Sukses

Sukses di Piala Dunia, Lionel Messi Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik FIFA 2022

Penyerang Paris Saint-Germain dan Argentina Lionel Messi terpilih menjadi Pemain Terbaik FIFA 2022 kalahkan Karim Banzema

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA 2022. Penyerang Paris Saint-Germain dan Argentina mengalahkan rekan setimnya di PSG Kylian Mbappe dan bintang Real Madrid Karim Benzema. Bukan itu saja dia juga terpilih ke dalam FIFA FIFPRO Men's World XI bersama dua pemain asal Prancis tersebut

Penobatan pemain terbaik dan penghargaan lainnya digelar FIFA secara seremoni di Paris, Selasa dini hari WIB (28/2/2023). Lionel Messi hadir dan naik ke panggung untuk mengangkat trofi sebagai pemain terbaik edisi kali ini.

Lionel Messi jadi pemain terbaik, setelah pemain berusia 35 tahun itu mencapai impian seumur hidupnya untuk menjadi pemenang Piala Dunia bersama La Albiceleste di Qatar, dan memenangkan Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

Messi mencetak tujuh gol dan memberikan tiga assist di Piala Dunia 2022 - termasuk dua gol di final melawan Prancis. Dia juga membantu PSG merebut kembali gelar Ligue 1 di musim 2021-22.

Meskipun masih berjuang untuk mencapai rekor mencetak gol yang luar biasa selama musim debutnya di Ligue 1, pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu sudah mencetak 17 gol dan 16 assist dari 28 pertandingan di musim 2022-23.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pemain Wanita Terbaik

Dalam deretan pemain terbaik ini ada juga nama bintang Manchester City Erling Braut Haaland. Kemudian Luka Modric, Kevin De Bruyne, Casemiro, Joao Cancelo, Achraf Hakimi, Virgil van Dijk dan Thibaut Courtois.

Sementara itu, penghargaan untuk Pemain Wanita Terbaik diberikan kepada bintang Barcelona dan Spanyol Alexia Putellas, yang mempertahankan mahkotanya dari tahun 2021. Sebelumnya dia juga memenangkan penghargaan Ballon d'Or Femenin berturut-turut.

3 dari 6 halaman

Kejutan

Putellas juga memenangkan pemungutan suara bersama Beth Mead dan Alex Morgan, dan ketiganya secara mengejutkan disebutkan dalam FIFA FIFPRO Women's World XI.

Putellas dan Mapi Leon melengkapi representasi Spanyol di tim, dan ada juga tempat untuk Samantha Kerr, Wendie Renard, Lena Oberdorf dan Christiane Endler.

4 dari 6 halaman

Manajer Terbaik

Di tempat lain, manajer pemenang Piala Dunia Argentina Lionel Scaloni memenangkan Pelatih Pria Terbaik FIFA mengalahkan Carlo Ancelotti dan Pep Guardiola. Sedangkan, manajer Inggris Sarina Wiegman merebut hadiah wanita.

Kesuksesan juga berlanjut untuk punggawa La Albiceleste. Emiliano Martinez memenangkan penghargaan kiper terbaik kalahkan Courtois dan Yassine Bounou.

5 dari 6 halaman

Gol Terbaik

Penghargaan Puskas untuk gol terbaik dimenangkan oleh pesepakbola Polandia Marcin Oleksy, yang mencetak tendangan sensasional untuk Warta Poznan melawan Stal Rzeszow.

Penghargaan FIFA Fair Play diberikan kepada bek Cremonese Luka Lochoshvili, yang menyelamatkan nyawa Georg Teigl saat bermain untuk Wolfsberger melawan Austria Wien Februari lalu

6 dari 6 halaman

Daftar Lengkap Penghargaan Terbaik FIFA 2022

Pemain Pria Terbaik FIFA: Lionel Messi

Pemain Wanita Terbaik FIFA: Alexia Putellas

Pelatih Pria Terbaik FIFA: Lionel Scaloni

Pelatih Wanita Terbaik FIFA: Sarina Wiegman

Kiper Pria Terbaik FIFA: Emiliano Martinez

Kiper Wanita Terbaik FIFA: Mary Earps

Penghargaan Puskas FIFA: Marcin Oleksy

Penghargaan Permainan Adil FIFA: Luka Lochoshvili

Penghargaan Penggemar FIFA: Argentina

Peringkat XI Dunia Putra FIFPRO FIFA: Courtois; Hakimi, Van Dijk, Cancelo; Modric, Casemiro, De Bruyne; Messi, Haaland, Benzema, Mbappe

FIFA FIFPRO Wanita Dunia XI: Endler; Perunggu, Williamson, Renard, Leon; Walsh, Putellas, Oberdorf; Kerr, Mead, Morgan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.