Sukses

Fred Tempel De Jong Seperti Nyamuk, MU Sukses Tekuk Barcelona di Liga Europa 2022/2023

Manchester United atau MU berhasil melaju ke babak 16 besar Liga Europa 2022/2023 usai menyingkirkan Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Manchester United atau MU, Erik ten Hag memuji penampilan Fred pada pertandingan melawan Barcelona di Stadion Old Trafford, Jumat (24/2/2023). Dalam laga ini, Setan Merah akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 dan melaju ke babak 16 besar Liga Europa 2022/2023 

Menurut ten Hag, Fred berhasil membatasi ruang gerak Frenkie de Jong di lini tengah. Bahkan mantan pelatih Ajax Amsterdam itu melabeli Fred sebagai ‘nyamuk’ yang mengganggu de Jong sepanjang laga. Tidak hanya sukses menghentikan aliran bola Barca, Fred juga mencetak satu gol ke gawang Barca.

"Ia (Fred) memegang peranan penting pekan lalu di Barcelona, dan pekan ini ia berhasil mengulanginya lagi dengan menghentikan Frenkie de Jong,” kata ten Hag dalam sesi konferensi persnya usai laga.

“Fred bermain layaknya nyamuk yang mengganggu pemain lawan! Dan ia melakukannya dengan sangat luar biasa,” tambah ten Hag.

MU kembali bertemu Barcelona pada leg kedua babak play off Liga Europa 2022/2023. Bertanding di depan publik sendiri, MU sebenarnya sempat tertinggal 0-1 lewat gol penalti Robert Lewandowski pada menit 18. 

Namun asa Barca untuk bertahan di kompetisi Eropa pupus setelah di babak kedua, MU mampu mencetak dua gol lewat aksi Fred (47) dan Antony pada menit ke-73. Hasil ini membuat Setan Merah unggul agregat 4-3 atas Barcelona setelah di leg pertama sebelumnya hanya bermain imbang dengan skor 2-2.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pujian Untuk Antony

Selain Fred, Erik ten Hag juga mengapresiasi penampilan gemilang rekan senegaranya, Antony yang mampu membawa dampak besar dari bangku cadangan. Eks pemain Ajax tersebut membungkam kritik yang ditujukan padanya sepanjang musim ini setelah mencetak gol kemenangan bagi MU atas Barca.

“Saya tahu ia mampu mengatasi itu semua (kritikan). Ia berani dan ia tak kenal takut,” puji ten Hag.

“Apa yang ia bawa di babak kedua adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tim. Antony telah membawa banyak hal untuk tim ini.”

3 dari 4 halaman

Kemenangan Terbesar Sejauh Ini

Erik ten Hag melihat hasil memuaskan yang diperoleh pasukannya atas Blaugrana merupakan kemenangan terbesar sejauh ini. Juru taktik asal Belanda tersebut menambahkan bahwa untuk dapat menang melawan pemuncak klasemen La Liga adalah sesuatu yang sangat besar.

“Barcelona saat ini sedang memimpin klasemen La Liga terpaut delapan poin dengan Real Madrid di urutan kedua. Dan jika kami dapat mengalahkannya, maka saya pikir itu adalah kemenangan yang besar,” jelas ten Hag.

“Kami telah berhasil mengalahkan Liverpool dan Arsenal di Old Trafford dan itu merupakan kemenangan yang baik pula. Tapi saya pikir ini (menang atas Barcelona) adalah yang terbesar sejauh ini.”

4 dari 4 halaman

Keangkeran Old Trafford

Kapten Manchester United, Bruno Fernandes mengungkapkan atmosfer mengerikan Old Trafford yang dibawa oleh para penggemar memegang peranan besar dalam membantu pasukan Erik ten Hag menundukan Barcelona.

Kehadiran suporter dinilai pemain berusia 28 tahun tersebut dapat memberikan dukungan moral yang besar bagi para pemain. “Seperti yang sudah saya sampaikan, para penggemar ada bersama kami di saat-saat paling berat. Musim ini kami tampil sangat bagus dan itu juga karena mereka selalu ada di belakang kami memberi dukungan,” katanya kepada BT Sport ketika diwawancara seusai laga.

“Kami memiliki hal yang istimewa karena para penggemar menyaksikan langsung usaha kami demi bisa memenangkan laga. Old Trafford sangat hidup dan itulah alasan kami dapat memperoleh hasil baik,” tambah Fernandes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.
    Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.

    Ten Hag

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Fred

  • Frenkie de Jong