Sukses

Mantan Bintang Arsenal Emmanuel Adebayor Putuskan Pensiun

Arsene Wenger membawanya ke Arsenal pada Januari 2006 dan mengawasi perkembangannya menjadi salah satu striker terkemuka Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Mantan striker Arsenal Emmanuel Adebayor mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepak bola. Adebayor yang juga pernah membela Manchester City dan Tottenham Hotspur pensiun pada usia 39 tahun.

Adebayor kembali ke kampung halamannya Togo untuk menyelesaikan karirnya bersama AC Semassi pada musim panas 2021, setelah menikmati 20 tahun sarat gol di liga-liga top Eropa.

Adebayor mengonfirmasi pengunduran dirinya di Instagram dengan memposting video kompilasi dari beberapa momen karier terbaiknya di samping catatan yang bertuliskan "terima kasih atas berkahnya".

"Dari atas ke bawah, karier saya sebagai atlet profesional merupakan perjalanan yang luar biasa," tulis mantan pemain internasional Togo itu di media sosial.

"Terima kasih kepada penggemar saya karena selalu ada di setiap langkah. Saya merasa sangat berterima kasih atas segalanya, dan bersemangat untuk apa yang akan datang!" tulis Adebayor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Debut Pertama

Adebayor menikmati debut pertamanya di sepak bola Eropa bersama klub Prancis Metz pada 1999. Dia yang berkembang melalui jajaran pemain muda mencetak 13 gol dalam kampanye Ligue 2 2002-03.

Eksploitasi Adebayor di tingkat kedua membuatnya pindah ke Monaco pada tahun 2003, di mana ia meraih medali runner-up Liga Champions di musim pertamanya saat Les Monegasques kalah dari Porto di final.

3 dari 5 halaman

Sejajar

Penyerang Togo itu mencetak 26 gol dalam 115 pertandingan untuk Monaco. Berkat penampilannya itu Arsene Wenger, yang membawanya ke Arsenal pada Januari 2006 dan mengawasi perkembangannya menjadi salah satu striker terkemuka Liga Inggris.

Adebayor mencetak 24 gol di musim Liga Premier 2007-08, sejajar dengan Fernando Torres dan hanya di belakang Cristiano Ronaldo (31) dalam perebutan Sepatu Emas saat Arsenal finis ketiga.

4 dari 5 halaman

Tidak Memuaskan

Namun, Adebayor kemudian meninggalkan Emirates dan bergabung ke Man City pada Juli 2009. Dia sempat merayakan golnya di depan penggemar Gunners setelah mencetak gol untuk The Citizens hanya dua bulan kemudian.

Diikuti pinjaman yang tidak memuaskan ke Real Madrid - meskipun dia memenangkan Copa del Rey di Bernabeu - sebelum Tottenham akhirnya mendapatkan jasa striker tersebut. Kemudian di musim Liga Premier 2011-12 yang menarik melihat Adebayor mencetak 17 gol dan memberikan 11 assist dalam 33 pertandingan. .

5 dari 5 halaman

Pemain Terbaik

Adebayor mengakhiri waktunya di Liga Premier dengan Crystal Palace sebelum memulai perdagangannya di Turki dengan Istanbul Basaksehir dan Kayserispor, dan dia sempat mewakili raksasa Paraguay Olimpia pada tahun 2020.

Dengan 32 gol dalam 88 penampilan untuk tim nasional Togo, Adebayor tetap menjadi pencetak gol pria tertinggi dalam sejarah negaranya, dan dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2008.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

  • Emmanuel Adebayor

  • AC Semassi

  • Adebayor