Sukses

Profil Timnas Uzbekistan: Ancaman Nyata Indonesia di Piala Asia U-20 2023

Di kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan menyapu bersih semua pertandingan dan sangat produktif dalam urusan mencetak gol.

Liputan6.com, Jakarta Piala Asia U-20 2023 tak lama lagi akan digelar. Timnas Indonesia termasuk salah satu tim yang akan mengikuti turnamen yang berlangsung di Tashkent (Milliy Stadium, JAR Stadium, Lokomotiv Stadium) dan Fergana (Istiqlol Stadium), Uzbekistan, 1-18 Maret 2023.

Timnas Indonesia berada di Pot 2 pada undian fase grup. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan masuk Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Di fase ini Timnas Indonesia harus mewaspadai tuan rumah Uzbekistan, meskipun dua tim lainnya juga dinilai bisa merepotkan anak asuh Shin Tae-yong.

Sebagai catatan, saat mengikuti kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini, Uzbekistan menyapu bersih semua pertandingan dan sangat produktif dalam urusan mencetak gol.

Timnas Uzbekistan menang telak atas Maladewa 7-0, kemudian mengalahkan Myanmar 3-0. Setelah itu mereka juga menang atas tim kuat Arab Saudi, dan China juga 2-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Produktif

Dari empat kemenangan tersebut Uzbekistan memasukkan 14 gol dan hanya kebobolan 2 gol. Data ini sudah menunjukkan Uzbekistan bakal menjadi ancaman nyata bagi Indonesia.

Uzbekistan, adalah tim yang dalam empat Piala Asia U-20 terakhir selalu menembus delapan dan empat besar. Meski lolos dengan status tuan rumah, mereka tak bisa diremehkan begitu saja.

3 dari 5 halaman

Tembus 4 Besar

Dalam delapan kali partisipasinya, Uzbekistan memang pernah menembus babak semifinal. Pencapaian terendah tim ini di ajang ini adalah menempati babak perempat final.

Tak hanya di kancah Asia, Uzbekistan U-20 juga punya sejarah apik di ajang Piala Dunia U-20, usai empat kali berpartisipasi di ajang tersebut.

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain Uzbekistan U-20

Kiper:

Asror Kenzhaev

Maksim Murkayev

Bayram Nadzhafaliev

Bek:

Sunnatilla Poyonov

Abror Karimov

Doniyor Valiyev

Aleksandr Zevadinov

Maksudkhodzha Alokhodzhaev

Javokhir Utamurodov

Tokhirbek Tukhtasinov

Mirkamol Abdurazzokov

5 dari 5 halaman

Gelandang

Mukhammadali Usmonov

Rustambek Fomin

Shohzhakhon Khayrullaev

Nodir Soyibov

Rian Islamov

Shakhzod Rahmatullaev

Asad Beglarkhonov

Islom Kenzhaboev

Penyerang:

Asad Joraboev

Akmal Kozimov

Akbar Oktamov

Makhmud Jorabaev

Pelatih: Farhod Nishonov

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.