Sukses

Sumbang Gol saat PSG Kalahkan Nantes di Ligue 1, Lionel Messi Cetak Rekor Lampaui Cristiano Ronaldo

Aksi jebol jaring yang dilakukan Lionel Messi di laga kontra Nantes pada Minggu (5/3/2023) membuatnya mencatatkan rekor baru, yakni memberi 1000 kontribusi dalam bentuk gol assist sejak mulai berkarier di level klub.

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi mencetak gol pembuka bagi Paris Saint-Germain (PSG) saat timnya menjamu Nantes dalam laga lanjutan Ligue 1 2022/2023 di Parc des Princes pada Minggu (5/3/2022) dini hari WIB.

Berawal dari umpan silang Nuno Mendes, pesepak bola berusia 35 tahun tersebut sukses membelokkan si kulit bundar dan mengantarnya masuk ke gawang tim tamu, melewati adangan kiper Alban Lafont.

Tak hanya mengantar Les Parisiens menang 4-2, aksi jebol jaring yang dilakukan La Pulga di laga PSG vs Nantes juga membuatnya mencatatkan rekor baru. Laporan Mirror mengeklaim gol tersebut menandai kontribusi ke-1000 Messi di level klub.

Menurut statistik, eks bintang Barcelona memang telah mengambil peran di balik terciptanya 1000 gol sejak melakukan debut berama Blaugrana pada 2004. Secara spesifik, Messi berhasil menyumbangkan 701 gol serta memberi 299 assists bagi timnya.

Catatan itu mengantar pemain kelahiran 1987 ini melampaui pencapaian rival abadinya Cristiano Ronaldo. Pemain Timnas Portugal hingga kini baru mengoleksi total 912 gol ditambah assists, sejak tampil perdana bersama Sporting CP di musim 2002/2003.

Tak dapat dimungkiri, CR7 memang memiliki lebih banyak pengalaman tampil di sejumlah liga berbeda. Eks bintang Real Madrid itu pernah merumput bersama klub dari Liga Portugal, Liga Spanyol, Liga Italia, dan Liga Inggris.

Kendati demikian, rekor yang baru saja ditorehkan Lionel Messi juga tidak bisa dianggap enteng. Mirror menyebut koleksi 1000 gol dan assists merupakan hal yang belum pernah diraih pemain lain di lima liga teratas Eropa era modern.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Moncer di PSG

Catatan tersebut masih bisa bertambah mengingat performa Messi bersama PSG sedang moncer-moncernya. Kapten Timnas Argentina itu diketahui sanggup mencetak gol dalam tiga pertandingan berturut-turut melawan Lille, Marseille, dan Nantes.

La Pulga juga tercatat telah membukukan 12 gol dan 12 assits dalam 20 pertandingan Ligue 1 untuk PSG musim ini. Raihan itu boleh dikata mengesankan. Pasalnya, Messi cuma mampu menyumbangkan 6 gol dan 15 assists dari 20 duel liga dengan PSG musim lalu.

Walau begitu, sang pemain tetap mampu membantu timnya finis di posisi teratas klasemen akhir 2021/2022. Keberadaan La Pulga saat ini pun diharapkan dapat kembali mengantar Les Parisiens mengangkat trofi liga untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

3 dari 4 halaman

Juara Piala Dunia

Tak hanya memiliki torehan gemilang di level klub, Lionel Messi juga cukup sukses di kancah internasional. Mantan pemain Barcelona itu baru saja mengantar Tim Tango keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Messi diketahui sukses menyumbangkan tujuh gol dan memberi tiga assist bagi Argentina di Piala Dunia. Raihan tersebut cukup untuk membuatnya diganjar predikat sebagai pemain terbaik, dan hanya berselisih satu angka dari Kylian Mbappe yang menyabet Golden Boot setelah membobol gawang lawan delapan kali.

4 dari 4 halaman

Pemain Terbaik FIFA

Deretan prestasi itu membuat Lionel Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA 2022. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) dan Argentina mengalahkan rekan setimnya Kylian Mbappe serta bintang Real Madrid Karim Benzema.

Lebih lanjut, La Pulga juga terpilih ke dalam FIFA FIFPRO Men's World XI bersama dua pemain asal Prancis tersebut. Sekadar informasi, acara penobatan pemain terbaik dan pemberian penghargaan sudah digelar secara resmi oleh FIFA pada Selasa (28/2/2023) dini hari WIB lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.