Sukses

Harga Mahal yang Harus Dibayar MU Demi Rebut 3 Trofi Musim Ini

Manchester United (MU) menjaga kans merebut tiga gelar pada musim 2022/2023. Kemenangan 3-1 atas Fulham, Senin (20/3/2023) dini hari WIB membawa mereka lolos ke semifinal Piala FA.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) menjaga kans merebut tiga gelar pada musim 2022/2023. Kemenangan 3-1 atas Fulham, Senin (20/3/2023) dini hari WIB membawa mereka lolos ke semifinal Piala FA.

Setan Merah sebelumnya sudah memenangkan Piala Liga Inggris. Manchester United juga masih terlibat di Liga Europa. Mereka dipasangkan dengan Sevilla pada perempat final.

Meski berpeluang meraup banyak trofi, situasi ini layak membuat manajer Erik ten Hag Pusing. Pasalnya, jadwal kompetisi semakin padat.

Sedangkan sosok berkebangsaan Belanda tersebut tidak suka menerapkan rotasi. Dia cenderung menurunkan setiap pilar jika mereka bebas cedera atau sanksi disiplin. Pendekatan tersebut sudah berbuah kekalahan memalukan 0-7 dari Liverpool beberapa waktu lalu. MU kebobolan enam gol pada babak kedua partai itu, ditenggarai karena pemain keletihan.

"Kami dalam posisi memenangkan trofi, tapi harus bertarung demi mendapatkannya. Kami membutuhkan seluruh pemain di skuad. Kami sudah bermain setiap 3-4 hari sejak Natal dan bakal terus menjalaninya hingga akhir musim," kata Ten Hag dilansir ESPN.

Selepas menyingkirkan Fulham, MU bakal menghadapi Brighton & Hove Albion di semifinal Piala FA. Laga tersebut kemungkinan besar berlangsung Minggu, 23 April, karena pada 20 April Setan Merah melakoni Liga Europa.

Bruno Fernandes dan kawan-kawan semestinya meladeni Chelsea di Liga Inggris pada pekan tersebut. Kini partai tersebut juga ditunda, termasuk duel versus Brighton di liga yang dibatalkan demi mengakomodasi pertandingan kontra Fulham pada FA Cup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memprediksi Kalender MU Hingga Akhir Musim

Artinya, ada dua laga Liga Inggris milik MU yang belum diketahui kapan bisa digelar. Tidak ada waktu lowong pada April karena Setan Merah sudah bertanding sembilan kali dalam empat pekan.

Ada empat slot kosong bagi MU pada tengah pekan Mei. Namun, dua di antaranya bakal dipakai untuk semifinal Liga Europa jika Setan Merah menyingkirkan Sevilla. Alhasil, pertandingan Liga Inggris tertunda milik MU bakal ditempatkan di dua posisi lainnya.

Dalam situasi ini, masalah MU belum tentu selesai. Mereka dijadwalkan bertamu ke London untuk menghadapi West Ham United pada akhir pekan pertama Mei. Masalahnya, periode tersebut bakal ditandai upacara naik takhta Raja Charles.

Setan Merah sebelumnya sudah harus terima laga kontra Leeds United, semula digelar 18 September, tertunda selama lima bulan karena aparat keamanan fokus pada pemakaman Ratu Elizabeth II.

Sebagai gambaran, Liga Inggris berakhir pada 29 Mei. Final Piala FA berlangsung 3 Juni. Sedangkan laga puncak Liga Europa digelar 31 Mei.

3 dari 3 halaman

Man Utd Sikat Fulham

Fulham membuka keunggulan pada menit ke-50. Berawal dari sepak pojok di sisi kanan, Issa Diop meneruskan dengan umpan yang dituntaskan dengan tendangan Mitrovic dari jarak dekat yang tidak bisa dihentikan kiper David de Gea. MU tertinggal 0-1.

Tim tamu nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-66. Tendangan bebas Andreas Pereira disambut dengan tandukan Mitrovic di kotak penalti, tetapi De Gea melakukan penyelamatan untuk mencegah gawangnya dari kebobolan.

MU akhirnya memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan setelah wasit memberikan hadiah penalti karena Willian dianggap melakukan handball saat mencoba menghalangi tendangan Sancho ke gawang kosong.

Wasit langsung memberikan kartu merah setelah memeriksa pelanggaran itu melalui monitor VAR. Mitrovic dan pelatih Marco Silva juga dikartumerahkan karena melakukan protes keras ke wasit terkait keputusan tersebut.

Bruno Fernandes maju sebagai eksekutor, dia sukses mengecoh Bernd Leno dan menendang bola ke sudut kanan bawah gawang Fulham. Skor menjadi 1-1 pada menit ke-75.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan MU untuk terus menekan Fulham. Dua menit berselang, tim asuhan Erik ten Hag tersebut bisa membalikkan keunggulan menjadi 2-1.

Marcel Sabitzer mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangannya di depan gawang setelah memaksimalkan umpan silang Luke Shaw di sayap kiri.

Setan Merah menambah keunggulan mereka di masa injury time. Sebuah skema serangan balik dituntaskan oleh tendangan Fernandes yang kembali menaklukkan Leno untuk mengubah skor menjadi 3-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • The Football Association (FA) Challenge Cup, umumnya dikenal sebagai Piala FA atau FA Cup.

    FA Cup

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Piala FA