Sukses

Hasil Pemilihan Ulang Waketum PSSI: Ratu Tisha dan Yunus Nusi Dapat Suara Terbanyak, Menpora Zainudin Amali Tersingkir

Ratu Tisha Destria dan Yunus Nusi mendapat suara terbanyak pada pemilihan ulang Wakil Ketua Umum pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Tisha Destria dan Yunus Nusi mendapat suara terbanyak pada pemilihan ulang Wakil Ketua Umum pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Sebelumnya Zainudin Amali dan Yunus Nusi terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Zainudin Amali, yang juga menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, mengantungi 66 suara. Yunus Nusi membuntuti dengan 63 suara. Keduanya unggul atas Ratu Tisha yang mendapat 41 suara.

Namun, terjadi protes dari peserta kongres. yang dipicu tidak dibacakannya suara dari kandidat lain. 

"Banyak yang menulis nama Tisha, hilang. Ada yang menulis nama Syauqi (Ahmad Syauqi Soeratno) hilang. Ada yang nulis nama Riyadh (Ahmad Riyadh) hilang. Diduga nama-nama untuk Tisha itu dihilangkan ke tempat lain," kata Togar Manahan Nero, voters yang menjabat Direktur Keuangan Persiba Balikpapan.

"Penyelesaian setelah ribut Pak Ibul (Mochammad Iriawan) mengusulkan supaya hitung ulang. Tapi apakah teman-teman bisa terima atau buktikan dulu kertas yang lama."

"Kok bisa nama yang ditusuk tidak disebutkan, tidak dihitung. Teman-teman minta kertas dibuka. Tapi teman-teman juga bijak, ya sudah atas usul Pak Ibul, supaya demi selamat kongres, kami ikutin saran Pak Ibul."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Pemilihan Ulang

Berdasar pemilihan ulang, Ratu Tisha mendapat suara terbanyak yakni 54. Dia unggul satu poin atas Yunus Nusi. Sedangkan Zainudin Amali mengantongi 44 suara.

Seperti diketahui, KLB PSSI mengusung tiga agenda pemilihan. Selain dua wakil ketua umum, para voters juga memilih 1 ketua umum periode 2022-2027 dan 12 anggota komite eksekutif (Exco). 

Sebelum kisruh terkait pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI, Erick Thohir terpilih berhasil sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, menggantikan posisi Mochamad Iriawan.

Erick berhak menduduki kursi tertinggi federasi Tanah Air setelah mengantongi 64 suara dari voters. Ia unggul atas kandidat kuat lainnya, La Nyalla Mattalitti yang hanya mengemas 22 suara. Dengan ini Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN, resmi jadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. 

KLB PSSI 2023 diikuti oleh 87 pemilik suara PSSI. Namun satu suara abstain, dan satu lagi yakni PSMS Medan tidak bisa memberikan suaranya karena masalah dualisme kepengurusan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.