Sukses

Perjuangan Australia Dapat Jadwal Uji Coba Melawan Argentina Lebih Berliku dari Indonesia, Kok Bisa?

Pendekatan yang dilakukan Australia untuk dapat kesempatan bertanding melawan Argentina sudah dilakukan sebelum kedua negara bertemu di Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Argentina akan menyambangi Asia, bulan Juni mendatang. Albiceleste yang berhasil menjuarai Piala Dunia 2022 dijadwalkan bertemu Timnas Australia dan Indonesia pada 15 dan 19 Juni 2023. 

Namun bukan perkara mudah bagi kedua negara untuk mendapat kesempatan bertemu Argentina. Lobi terhadap petinggi Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. 

Australia seperti dilansir dari situs fbl.com, bahkan sudah melakukan pendekatan sebelum kedua negara akihrnya bertemu di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun upaya tersebut kerap menemui kendala. 

Kedua negara akhirnya bertemu di Piala Dunia 2022 Qatar babak 16 besar. Dalam duel ini, Argentina berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 sekaligus memastikan langkah ke perempat final. 

Meski demikian, upaya Australia mengajak Argentina beruji coba belum berakhir. Usai Piala Dunia 2022, Aosiasi Sepak Bola Australia terus berupaya mendatangkan skuad Albiceleste ke Negeri Kanguru.  

"Kami buru mereka ke segala penjuru dunia," ujar CEO Asosiasi Sepak Bola Australia, James Johnson. 

 

"Di satu titik, kami pernah mencoba membawa mereka ke Australia di bulan Maret. Tidak berhasil. Lalu di kesempatan lain kami berpeluang bertemu Argentina di Amerika Serikat, tapi gagal lagi," bebernya. 

Pendekatan demi pendekatan yang dilakukan akhirnya berbuah hasil. Sebab, timnas Argentina akhirnya setuju untuk bertanding melawan Australia di Worker's Stadium, China pada 15 Juni mendatang. 

Johnson pun menyambut gembira kesempatan ini. Dia senang meski pertarungan harus berlangsung di luar negeri. "Kami berakhir di China dan kami sangat senang dengan itu, karena kami mendatangkan gajah sayang sangat besar," ujar Johnson menyambut pengumuman resmi yang dikeluarkan AFA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Australia Kesulitan Datangkan Argentina ke Australia

Johnson sangat memahami kesulitan yang mereka hadapi dalam memboyong tim elite ke negaranya. Peringkat negaranya yang berada di urutan ke-29 membuat tim-tim elite enggan jauh-jauh ke Australia.

"Jadi memang butuh waktu. Tapi saya yakin kalau kami jadi regular tim di papan atas sepak bola dunia, maka datang ke Australia meski jaraknya jauh, bakal terasa dekat bagi orang-orang," katanya. 

Selain Argentina, Australia juga dijadwalkan bertemu Timnas Inggris di Stadion Wembley, Oktober 2023. Laga ini sekaligus menjadi persiapan Australia menghadapi Piala Asia 2023 di Qatar.

Johnson sendiri enggan mengaitkan laga uji coba melawan Argentina dan Inggris sebagai porensi Australia untik jadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Hanya saja, menjadi tuan rumah sebuah event besar menurutnya bisa membantu Australia diperhitungkan sebagai negara yang serius dalam sepak bola. 

"Jika Anda ingin duduk di meja sepak bola dunia, inilah hal-hal yang harus Adna lakukan. Anda harus jadi tuan rumah kompetisi besar, seperti Piala Dunia wanita. Anda harus menghadapi lawan-lawan besar seperti Argentina, Anda harus bermain di Wembley--Anda harus melakukan itu," bebernya.  

3 dari 4 halaman

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia juga bernasib sama. Butuh jalan berliku untuk mendatangkan Argentina di Tanah Air. 

Hanya saja upaya yang dilakukan tidak selama Australia karena pendekatan baru dilakukan beberapa bulan lalu. Isu Argentina akan beruji coba melawan Indonesia mulai berhembus sejak Maret 2023 atau saat itu Erick Thohir menghadiri Kongres FIFA Ke-73 di Kigali, Rwanda.

Pada momen tersebut, dikabarkan Erick Thohir berbicara dengan petinggi Federasi Sepakbola Argentina (AFA) untuk membahas rencana Timnas Indonesia melawan tim juara Piala Dunia 2022 itu.

Erick Thohir memang diketahui memiliki kedekatan dengan banyak tokoh sepak bola internasional. Tak terkecuali di AFA. Erick berteman baik dengan mantan pemain timnas Argentina, Javier Zanetti.

 

4 dari 4 halaman

Titik Terang Mulai Terlihat

Isu terus berkembang liar sejak saat itu. Titik terang mulai didapat pada awal Mei 2023 ketika jurnalis Argentina Gaston Edul memberikan bocoran melalui Twitter. Edul berkicau bila tim Tango memang akan beruji coba dengan Indonesia pada Juni nanti.

Pecinta sepak bola Indonesia pun begitu berharap berita ini menjadi kenyataan. Penantian tersebut berakhir pada Senin 22 Mei 2023 dengan adanya konfirmasi dari AFA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.