Sukses

Gebrakan Baru Menpora Dito, Kemenpora Bakal Jadi Rumah untuk Anak Muda Kaum Milenial

Menurut Sesmenpora, Kantor Kemenpora bisa menjadi rumah bagi anak muda untuk berkreasi di berbagai bidang tak cuma olahraga saja.

Liputan6.com, Jakarta- Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Sesmenpora RI) Gunawan Suswantoro membeberkan beberapa gebrakan baru yang akan dilakukan Menpora Dito Ariotedjo. Kantor Kemenpora akan menjadi rumahnya anak muda kaum milenial.

Menurut Sesmenpora, Kantor Kemenpora bisa menjadi rumah bagi anak muda untuk berkreasi di berbagai bidang tak cuma olahraga saja. Hal ini disampaikan Sesmenpora dalam sambutan di Acara Media Gathering Kemenpora 2023 bertajuk 'Humas dan Media untuk Pemuda Maju, Olahraga Jaya' yang digelar di Golden Boutique Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (13/4/2023).

"Kemenpora saat ini memiliki menteri baru yang sangat muda, 32 tahun. Kemenpora akan ada orientasi baru, dimana sebelumnya orang melihat Kemenpora lebih cenderung ke bidang olahraga sementara kepemudaan kurang," kata Sesmenpora Gunawan.

"Pak Menteri nantinya akan berupaya menjadikan Kemenpora tempatnya anak muda berkreasi baik kreatifitas dan kesenian. Jadi, mungkin nanti akan banyak even-even seperti musik, band dan sebagainya," ujar Sesmenpora.

Gunawan juga telah berkoordinasi dengan Menpora Dito untuk melakukan beberapa perubahan ke arah milenial sehingga nantinya hal-hal terkait kepemudaan akan terangkat.

"Jadi, mungkin nanti akan banyak kegiatan-kegiatan seperti musik, band dan sebagainya. Nanti akan ada beberapa perubahan ke arah milenial baik secara ilmiah juga agar lebih fresh, tapi nanti setelah kita bekerja menyelesaikan beberapa program besar dari Kemenpora," lanjut Sesmenpora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beriringan

Dengan begitu, kata Gunawan, kepemudaan bisa berjalan beriringan program-program olahraga yang menjadi fokus Kemenpora.

"Kami sudah bedah program yang ada di Kemenpora. Tampaknya Pak Menpora juga sudah setuju. Tinggal pelaksanaan dan brandingnya yang akan diperkuat agar kepemudaan dan keolahragaan benar-benar muncul dan jadi program 1,5 tahun pak Menpora," pungkas Gunawan.

3 dari 3 halaman

Sambutan Menpora saat Pelantikan

Dalam sambutan jelang serah terima jabatannya, Dito tak menampik bahwa statusnya sebagai menteri paling muda berpotensi menimbulkan keraguan dari berbagai pihak terkait kredibilitas kepemimpinannya. Walau begitu, ia menegaskan siap pasang badan demi bergerak memajukan olahraga Indonesia.

“Mungkin (bagi) Bapak/Ibu di sini, ini merupakan hal yang pertama kali dirasakan–mendadak dipimpin oleh anak yang hampir seumuran dengan anak atau cucunya,” tutur Dito dalam pernyataan pada Selasa (4/4/2023).

“Saya tidak masalah diragukan, tetapi saya sudah memberikan komitmen bahwa saya berdiri di sini atas kepercayaan Bapak Presiden. Jadi, apa pun yang saya hadapi, saya akan  pasang badan dan bergerak demi memajukan olahraga Indonesia.”

Lebih lanjut, Dito juga menganggap posisinya kini merupakan bukti bahwa generasi muda sudah siap memimpin Tanah Air. Oleh karena itu, ia berniat membuktikan kualitasnya sebagai Menpora baru, meski hanya memiliki kurun waktu relatif singkat untuk berkarya.

“Yang pasti sebagai Menpora, saya akan mencoba merangkul dan mencari titik temu dari semua program olahraga. Saya juga minta bantuan, mari kita gunakan 1,5 tahun ini untuk membuktikan kepada Indonesia bahwa generasi muda siap memimpin dan siap membangun negara menjadi lebih baik,” tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.