Sukses

GOAT Sesungguhnya, Messi Ungguli Pencapaian Duo Ronaldo, Maradona Hingga Pele

Messi layak dinobatkan sebagai GOAT di sepak bola berkat kelengkapan prestasinya selama berkiprah di lapangan hijau.

Liputan6.com, Jakarta- Perdebatan Greatest of All Time atau GOAT di jagat sepak bola nampaknya harus dihentikan setelah Lionel Messi sukses meraih gelar juara Piala Dunia 2022. Messi layak menyandang status GOAT dengan kelengkapan gelar yang diraihnya.

Sepanjang karier emasnya, Messi tinggal perlu menjuarai Piala Dunia untuk membuatnya komplit. Butuh usaha super keras dari Messi untuk mewujudkan kepingan terakhir ini. Messi sudah ikut Piala Dunia sejak 2006. Percobaan pertamanya di final Piala Dunia gagal pada 2014.

Baru di 2022, Messi akhirnya bisa menjuarai Piala Dunia. Messi membawa Argentina jadi yang terbaik di Qatar usia menang adu penalti melawan Prancis 4-2 di Stadion Lusail pada Minggu 18 Desember 2022 malam WIB.

Trofi Piala Dunia 2022 menyusul sederet gelar bergengsi yang pernah didapat Messi. Mulai gelar juara liga, piala domestik, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, Copa America hingga Finalissima sudah diraih Messi.

Dengan raihan sebanyak ini, Messi mengungguli prestasi para pesepakbola hebat seperti Pele, Diego Maradona, Neymar, Kylian Mbappe, Cristiano Ronaldo, John Cruyff hingga Ronaldo Luiz Nazario de Lima.

Ronaldo, Cruyff dan Neymar belum bisa juara Piala Dunia. Sedangkan Maradona tak pernah membawa Argentina juara Copa Amerika. Ronaldo Luiz tidak pernah merasakan mengangkat trofi Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mbappe

Adapun Mbappe hingga tahun 2022 juga tak bisa merebut Liga Champions. Tapi dengan usia baru 23 tahun dan main di tim bertabur bintang seperti Paris Saint German, tidak lama lagi Mbappe kemungkinan akan mengangkat trofi Si Kuping Besar.

Untuk penghargaan individual, Messi juga terbilang nyaris sempurna. Ballon d'Or sudah tujuh kali. Pemain Terbaik Dunia FIFA juga sudah, hingga Sepatu Emas Eropa. Hanya Sepatu Emas Piala Dunia yang luput. Sebenarnya Messi nyaris mendapatkannya di Qatar.

3 dari 3 halaman

Kurang Sepatu Emas Piala Dunia

Andai Argentina bisa menyelesaikan final dengan 2-0 atas Prancis. Pria 35 tahun itu akan juga mendapatkan Sepatu Emas Piala Dunia 2022 sebagai top skor. Sayangnya Prancis bisa mengejar dimana Mbappe menambah tiga gol.

Pada akhirnya Mbappe yang jadi top skor Piala Dunia 2022 dengan koleksi delapan gol. Messi cuma finis di posisi kedua dengan tujuh gol.

Messi sendiri dinobatkan sebagai pemain terbaik sehingga berhak menerima Golden Ball. Untuk Golden Ball sendiri, Messi sudah pernah mendapatkannya di Piala Dunia 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.