Sukses

Cristiano Ronaldo Bakal Main Lawan Lionel Messi dan PSG Tanpa Jersey Al Nassr, Kok Bisa?

Cristiano Ronaldo dijadwalkan bakal melakoni debut dengan Al Nassr tapi tak memakai jerseynya saat menghadapi laga eksebisi melawan PSG di Riyadh.

Liputan6.com, Riyadh- Cristiano Ronaldo mungkin akan memulai debut di Arab Saudi saat uji coba lawan Paris Saint-Germain (PSG) digelar pada 19 Januari. Meski begitu, pelatih Al Nassr Rudi Garcia menyebut Ronaldo tak akan memakai jersey Al Nassr, lah kok bisa?

Ronaldo belum melakukan debut dengan Al Nassr di dua pertandingan sebelumnya. Seperti dilansir espn, ini konon karena adanya sanksi larangan bermain dari FA usai pelanggaran Cristiano Ronaldo yang membanting telepon genggam seorang fans cilik saat MU lawan Everton di April 2022.

Rudi Garcia juga mengkonfirmasi kalau Ronaldo akan absen di pertandingan melawan Al Shabab. Ronaldo baru bisa tampil di debut saat melawan Ettifaq pada 22 Januari.

Ronaldo bisa tampil lebih cepat tapi tidak dengan seragam Al Nassr. Soalnya duel melawan PSG di Riyad pada 19 Januari merupakan gabungan pemain bintang Al Nassr dan Al Hilal.

"Debutnya tak akan menggunakan jersey Al Nassr. Ini pertandingan yang memainkan gabungan pemain Al Hilal dan Al Nassr," kata Garcia.

"Sebagai pelatih, saya sebenarnya tak gembira dengan laga uji coba ini. Untuk perkembangan, melihat kehebatan PSG dengan pemain bintang mereka, tentu luar biasa. Tapi kami juga main di Liga 3 hari berikutnya," dia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lebih Tenang

 

Rudi Garcia menyayangkan federasi Arab Saudi menggelar laga uji coba di tengah kompetisi berlangsung. untung, dia lebih tenang karena Al Nassr saat ini pimpin klasemen Arab Saudi Pro League dengan 29 poin.

"Demi jadwal yang baik, duel eksebisi ini harusnya dipikirkan lebih matang. Tapi ini bukan masalah, kami sekarang pimpin klasemen, kami bahagia. Ini liga yang sulit untuk dimenangi tapi kami akan mencobanya," kata Garcia.

Di luar itu, Garcia menilai kehadiran Ronaldo ke Arab Saudi sama seperti langkah yang diambil Pele di masa hidupnya. Saat itu, Pele akhiri karier di Amerika Serikat bersama New York Cosmos.

Ronaldo disebutnya punya misi untuk lebih membuat liga Arab Saudi lebih dilihat dunia. Dampak tercepat bisa dilihat dari bertambahnya jumlah follower Al Nassr sampai 10 juta di instagram sejak kehadiran Ronaldo.

 

3 dari 5 halaman

Temukan Kesenangan

 

Rudi Garcia berharap Ronaldo menemukan kesenangannya kembali saat main di Al Nassr. Dia memahami apa yang sudah dilalui Ronaldo pada dua bulan terakhir bersama MU dan timnas Portugal.

"Di beberapa bulan terakhir, antara MU dan timnas, dan juga dalam hal level pribadi, dia sudah lalui banyak hal berat," kata Garcia.

"Kalau dia menemukan kegembiraan dalam bermain bola lagi, itu bakal jadi target yang bagus untuk diraih."

4 dari 5 halaman

Gaji Selangit

Cristiano Ronaldo telah menyelesaikan kepindahannya ke klub Arab Saudi Al-Nassr pada Jumat, 30 Desember 2022. Superstar asal Portual itu telah resmi diperkenalkan di Mrsool Park, Selasa (3/1/2023) malam WIB.

Ronaldo telah menandatangi kontrak yang akan membuatnya memperkua Al-Nassr hingga Juni 2025. Dalam kontrak tersebut, pemenang Ballon d'Or lima kali ini akan mendapatkan 177 juta pound atau sekitar Rp 3,3 triliun per tahun.

Gaji selangit yang diterima mantan bintang Manchester United itu membuatnya menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Bahkan, jaraknya cukup jauh dengan gaji yang diterima superstar Paris Saint-Germain Lionel Messi dan Neymar.

Messi membawa pulang 107 juta pound per tahun, sementara Neymar menghasilkan sekitar 7,8 juta poin. Jika ditotal gaji mereka mencapai 185,5 juta pound, hanya 8,5 juta pound lebih banyak dari gaji Ronaldo di Arab Saudi.

Untuk memecah gaji yang menggiurkan, eks penyerang Real Madrid tersebut akan mendapatkan 14,75 juta per bulan, 3,4 juta setiap minggu, dan sekitar 485 ribu per hari.

Meski sudah melewati masa jayanya, nilai komersial yang dibawa pesepak bola berusia 37 tahun itu bersama fansnya yang besar sudah mendorongnya ke nilai gaji yang sangat fantastis. Selain itu, dia bakal menjadi superstar sepak bola pertama yang bermain di Liga Pro Saudi dengan memiliki kelebihan tersendiri.

5 dari 5 halaman

Tugas Ronaldo

Tugas pertama Cristiano Ronaldo di luar Eropa adalah mencoba dan membawa Al-Nassr ke Liga Champions. Skuad racikan Rudi Garcia itu kini memimpin klasemen Saudi League dengan 26 poin dari 11 pertandingan.

Al-Nasser unggul satu poin atas Al Shabab yang berada di peringkat kedua. Tapi, Al Shabab memiliki tabungan satu pertandingan.

Menyusul pengumuman kepindahannya ke Timur Tengah, Ronaldo mengungkapkan kegembiraannya untuk bermain di Asia. "Saya senang dengan pengalaman baru di liga yang berbeda dan negara yang berbeda," katanya dalam rilis Al-Nassr.

"Visi yang dimiliki Al Nassr sangat menginspirasi. Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan rekan satu tim saya, dan membantu tim untuk meraih lebih banyak kesuksesan," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.