Sukses

Hasil Final Piala AFF 2022: Gawang Dang Van Lam Akhirnya Jebol, Thailand Tahan Imbang Vietnam

Gawang Vietnam yang dikawal Dang Van Lam akhirnya jebol. Tak tanggung-tanggung Thailand mencetak dua gol di leg pertama final Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta Keperkasaan kiper Vietnam Dang Van Lam akhirnya runtuh di leg pertama final Piala AFF 2022. Vietnam dipaksa bermain imbang 2-2 oleh tamunya Thailand di Stadion My Dinh pada Jumat (13/1/2023) malam WIB.

Hasil imbang ini jelas menguntungkan Thailand. Mereka akan ganti menjamu Vietnam pada leg kedua yang berlangsung 16 Januari 2022. Thailand punya modal dua gol di kandang Vietnam.

Thailand bahkan hampir menang di laga ini meski tak diperkuat mesin gol Teerasil Dangda. Pelatih Mano Polking membuat kejutan besar di laga ini Selain Dangda yang tak bugar, Thailand juga mencadangkan Bordin Phala dan Ekanit Panya.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Vietnam hampir unggul cepat pada menit sembilan. Namun sepakan Pham Tuan Hai masih melebar dari gawang Thailand.

Thailand balas mengancam pada menit 13. Adisak Kraison yang menggantikan Dangda nyaris membuka keunggulan bila saja sepakannya dari dalam kotak penalti tidak ditepis Dang Van Lam.

Vietnam akhirnya unggul lebih dulu di menit 24. Umpan silang manis Que Ngoc Hai diselesaikan Nguyen Tien Linh dengan sundulan terbang setelah lolos dari kawalan Kritsada Kaman.

Tertinggal satu gol Thailand berusaha mati-matian mengejar. Dua peluang emas didapat di akhir babak pertama.

Yang pertama melalui sepekan jarak jauh Peeradon Chamrasamee yang bisa ditepis Dang Van Lam. Kemudian tendangan bebas Theeratorn Bunmathan masih membentur tiang gawang. Skor 1-0 bertahan sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Thailand tancap gas di babak kedua. Tiga menit usai jeda, Thailand bisa menyamakan skor. Umpan terobosan jarak jauh Bunmathan dengan dingin diselesaikan Poramet Arjvirai. Pemain nomor punggung 21 itu mengecoh satu bek Vietnam sebelum melepaskan tendangan keras ke gawang Dang van Lam.

Ini menjadi gol pertama yang bersarang ke gawang Dang van Lam. Pemain keturunan Rusia itu tak pernah kemasukkan di enam laga Piala AFF 2022.

Thailand pun makin percaya diri. Hasilnya di menit 63 Thailand berbalik unggul. Kembali umpan terobosan Bunmathan menghadirkan petaka bagi Vietnam. Kali ini dengan baik diselesaikan gelandang Sarach Yooyen.

3 dari 3 halaman

Drama Detik Akhir

Untuk menambah daya gedor, pelatih Vietnam Park Hang-seo memasukkan Vu Van Thanh. Kehadirannya sangat ampuh. Vietnam akhirnya bisa menyamakan skor di menit 88. Vu Van Thanh menjebol gawang Thailand lewat tendangan jarak jauh.

Asyik menyerang, Vietnam hampir kecolongan di detik akhir lewat serangan balik cepat. Beruntung Dang Van Lam dengan gemilang bisa menepis tembakan Ekanit Panya. Skor 2-2 menutup pertandingan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.