Sukses

Hasil Final Piala AFF 2022: Gasak Vietnam, Thailand Pertahankan Mahkota Juara

Thailand mempertegas status sebajai raja Asia Tenggara dengan menjuarai Piala AFF 2022. Gajah Perang merebut gelar usai menaklukkan Vietnam di final.

Liputan6.com, Jakarta - Thailand mempertegas status sebajai raja Asia Tenggara dengan menjuarai Piala AFF 2022. Gajah Perang merebut gelar usai menaklukkan Vietnam di final.

Kedua tim bermain imbang 2-2 pada pertemuan pertama di Stadion My Dinh, Jumat (13/1/2023). Nguyen Tien Linh membawa tuan rumah unggul. Namun, Thailand memutar skor melalui Poramet Arjvirai dan Sarach Yooyen. Vietnam kemudian menghindari kekalahan berkat gol telat Vu Van Thanh.

Di atas angin pada pertandingan kedua di Stadion Thammasat, Senin (16/1/2023), Thailand kembali menunjukkan superioritasnya. Kapten Theerathon Bunmathan membawa tuan rumah unggul di menit ke-24.

Gajah Perang kemudian memiliki sejumlah peluang untuk mempertegas keunggulan, meski tidak ada yang berbuah gol. Tuan rumah juga kehilangan Pheeradon Chamratsamee yang mendapat kartu merah pada injury time.

Sementara Vietnam gagal menghasilkan dua gol yang dibutuhkan demi memutar kedudukan. Thailand pun mengamankan gelar lewat keunggulan agregat 3-2.

Ini adalah gelar ketujuh Thailand di Piala AFF, terbanyak di antara negara lain. Mereka sebelumnya berjaya pada 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, dan 2020. Pesaing terdekat adalah Singapura yang mengoleksi empat titel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Thailand (3-5-2): Kampol Pathomakkakul; Suphanan Bureerat, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Weerathep Pomphan, Sasalak Haiprakhon; Teerathon Bunmathan, Pheeradon Chamratsamee, Sarach Yooyen; Poramet Arjvirai, Adisak Kraisorn

Vietnam (3-5-2): Dang Van Lam; Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Vu Van Thanh; Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh, Do Hung Dung; Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.