Sukses

10 Kandidat Gol Terbaik Piala Dunia 2022: 2 Aksi Spektakuler Richarlison, Lionel Messi Tak Masuk Daftar

Total 172 gol tercipta pada Piala Dunia 2022. Angka ini merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah kompetisi, melampaui edisi Prancis 1998 dan Brasil 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Total 172 gol tercipta pada Piala Dunia 2022. Angka ini merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah kompetisi, melampaui edisi Prancis 1998 dan Brasil 2014.

Dari jumlah tersebut, Richarlison memiliki peluang besar untuk memenangkan penghargaan gol terbaik Piala Dunia 2022. Sebab, pemain Tottenham Hotspur ini mengirim dua aksi.

Yang pertama adalah tendangan salto saat mencatatkan nama untuk kali kedua pada laga Grup G melawan Serbia. Richarlison juga masuk pertimbangan lewat kerja sama tim yang diselesaikannya pada duel 16 besar kontra Korea Selatan.

Ada delapan nama lain yang masuk nominasi gol terbaik Piala Dunia 2022, dengan pemenang diumumkan Jumat (23/12/2022). Salah satunya adalah rekan setim Richarlison di Selecao, Neymar.

Top skor turnamen adalah striker Prancis Kylian Mbappe. Dia menyaksikan salah satu torehannya berada di daftar. Sementara peraih sepatu perak Lionel Messi sama sekali tidak masuk nominasi meski tujuh kali merobek gawang lawan.

Berikut nominasi gol terbaik Piala Dunia Qatar:

1. Salem al-Dawsari (Arab Saudi vs Argentina)

2. Richarlison (Brasil vs Serbia)

3. Cody Gakpo (Belanda vs Ekuador)

4. Enzo Fernandez (Argentina vs Meksiko)

5. Vincent Aboubakar (Serbia vs Kamerun)

6. Luis Chavez (Arab Saudi vs Meksiko)

7. Kylian Mbappe (Prancis vs Polandia)

8. Richarlison (Brasil vs Korea Selatan)

9. Paik Seung-ho (Brasil vs Korea Selatan)

10. Neymar (Kroasia vs Brasil)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Argentina Juara

Argentina berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis 4-2 di final lewat drama adu penalti. Ini adalah gelar ketiga Tim Tango usai sukses 1978 dan 1986.

Kedua tim sebelumnya berbagi skor sama kuat 3-3 sampai 120 menit berakhir. Tim Tango sempat unggul 2-0 sampai menit ke-79 lewat gol penalti Lionel Messi di menit ke-23 dan gol Angel Di Maria pada menit ke-36. Namun keunggulan dua gol itu disamakan oleh Kylian Mbappe pada menit ke-80 dan menit 81.

Di babak extra time Lionel Messi kembali membawa Tim Tango unggul 3-2, namun lagi-lagi Mbappe mencetak hattricknya dan kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Pada babak adu penalti, kiper Argentina, Emiliano Martinez menjadi pahlawan setelah menepis tendangan Kingsley Coman dengan usaha Aurelien Tchouameni melebar. 

3 dari 3 halaman

Belum Pensiun

Messi sebelumnya menyatakan final melawan Prancis adalah penampilan terakhirnya di Piala Dunia. Namun, dia menegaskan belum akan pensiun dari tugas membela negara..

“Tidak, saya tidak akan pensiun dari tim nasional Argentina,” katanya kepada TyC Sports.

“Saya ingin terus bermain sebagai juara Piala Dunia dengan seragam Argentina,” tambah peraih tujuh kali Ballon d'Or itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.