Sukses

Pele Meninggal Dunia, Ini 5 Rekor Fantastis Sang Legenda yang Belum Tertandingi

Sederet rekor yang pernah dipecahkan oleh Pele si legenda sepak bola dari Brasil.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia sepak bola sedang berkabung. Mantan bintang timnas Brasil,Pele meninggal dunia, Jumat 30 Desember 2022. Bakat dan prestasi gemilang Pele masih tetap tergiang dalam hati. Bagaimana tidak, Pele telah membawa kegembiraan bagi jutaan orang dan membawa sepak bola maju selama beberapa dekade.

Pele adalah contoh ikon sepak bola sejati. Legenda yang selamanya akan terus dihormati. Pemain bernama asli Edson Arantes do Nascimento tersebut sering disebut pesepakbola paket lengkap. Ketika sudah turun di lapangan hijau, Pele hampir tidak menunjukkan kelemahannya. Pele adalah pemain yang kuat, cepat, berani, dan luar biasa dalam menguasai bola. Dirinya mampu melakukan hal-hal spektakuler selama pertandingan. Beberapa di antaranya tidak dapat diulangi oleh pemain mana pun. 

Lantas, ada prestasi-prestasi apa saja yang telah ditorehkan oleh legenda Brasil ini? Yuk, intip sederet rekor yang pernah dipecahkan olehPele berikut ini!

1. Pencetak Hat-Trick Terbanyak

Pele menjadi bintang dengan rekor paling mengesankan dalam hal hat-trick. Dirinya berhasil mencetak 92 hat-trick sepanjang karirnya di dunia sepak bola. Prestasi yang membuatnya lebih unggul dari striker kebanyakan. Salah satu momen hat-trick Pele yang berhasil menjadi sorotan yakni pada pertandingan Piala Dunia 1958 melawan Prancis. Tak hanya itu, hat-trick Pele saat melawan Argentina di Piala Roca 1963 turut membekas dalam catatan fenomenal sepak bola. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pencetak Hat-Trick Piala Dunia Termuda

Bakat luar biasa Pele sudah terbukti sejak remaja. Di usianya yang baru 18 tahun, Pele sudah mampu mencetak hat-trick dalam Piala Dunia 1958. Belum ada remaja lain yang mampu menggeser rekor Pele ini. Dalam laga tersebut Pele berhasil menyumbang kemenangan bagi timnya melawan Prancis.

3 dari 5 halaman

3. Membawa Brasil menjadi Juara Piala Dunia Terbanyak

Pele adalah berlian bagi Brasil. Dirinya mampu membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia sebanyak 3 kali yakni pada tahun 1958, 1962, dan 1970. Ini merupakan pencapaian yang langka. Tak heran, bila Brasil menjadi negara top dalam sejarah kompetisi sepak bola paling bergengsi ini.

4 dari 5 halaman

4. Pencetak Assist Piala Dunia Terbanyak

Pele tidak habis-habisnya mengukir prestasi dalam Piala Dunia. Dirinya memegang rekor assist terbanyak dalam sejarah kompetisi ini. Total Pele telah mencetak 10 assist. Tujuh diantaranya terjadi di Piala Dunia 1970. Setiap momen assist Pele tampak begitu memukau para pecinta sepak bola.

 

5 dari 5 halaman

5. Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak

Pele mempunyai tempat khusus di hati Brasil. Bagaimana tidak, Pele telah mencetak 95 gol dalam 114 pertandingan untuk negara ini. Hal ini menjadikannya sebagai pemain Brasil dengan gol terbanyak sepanjang masa. Ini bukan pencapaian yang bisa dianggap remeh. Mengingat banyak lawan-lawan kuat selama masa Pele.

 

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.