Sukses

Perjalanan Karier Zainudin Amali, Menpora yang Memutuskan Mundur Demi Posisi Waketum PSSI

Zainudin Amali memilih meninggalkan posisinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) usai terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI.

Liputan6.com, Jakarta Zainudin Amali memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olagraga (Menpora) usai terpilih menjadi wakil ketua umum (Waketum) PSSI periode 2023-2027. Niat tersebut bahkan sudah mendapatkan lampu hijau dari Presiden RI, Joko Widodo. 

Sejauh ini, belum muncul nama yang akan menggantikan Amali di Kabinet Indonesia Maju. Presiden RI, Joko Widodo masih menunggu surat pengunduran resmi dari Zainudin Amali sebelum berbicara mengenai sosok yang mengisi kekosongan di posisi Menpora. 

Sikap yang sama juga ditunjukkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Tampuk pimpinan di partai belambang pohon beringin itu juga terkesan  berhati-hati menanggapi keinginan mundur Menpora Zainudin Amali. Dia masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo terkait calon penggantinya. Airlangga menyerahkan proses itu kepada presiden. "Hak prerogatif Pak Presiden," katanya.

Seperti diketahui, Menpora Zainudin Amali mengaku ingin fokus membenahi sepak bola Indonesia setelah mendapat amanah menjadi wakil ketua umum 1 lewat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Amali akhirnya lolos menjadi pengurus PSSI periode 2023-2027 setelah Yunus Nusi yang meraih suara terbanyak kedua di pemilihan ulang memutuskan mundur. 

 

Usai bertemu Presiden Joko Widodo bersama pengurus PSSI lainnya, pada Senin lalu, Zainudin pun secara terbuka menyampaikan keinginannya untuk mundur dari Menpora. Dalam sesi jumpa pers yang berlangsung di Istana Kepresidenan itu, Zainudin Amali mengaku sudah mendapat restu dari Presiden Jokowi untuk memilih fokus dalam menjalankan tugasnya mengurus sepak bola nasional. 

"Tadi saya secara pribadi sudah melapor kepada presiden, dan tentu beliau sudah mengetahui saya terpilih sebagai salah satu wakil ketua umum PSSI. Dan, beliau menyerahkan kepada saya, karena kepada teman-teman saya katakan harus memilih. Dan saya sampaikan kepada bapak Presiden, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola. Jadi pengurus PSSI," ujar Menpora Amali. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil Zainudin Amali

Zainudin Amali telah menjabat sebagai Menpora sejak Oktober 2019. Dia ditunjuk menggantikan posisi Hanif Dhakiri yang sebelumnya dipercaya sebagai pelaksana tugas setelah setelah Menpora Imam Nahrawi tersandung kasus hukum.

Di pentas olahraga, nama Zainudin Amali awalnya sangat jarang terdengar. Sosoknya justru lebih akrab sebagai politisi. Dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019 dan merupakan anggota DPR RI selama 4 periode.

Selama menjadi wakil rakyat, Zainudin Amali sempat duduk di Komisi II DPR. Komisi ini mengurusi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur dan reformasi birokrasi, kepemiluan, serta pertahanan, hingga reforma agraria.

Selain politikus, Amali juga seorang pengusaha. Sebelum terjun ke dunia politik, ia pernah memimpin sejumlah perusahaan seperti; PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, PT Sura Terang Agung, PT Makmur Triagung, dan PT Supra Dinakarya.

 

3 dari 5 halaman

Benahi Sepak Bola

Saat terpilih sebagai Menpora, Zainudin diminta Presiden Jokowi untuk menyiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Namun karena pandemi Covid-19, agenda ini baru terlaksana pada Oktober tahun 2021 dengan protokol yang ketat.

Selain itu, presiden juga menitipkan sepak bola kepada Amali. Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Sepak Bola Nasional yang melibatkan kementerian pemuda dan olahraga. 

Di masa kepengurusannya, Menpora Zainudin Amali juga punya tugas besar lainnya sebagai ketua Organizing Committee (INAFOC) FIFA U-20 World Cup 2023. Turnamen usia muda ini bakal digelar di Indonesia mulai Mei hingga Juni tahun ini.

4 dari 5 halaman

Anti Intervensi

Berbeda dengan Menpora periode sebelumnya, hubungan Zainudin Amali dan PSSI sebagai induk federasi sepak bola di Tanah Air terbilang cukup harmonis. Secara personal, Amali juga dikenal cukup dekat dengan ketua umum PSSI 2019-2023, Mochamad Iriawan. 

Keduanya kerap melakukan rapat koordinasi untuk membahas kesiapan kompetisi hingga tim nasional (Timnas) Indonesia. Bahkan sebelum Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI digelar, Menpora Zainudin Amali masih sempat duduk bersama PSSI untuk membahas penyempurnaan Inpres No 3 tahun 2019 yang selama ini sama sekali tidak mencantumkan PSSI di dalamnya. 

Menpora kemudian menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Audtorium Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta, Senin (13/2/2023). Acara ini dihadiri sejumlah tokoh sepak bola termasuk Dirtek PSSI Indrja Sjafri dan Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali menjelaskan kalau Inpres percepatan sepak bola nasional perlu disempurnakan. Sebab, aturan itu lahir ketika situasi federasi dan pemerintah tidak akur.

Akibatnya, alih-alih melimpahkan tugas kepada PSSI, Inpres itu justru menitikberatkan pelaksanaan pada taskforce. Menurut Amali, kehadiran task force dalam Inpres tersebut sama saja menghilangkan peran PSSI secara perlahan hingga bisa diartikan sebagai bentuk intervensi pemerintah yang berpotensi memicu hadirnya kembali sanksi FIFA kepada Indonesia. "Begitu saya jadi Menteri, saya lihat, saya tidak mau (melanjutkan). Saya bilang kalau task force yang mengurusi sepak bola, berarti pemerintah sudah intervensi,” katanya dia.

5 dari 5 halaman

Kriteria Pengganti Amali

Keputuan Zainudin Amali mundur dari jabatan Menpora membuat publik bertanya-tanya mengenai calon penggantinya. Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes menjelaskan bahwa kemungkinan besar Golkar akan bergerak dalam mengisi kekosongan tersebut.

“Karena Pak Zainudin berasal dari Golkar, kemungkinan besar Golkar akan meng-endorse kader-kader mudanya untuk menggantikan beliau di posisi Menpora,” jelas Arya saat diwawancarai melalui telepon.

Pernyataan Arya tersebut sejalan dengan kriteria ideal yang dibutuhkan Menpora berikutnya menurut pengamat olahraga, Kusnaeni. Sosok yang juga dikenal sebagai komentator sepak bola tersebut menjelaskan bahwa hal yang paling penting dari calon pengganti Zainudin Amali adalah harus dekat dengan kalangan kepemudaan, baik secara usia maupun emosional.

“Paling ideal secara teoritis harus orang yang paham olahraga dan secara usia dekat dengan kalangan kepemudaan. Selain itu juga harus punya jiwa kepemudaan dan secara emosional dekat dengan masalah-masalah kepemudaan,” ujar Kusnaeni.

(Simak juga berita: Kursi Menpora Kosong, Berikut Nama-Nama Potensial yang Akan Menggantikan Zainudin Amali)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.