Sukses

Erik Ten Hag Buktikan Bahwa Ronaldo Tak Penting untuk MU

Liputan6.com, Manchester - Legenda Manchester United Roy Keane memberikan pujian pada Erik Ten Hag. Dia menyebut, Ten Hag berhasil membuktikan bahwa MU tidak membutuhkan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo meninggalkan Old Trafford untuk yang kedua kalinya pada November 2022. Megabintang Portugal itu sepakat mengakhiri kontrak dengan MU lantaran wawancara kontroversial dengan Piers Morgan.

Pada awalnya, Man Utd diprediksi kesulitan setelah ditinggal Ronaldo. Bukan tanpa alasan, pemain 37 tahun itu merupakan top scorer musim lalu. Dia mencetak 24 gol untuk MU di semua ajang.

Kini, sudah 12 pertandingan dilalui Setan Merah sejak kepergian Ronaldo. Hasilnya, MU menang 10 kali, imbang sekali, dan sekali menelan kekalahan.

Bahkan, MU berpeluang untuk mendapatkan trofi pertama sejak 2017 lalu usai memastikan tempat di babak final Piala Liga Inggris. Marcus Rashford cs akan menghadapi Newcastle United di Wembley untuk berebut trofi pada 26 Februari 2023.

Bukti inilah yang dikatakan Keane, bahwa Ten Hag telah menunjukkan Setan Merah tidak menyesal melepas Ronaldo.

"Seluruh situasi Ronaldo waktu itu, ia jelas tidak akan mau duduk di bangku cadangan dan senang dengan situasi itu. Situasi tersebut sekarang sudah ditangani oleh manajer dan tidak lagi menggantung klub." kata Keane, dilansir Mirror.

"Pasti ada energi baru di sekitar klub, manajer baru telah menurunkan beberapa pemain setelah awal musim yang buruk, dan momentum dan faktor perasaan baik itu kembali ke klub." sambungnya.

Keane juga menilai, Ronaldo yang tak suka bermain dari bangku cadangan, tidak memberikan dampak positif bagi tim. Justru, saat Ronaldo dimainkan, tim malah bermain lebih buruk.

"Mereka yang merupakan bukan pemain starter, masuk dari bangku cadangan dan saat mereka masuk ke lapangan, mereka tak memberikan apa-apa karena mereka berpikir bahwa mereka seharusnya bermain sejak awal," ucap Keane.

"Para pemain pengganti itu dan para pemain cadangan harus masuk dan siap, sebagai pemain cadangan musim lalu, anda hanya merasa mereka penghisap energi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Susun Pemain yang akan Dijual

Setelah melepas Ronaldo, Ten Hag dikabarkan udah menyusun daftar personel untuk dijual pada bursa transfer musim panas mendatang.

Ten Hag mengidentifikasikan penyerang sebagai target utama di pasar pemain mendatang. Cristiano Ronaldo sudah dilepas dengan Anthony Martial kerap menghilang akibat cedera. Sementara Wout Weghorst berstatus solusi jangka pendek.

Selain striker, Ten Hag juga memburu gelandang muda. Dia merasa perlu melakukan regenerasi usai merekrut dua pemain senior musim panas lalu: Casemiro dan Christian Eriksen.

Mengantisipasi tingginya harga sang buruan, Ten Hag sadar harus menyiapkan dana cadangan agar neraca keuangan MU tidak berantakan. Uang itu bisa didapat dengan melepas sejumlah penggawa yang tidak lagi dibuuhkan.

Maka sejumlah penggawa mesti dilepas. Manchester Evening News melaporkan, salah satu nama yang dipertimbangkan Ten Hag adalah Harry Maguire.

3 dari 4 halaman

Gelandang Terancam

Sejumlah nama lain juga berpotensi dilepas Ten Hag karena banyaknya opsi. Setelah memiliki Casemiro, Eriksen, plus diperpanjangnya kontrak Fred, posisi Scott McTominay semakin terancam.

Masih berusia 26 tahun dan berstatus pemain tim nasional, dia bakal menarik minat sejumlah klub Liga Inggris.

Kehadiran Antony, melesatnya Facundo Pellistri, serta prospek cerah Amad Traore membuat posisi Anthony Elanga dan bahkan Jadon Sancho terancam. Elanga dan Sancho harus menggunakan empat bulan terakhir untuk meyakinkan Ten Hag jika mau dipertahankan di Old Trafford.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.