Sukses

Statistik Barcelona Tekuk Real Madrid di Copa del Rey: Tuan Rumah Dominan

Real Madrid kalah 0-1 dari Barcelona pada leg pertama semifinal Copa del Rey 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid harus menelan malu di hadapan publik Santiago Bernabeu setelah dikalahkan 0-1 oleh Barcelona dalam leg pertama semifinal Copa del Rey, Jumat (3/3/2023) dini hari. Gol bunuh diri dari Eder Militao (26’) memaksa tuan rumah tertunduk lesu setelah tampil mendominasi sepanjang pertandingan. 

Sejak laga dimulai, atmosfer yang menyelimuti kedua tim sangat intens. Madrid juga menunjukkan motivasi yang sangat besar dari menit-menit setelah dibayang-bayangi kenangan akan penampilan buruk dalam kekalahan melawan musuh bebuyutannya itu di Piala Super Spanyol pada Januari lalu.  

Real Madrid pun tunjukkan dominasi yang besar atas Barcelona sepanjang laga. Namun, mereka tetap gagal keluar sebagai pemenang. Petaka justru datang pada menit ke-26 saat penetrasi Franck Kessie berhasil memaksa Eder Militao mencetak gol ke gawang sendiri dan membuat Madrid tertinggal 0-1.

Statistik mencatat, Real Madrid sebenarnya sangat mendominasi pertandingan. Sepanjang laga, Los Blancos menguasai 65 persen permainan. Namun kokohnya barisan pertahanan Barcelona membuat dua penyerang andalan tuan rumah, Karim Benzema dan Vinicius Jr sulit mendapatkan ruang untuk berkreasi. 

Peluang Real  Madrid sempat  muncul ketika Luka Modric melepaskan tembakan yang sedikit melebar dari gawang Marc-Andre ter Stegen. Kesempatan terbesar mereka untuk menyamakan kedudukan adalah ketika usaha Federico Valverde pada babak kedua masih dimentahkan oleh kiper Jerman tersebut.

Sepanjang laga, Madrid tercatat mampu melepaskandan lesatkan 13 tembakan. Sementara Barcelona hanya melepas 4 tembakan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang Thibaout Courtois.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehilangan Banyak Pilar

Bukan tanpa sebab Barca terkesan tampil lebih bertahan dalam laga ini. Daya gedor tim asal Catalonia itu memang sedang memburuk akibat absennya sejumlah pilar, seperti Pedri, Ousmane Dembele dan mesin gol Robert Lewandowski. Mereka tidak bisa tampil pada laga El Clasico ini karena masalah cedera.

Juru taktik Barcelona, Xavi Hernandez pun membuat lima perubahan dalam starting lineup-nya termasuk empat bek yang sepenuhnya baru. Juru taktik asal Spanyol tersebut memasukan nama Alejandro Balde, Marcos Alonso, Joules Kounde dan Ronald Araujo untuk dipercaya menjaga garis pertahanan Barca.

Eks gelandang Barcelona tidak ingin kekalahan melawan tim papan bawah La Liga, Almeria terulang lagi. Raphinha juga masuk ke dalam susunan pemain untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Lewandowski. 

Komposisi ini terbukti manjut. Madrid yang mendominasi jalannya laga tak mampu menjebol Barcelona.  Kessie bahkan nyaris menggandakan keunggulan Barca bila tendangannya tidak diadang oleh Ansu Fati. 

 

3 dari 3 halaman

Titik Balik Barcelona

Kemenangan ini sekaligus menjadi titik balik Barcelona setelah mengalami dua kekalahan beruntun. Sebelumnya, Barca ditaklukkan Manchester United di Liga Europa dan menyerah dari Almeria di La Liga. 

Hasil ini sekaligus juga menjadi modal besar bagi Barca untuk sekali lagi menghadapi Los Blancos di Camp Nou pada leg kedua semifinal Copa del Rey 6 April nanti. Sebaliknya, Madrid dipastikan harus kerja keras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.