Sukses

Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Ingin SUGBK Dipenuhi Suporter

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengharapkan kehadiran suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 Indonesia vs Kamboja pada Jumat (23/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bakal meladeni Kamboja dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (23/12/2022).

Jelang menghadapi duel tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap harapannya untuk suporter Tanah Air. Ia ingin penggemar Skuad Garuda memadati SUGBK demi memberi dukungan penuh bagi anak-anak asuhnya.

“Saya ingin di GBK semua penuh, bukan hanya beberapa persen saja. Itu harapan saya sendiri,” ujar eks pelatih Korea Selatan dalam konferensi pers jelang pertandingan Indonesia vs Kamboja pada Kamis (22/12/2022) siang WIB.

Sekadar informasi, Polri memang telah memberi izin penyelenggaraan Piala AFF di Tanah Air dengan kehadiran suporter. Kendati demikian, mereka meminta agar PSSI membatasi jumlah penonton maksimal 70 persen dari kapasitas.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sempat menceritakan upayanya mencari restu dari pihak berwenang. Federasi sepak bola Tanah Air diklaim rutin berkomunikasi dengan kepolisian agar diperbolehkan mengundang suporter dalam perhelatan Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong mengaku bersyukur atas upaya yang dilakukan Iwan Bule dan jajarannya. Walau begitu, juru taktik asal Negeri Ginseng ini berharap ada lebih banyak penggemar yang datang menyakasikan laga Timnas Indonesia di SUGBK.

"Memang saya juga bersyukur dan berterima kasih karena suporter sudah diperbolehkan masuk (ke pertandingan Piala AFF 2022), tetapi saya ingin lebih banyak suporter datang agar bisa memberi dukungan penuh kepada tim Garuda," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendongkrak Semangat

Kehadiran suporter memang kerap dipandang sebagai faktor penting dalam pertandingan sepak bola. Sorakan pendukung dari tribun dipandang krusial untuk mendongkrak semangat pemain yang berlaga di lapangan hijau.

Indonesia bakal mengecap keuntungan tersebut dalam laga perdana kontra Kamboja. Skuad Garuda mendapat kesempatan dikelilingi suporter lantaran tampil di kandang sendiri.

Terlepas dari fakta ini, Shin Tae-yong enggan menganggap enteng pertandingan melawan Angkor Warriors. Juru taktik asal Korea Selatan memilih waspada usai menyaksikan calon lawannya tampil menjanjikan saat mengalahkan Filipina di duel pembuka.

"Saat ini Kamboja situasinya sangat baik. Di pertandingan home melawan Filipina, mereka baru saja memetik kemenangan. Performanya pun apik. Sedangkan kita (Indonesia), beberapa bulan terakhir memang tidak bisa bertanding secara resmi," ujarnya pada Kamis (22/12/2022).

3 dari 4 halaman

Keuntungan Indonesia

Tak hanya main kandang, Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto juga mengungkap keuntungan lain yang dimiliki Skuad Garuda jelang laga pembuka Piala AFF 2022.

Menurutnya, tim racikan Shin Tae-yong cukup unggul lantaran sebagian besar pemain yang mentas di Piala AFF 2022 sudah mengantongi pengalaman apik dengan tembus ke babak final turnamen edisi sebelumnya.

"Pemain yang (diturunkan) tahun kemarin masih banyak juga yang tampil di (Piala) AFF sekarang," ujar Fachruddin kepada awak media dalam konferensi pers jelang duel melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (22/12/2022) siang WIB.

"Jadi mungkin hal itu bisa menjadi nilai lebih bagi kita, karena sudah hampir satu tahun kita berkumpul dan hanya ada satu atau dua (pemain) yang berganti," sambung sosok yang dipercaya mengenakan ban kapten Skuad Garuda itu.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Jumat, 23 Desember 2022

Indonesia vs Kamboja

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu: 16.30 WIB

Siaran langsung: RCTI dan RCTI+

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.