Sukses

Terpilih Lagi Jadi Ketua FORKI Jabar, Gianto Hartono Siapkan Atlet Karate untuk Asian Games 2023

Ketua FORKI Jabar yang baru terpilih lagi Gianto Hartono berharap kembali bisa mencetak atlet karate Jabar di ajang SEA Games 2025 dan Asian Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta Gianto Hartono kembali terpilih sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Jabar periode 2023-2027.

Gianto Hartono terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Provinsi (Musprov) Pengprov FORKI Jabar yang digelar di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (28/5/2023).

Sukses membawa juara umum dua kali pada PON, tentunya diakui Gianto menjadi tantangan tersendiri untuk mempertahankan gelar tersebut pada PON selanjutnya yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024 nanti.

Tak hanya itu, Gianto juga berharap kembali bisa mencetak atlet karate Jabar di ajang SEA Games 2025 dan terdekat diajang Asian Games 2023 di Huangzou, China.

"Waktu di SEA Games kemarin kami mengirimkan tiga atlet karate asal Jabar, salah satunya dapat medali emas dan kami berharap di SEA Games nanti dan Asian Games bisa lebih banyak atlet karate dari Jabar yang tampil," harap Gianto Hartono usai acara.

"Yang pasti saya selaku pimpinan yang lama, tidak keberatan untuk meneruskan FORKI ke depannya supaya lebih baik," lanjut Gianto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Canangkan Program Regenerasi Atlet Karate Jabar

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum KONI Jabar ini pun memastikan akan tetap menjalankan regenerasi. Salah satunya di sektor kepelatihan.

"Meningkatkan level atlet juga sudah dilakukan melalui sirkuit-sirkuit. Kemudian pada level wasit juga sudah dilakukan sertifikasi. Tapi tentunya organisasi tidak boleh puas dan akan terus kami perbaiki yang masih menjadi kekurangan di kita adalah anak-anak muda yang mau memberikan yang terbaik untuk pengabdian," ucap Gianto.

3 dari 4 halaman

Tak Banyak Diminati, Cabor Karate Belum Jadi Industri

Diakui Gianto, selama ini FORKI tidak diminati banyak orang. Sebab cabang olahraga karate ini belum menjadi industri seperti yang terjadi pada bola voli, sepak bola, dan balap motor.

"Karena itu menjadi tugas berat kami, bahwa pimpinan berikutnya harus bisa mengoptimalkan. Kalau anggotanya mau aktif dan semangat, ya kesejahteraannya harus berbanding lurus sehingga semua itu bisa terjadi," katanya.

Gianto berharap pengurus FORKI Jabar ke depannya bisa menyatu dengan masyarakat seperti memperbanyak kegiatan di luar gedung.

4 dari 4 halaman

Pengprov FORKI Jabar Sudah Teruji di Berbagai Event

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar, M Budiana memastikan Pengprov FORKI Jabar dibawah kepemimpinan Gianto benar-benar sudah teruji. Terbukti, karate Jabar berhasil meraih juara umum dalam dua kali penyelenggaraan PON secara berturut-turut.

"Saya sebagai Ketua KONI Jabar  sangat berbahagia karena FORKI Jabar dan karakteka Jabar masih membutuhkan tangan dingin beliau dalam memimpin FORKI Jawa Barat," ungkap Budiana.

Namun, dia akui masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus bisa dilakukan Gianto. Sebab kekurangan selalu terjadi dalam sebuah organisasi.

"Tapi saya yakin di bawah kepengurusan Pak Ogi (sapaan Gianto) pasti akan mengevaluasi kepengurusannya dan pastinya dalam konteks kepengurusan akan diganti dengan yang berkompeten dan saya yakin beliau akan buktikan itu," ucap Budiana.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.