Sukses

Soal Kelanjutan Kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia, Begini Jawaban Erick Thohir

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir angkat bicara mengenai kelanjutan kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, masa bakti juru taktik asal Korea Selatan itu memang hanya berlangsung hingga akhir tahun ini. Kabar menyebut kompetisi Piala Asia 2023 berpotensi menjadi ajang terakhir di mana Shin Tae-yong menukangi skuad Garuda.

Sang pelatih sendiri pun sudah memberi isyarat terkait hal ini saat melakukan wawancara dengan media Korea Selatan.

Menanggapi situasi tersebut, Erick Thohir selaku ketua federasi sepak bola Indonesia buka suara. Ia tak menampik bahwa pihaknya memang sudah mengadakan diskusi dengan Shin Tae-yong mengenai masa depannya di Timnas Indonesia.

Kedua belah pihak sejauh ini disebut bersepakat untuk menjalin kerja sama hingga pelaksanaan Piala Asia. Setelahnya, PSSI baru akan memikirkan opsi untuk memperpanjang atau tidak memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.

“Memang sudah ada pembicaraan dengan Coach Shin Tae-yong. Kan beliau itu kontraknya habis di bulan Desember, ya opsinya apa? Perpanjang atau tidak perpanjang,” tutur Erick saat ditemui awak media pasca pelantikan pengurus PSSI periode 2023-2027 di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

“Akan tetapi, ada kesepakatan bahwa kita akan mempersiapkan (Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong) sampai Piala Asia...Jadi kedua belah pihak menyepakati, ya. Dan saya rasa ini hal yang gentleman, disampaikan (langsung oleh) kita berdua daripada kita ngomong di belakang,” tandas dia.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Exco PSSI

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga. Ia mengisyaratkan ada celah bagi PSSI untuk meneruskan kerja sama dengan Shin Tae-yong, dengan catatan sang pelatih sanggup memenuhi target di Piala Asia 2023.

“Ya ada dong target. Kan seperti kata Pak Erick, semua ditargetkan, pelatih-pelatihnya. Kalau tercapai target, terusin (kontraknya). Kalau enggak tercapai target?” tutur Arya saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

“Harus tercapai target. Dseperti kita bilang, bahwa ketum kita ini kan punya jaringan luas. Cari pelatih kan enggak sudah bagi dia. Tapi kita harus fair, makanya dikasih objektivitas, mereka dikasih target.”

“Kalau targetnya tercapai, ya teruskan (kontraknya). Jangan enggak diteruskan dong. Sudah tercapai kok enggak diteruskan. Harus diteruskan (kontraknya) kalau (target) sudah tercapai,” tandas dia kepada awak media.

3 dari 3 halaman

Bagi-Bagi Tugas Shin Tae-yong dan Indra Sjafri

Sekadar informasi, Timnas Indonesia bakal menghadapi agenda padat dalam waktu dekat. Skuad Garuda diagendakan tampil melawan Palestina dan Argentina dalam ajang FIFA Matchday Juni mendatang.

Setelah itu, Tim Merah Putih  juga harus menghadapi pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara untuk kelompok umur, Garuda Nusantara dijadwalkan turun dalam ajang Asian Games 2022 serta kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Guna mengantisipasi situasi ini, PSSI telah merancang skenario bagi-bagi tugas antara Shin Tae-yong dan Indra Sjafri. Pelatih asal Korea Selatan diminta menangani skuad senior, sementara Indra bakal berfokus menukangi kelompok umur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.