Sukses

Setelah Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Diklaim Bakal Gabung dengan Sesama Klub Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Kontrak Asnawi Mangkualam dengan Ansan Greeners bakal segera berakhir. Sekadar informasi, kesepakatannya dengan pihak Green Wolves memang hanya berlangsung hingga pengujung tahun ini.

Rumor menyebut Asnawi masih akan melanjutkan kariernya di Korea Selatan meski memilih untuk berpisah dengan Ansan. Nama Jeonnam Dragons pun santer digadang-gadang sebagai calon pelabuhan baru bagi pemain kelahiran Makassar itu.

Dilansir dari media Korea, Chosun, seorang pejabat yang dekat dengan lingkungan bursa transfer K-League mengeklaim Asnawi sudah mengonfirmasi kepindahannya ke Jeonnam. Pemain timnas Indonesia itu diklaim siap hijrah ke Changwon usai menjalani tes medis.

"Asnawi telah mengonfirmasi kepindahan dirinya ke Jeonnam. Setelah tes medis, ia akan bergabung dengan tim Jeonnam di Changwon, (yang menjadi) tempat mereka berlatih," tutur narasumber yang tak disebutkan namanya.

Ketertarikan Jeonnam Dragons terhadap Asnawi bukan tanpa alasan. Menurut Chosun, pesepak bola berusia 23 tahun dianggap mampu memperkuat sayap kanan yang hingga kini masih menjadi pusat perhatian klub asal Gwangyang.

Perekrutan Asnawi pun dipandang sebagai langkah bagus untuk mendongkrak performa tim yang pernah menjadi runner up Liga Korea 1997 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karier Asnawi

Sekadar informasi, Asnawi Mangkualam pertama kali bergabung dengan Ansan Greeners pada awal Februari 2021. Transfermarkt mencatat kontrak pemain kelahiran 1999 ini bakal habis pada pengujung 2023.

Usut punya usut, Asnawi bergabung dengan klub asal Korea Selatan berkat rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Penampilannya bersama Skuad Garuda memang tak bisa dianggap enteng.

Hijrah ke negeri ginseng, Asnawi sanggup memberi kontribusi cukup signifikan bagi Ansan. Chosun mengklaim, di musim pertamanya, pesepak bola Tanah Air sanggup menyumbangkan satu assist dari 14 pertandingan untuk Green Wolves.

Performa Asnawi menjadi kian solid di musim kedua. Eks pemain PSM Makassar tampil dalam 26 pertandingan, dengan membukukan dua gol serta dua assist bersama Ansan. Hasil ini mengantar Green Wolves finis di peringkat 9 klasemen K League 2 musim lalu.

3 dari 3 halaman

Ambisi Jeonnam

Situasi berbeda dialami Jeonnam Dragons. Mereka menorehkan catatan yang tak bagus-bagus amat dalam kompetisi 2022. Jeonnam menjadi juru kunci K League 2 setelah hanya mampu menorehkan 35 poin dari 40 pertandingan.

Dilansir dari Chosun, pelatih Lee Jang-kwan bertekad melakukan perubahan pada pola permainan skuadnya. Jeonnam ingin dibawanya beralih ke sepak bola yang lebih agresif.

Asnawi pun dipandang cocok untuk menjadi batu loncatan demi mewujudkan ambisi Jeonnam. Pemain Timnas Indonesia ditargetkan untuk memperkuat sayap kanan, yang hingga kini belum memiliki opsi mumpuni di samping Kim Soo-beom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.