Sukses

Jelang Road to UFC Season 2, Jeka Saragih ke Petarung Indonesia: Jangan Takut, Anggap Lawan Bukan Siapa-siapa!

Jeka Saragih ikut mendampingi empat petarung Indonesia yang akan tampil di Road to UFC Season 2.

Liputan6.com, Jakarta Jeka Saragih jadi petarung Indonesia pertama yang mendapatkan kontrak dari UFC. Pria asal Simalungun, Sumatera Utara tersebut merupakan jebolan Road to UFC season pertama yang digelar tahun lalu.

Kini Jeka tengah menantikan penerus-penerus baru dari ajang yang sama tahun ini. Seperti diketahui, empat petarung Indonesia, yakni Eperaim Ginting, Billy Pasulatan, Windri Patilima, dan Ronal Siahaan tengah merintis jalan yang sama lewat Road to UFC Season 2 di Shanghai, China, 27-28 Mei 2023. 

Keempat nama tersebut bukanlah sosok baru bagi Jeka. Mereka merupakan peserta MMA Fight Academy yang sudah tiga bulan terakhir berlatih di San Diego, California, Amerika Serikat. Jeka juga berlatih bersama mereka. Kebetulan, pelatih yang menangani juga sama, yakni Marc Fiore dan Jack Buracker. 

 

Saat Billy dan kawan-kawan bertolak ke Shanghai, Jeka juga ikut menyusul ke sana. Selain memberi semangat dan suntikan motivasi, Jeka juga ikut berkeringat demi membantu persiapan kompatriotnya itu. 

"Mereka sudah siap untuk bertanding," kata Jeka lewat perbincangan telepon dengan Liputan6.com. 

"Persiapan mereka sudah matang, kondisi fisik juga tidak ada masalah. Tinggal mental saja yang harus dijaga. Jangan takut. Anggap saja lawan bukan siapa-siapa," beber Jeka menambahkan. 

Seperti diketahui, ajang Road to UFC merupakan jalan bagi para petarung Asia menuju panggung dunia. Digelar dengan konsep turnamen, para petarung akan bertarung beberapa kali demi kontrak UFC. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Jeka Saragih

Road to UFC memainkan 4 kelas berbeda dengan masing-masing kelas diikuti 8 peserta. Ronde awal atau babak perempat final terdiri dari empat episode dengan masing-masing memainkan 4 pertandingan. 

Para pemenang kemudian melaju ke semifinal yang rencananya baru bergulir akhir tahun ini. Selanjutnya final bakal jadi bagian dari agenda UFC Fight Night di mana pemenang otomatis dapat kontrak dari UFC.

"Kalau saya melihat, mereka sudah siap untuk tampil di Road to UFC Season 2. Yang penting tinggal mentalnya saja. Jangan takut saat pertandingan. Jalani saja apa yang sudah dilatih selama ini," katanya.

    

3 dari 4 halaman

Incar Kemenangan TKO

Sementara itu, Billy Pasulatan dan Ronal Siahaan sudah melewati sesi weigh in dengan sukses. Keduanya sudah siap bertarung di kelas Flyweight pada hari pertama Road to UFC Season 2, Sabtu (27/5/2023).

Pada quarterfinal Road to UFC Season 2, Billy akan berhadapan dengan wakil China, Ji Niushiyue dari China. Sementara rekan senegaranya, Ronal sudah dinanti petarung asal Jepang, Rei Tsuruya.

Baik Billy maupun Ronald, sama-sama sudah mempelajari calon lawannya. Meski demikian, kedua jebolan MMA Fight Academy itu tetap optimistis mampu memenangkan pertandingan besok.

"Yang saya tahu adalah kemampuan striking dan grapplingnya seimbang," kata Billy mengenai calon lawannya," kata Billy mengenai calon lawannya, Niushiyue.

"Lawan saya bagus, tapi saya menargetkan kemenangan TKO di ronde kedua," kata Ronal 'pede'.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Road to UFC Season 2

Selain Billy dan Ronal, dua petarung Indonesia lainnya yakni Eperaim Ginting dan Windri Patilima juga bakal tampil di Road to UFC season 2. Hanya saja, keduanya baru menjalani weigh in besok.

Mereka semua ingin mengikuti jejak Jeka Saragih yang telah berjaya lewat jalur ini. Jeka menjadi petarung Indonesia pertama yang dikontrak UFC usai tampil memukau di season 1 sebelumnya.

Eperaim dijadwalkan bakal berhadapan dengan Daermisi Zhawupasi di kelas Bantam. Sementara Windri sendiri sudah ditunggu oleh petarung Jepang, Shin Haraguchi di kelas lightweight.  

 

Berikut jadwal lengkap petarung Indonesia di Road to UFC Season 2:

 

Sabtu (27/5/2023)

Episode 1 (Mulai pukul 17.00 WIB)

Ronal Siahaan (Indonesia) vs Rei Tsuruya (Jepang): Flyweight (>56.7kg)

 

Episode 2 (Mulai 19.00 WIB)

Billy Pasulatan (Indonesia) vs Ji Niushiyue (China): Flyweight (>56.7kg)

 

Minggu (28/5/2023)

Episode 4 (Mulai pukul 19.00 WIB)

  • Eperaim Ginting (Indonesia) vs Daermisi Zhawupasi (China): Bantamweight (>61.2kg)
  • Windri Patilima (Indonesia) vs Shin Haraguchi (Japan) 

 

Seluruh pertandingan bisa Anda saksikan di Mola. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.