri baru saja memainkan pekan pertandingan terakhirnya pada hari Minggu (28/5/2023) dengan 10 pertandingan dimainkan secara bersamaan di pukul 22.30. Terlepas dari itu, Manchester City sudah ditetapkan menjadi juara sejak 20 Mei lalu ketika Arsenal takluk 0-1 dari Nottingham Forest.

Gelar tersebut menjadi gelar juara liga ketujuh City serta yang ketiga berturut-turut. Menariknya adalah, sepanjang mayoritas musim ini, The Gunners kokoh tidak tergeser dari puncak klasemen Liga Inggris. Lebih tepatnya Arsenal menduduki puncak klasemen selama 248 hari.

Namun, memasuki pekan-pekan akhir, skuad besutan Mikel Arteta kerap kehilangan poin penuh akibat hasil imbang atau bahkan kekalahan. Sementara di satu sisi, City terus mempertahankan performa stabilnya dan semakin memperkecil jarak poin dengan Arsenal.

Alhasil, kurang dari dua pekan sebelum Liga Inggris usai, Arsenal dipastikan tidak akan menjadi juara karena jarak poin yang sudah tidak memungkinkan.

Dengan begitu, mereka menjadi tim yang paling lama menghuni puncak klasemen tetapi tidak menjadi juara sepanjang sejarah Liga Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 5 halaman

Bundesliga – Bayern Munchen: Gagalkan Mimpi Dortmund

Bayern Munchen kembali meraih gelar juara Bundesliga untuk ke-11 kalinya berturut-turut usai menang tipis 2-1 atas FC Koln. Mereka juga berhasil menggagalkan mimpi juara Borussia Dortmund yang sudah berada di depan mata. Dortmund sendiri terakhir menjuarai Bundesliga pada musim 2011/2012 kala masih ditukangi oleh Jurgen Klopp.

Harapan sempat muncul bagi Dortmund usai Bayern sempat kehilangan banyak poin di beberapa laga akibat performa inkonsisten di bawah kepemimpinan Thomas Tuchel. Hingga akhirnya penentuan gelar Bundesliga pun harus terbawa hingga pertandingan terakhir.

Dortmund yg sementara itu sedang memuncaki klasemen dengan 70 poin harus meraih kemenangan atau berharap Munchen meraih hasil imbang atau kalah dalam duelnya dengan Koln.

Namun sayang, Marco Reus dan rekan-rekan hanya mampu meraih hasil imbang 2-2 melawan FSV Mainz 05, sementara Munchen mampu merebut poin penuh. Alhasil FC Hollywood berhasil keluar sebagai juara setelah menang selisih gol dengan Dortmund.

3 dari 5 halaman

Serie A – Napoli: Gelar Pertama Setelah 33 Tahun

Sementara itu, dari Serie A ada Napoli yang sepanjang musim 2022/2023 memang mendominasi liga kasta teratas Italia tersebut. Seperti kata pepatah, hasil tidak pernah mengkhianati usaha, klub yang berbasis di kota Naples itu sukses mengamankan Scudetto pertama mereka dalam 33 tahun jauh sebelum kompetisi berakhir.

Hasil imbang 1-1 melawan Udinese pada awal bulan Mei sudah cukup bagi skuad besutan Luciano Spalletti untuk dinobatkan sebagai juara Serie A.

Serie A sendiri masih menyisakan satu pertandingan untuk dimainkan dan Napoli memimpin jauh di puncak klasemen dengan perolehan sementara 87 poin, terpaut 16 poin dari Lazio di urutan kedua.

4 dari 5 halaman

La Liga – Barcelona: Menang Hampir Tanpa Perlawanan

Hampir sama seperti Napoli, Barcelona juga berhasil menjadi juara liga dengan dominan. Barca sudah mengamankan gelar La Liga ke-26-nya sejak pekan ke-34 ketika mereka mengalahkan Espanyol 4-2 di RCDE Stadium, Senin (16/5/2023). Perolehan poin penuh tersebut menjadikan perolehan poin skuad asuhan Xavi Hernandez menjadi 85 poin dan unggul 14 poin dari Real Madrid di peringkat ke-2.

5 dari 5 halaman

PSG Rebut Gelar Liga Prancis ke-11

Paris Saint-Germain kembali ditetapkan sebagai juara Liga Prancis atau Ligue 1 usai meraih hasil imbang 1-1 dengan RC Strasbourg, Minggu (28/5/2023). Gol tunggal Lionel Messi pada menit ke-59 cukup untuk mengamankan gelar liga ke-11 PSG. Dengan hasil tersebut, klub yang berbasis di ibukota Prancis tersebut berhasil mencetak rekor sebagai klub dengan gelar Ligue 1 terbanyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.