Sukses

Intip Rekor Pertemuan Lionel Messi vs Kylian Mbappe Jelang Final Piala Dunia 2022, Siapa Unggul?

Duel Lionel Messi dan Kylian Mbappe jadi tajuk pada final Piala Dunia 2022. Nasib Argentina dan Prancis bakal ditentukan kinerja sang bintang.

Liputan6.com, Jakarta - Duel Lionel Messi dan Kylian Mbappe jadi tajuk pada final Piala Dunia 2022. Nasib Argentina dan Prancis bakal ditentukan kinerja sang bintang.

Messi dan Mbappe bakal terlibat partai puncak Piala Dunia Qatar di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022). Keduanya sudah menunjukkan peran penting di balik laju masing-masing tim dengan sama-sama menghasilkan lima gol.

Sejarah pertemuan menunjukkan Mbappe berada di atas angin dibanding seniornya. Pasalnya, dia sudah memenangkan dua pertempuran kontra Messi.

Laga pertama hadir di Piala Dunia 2018. Mbappe mengumumkan kehadirannya di pentas tertinggi lewat torehan dua gol ke gawang Argentina pada pertandingan 16 besar. Kontribusinya membantu Prancis berjaya 4-3.

Kedua pemain kembali bersua, kali ini di level klub. Barcelona yang masih diperkuat Messi dipasangkan dengan Paris Saint-Germain (PSG) yang mengandalkan Mbappe pada perdelapan final Liga Champions 2020/2021.

Dalam dua leg, Mbappe mampu menghasilkan empat gol. Ketajaman eks pemain AS Monaco itu berbuah keunggulan agregat 5-2 bagi PSG.

Setelahnya Messi dan Mbappe tidak mungkin berduel lagi di pentas klub. Pasalnya, Messi bergabung dengan Mbappe di Parc des Princes di akhir musim tersebut.

Akankah Messi bisa membalas kekalahan dari Mbappe? Atau justru Mbappe yang memastikan hattrick kemenangan atas sang legenda?

Pecinta sepak bola Tanah Air bisa mendapatkan jawaban dengan menyaksikan final Piala Dunia 2022 melalui SCM Group. Pertandingan disiarkan SCTV, Moji, streaming Vidio, atau layanan televisi satelit Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bintang PSG

Final Piala Dunia 2022 juga menandai perang bintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi melawan Kylian Mbappe. Seperti diketahui, kedua pemain saat ini tengah berkarier dengan Les Parisiens di level klub.

Sudah bukan rahasia kalau Messi dan Mbappe juga sama-sama memahami pola permainan masing-masing. Pasalnya, mereka kerap kali diturunkan sebagai partner untuk mengawal lini depan PSG di kompetisi level domestik dan Eropa.

FIFA World Cup 2022 pun tak ayal menjadi tantangan besar buat kedua pemain. Messi dan Mbappe harus siap melepas embel-embel 'rekanan' untuk sementara waktu, demi mengantar negaranya memetik kejayaan di ajang sepak bola bergengsi dunia.

Laga final kali ini juga bisa menjadi ajang pembuktian dominasi kedua pemain. Messi berpeluang mengukuhkan predikatnya sebagai salah satu pesepak bola terbaik dengan prestasi mentereng jika sanggup mencuri trofi Piala Dunia 2022.

Sebaliknya, Mbappe juga punya kesempatan untuk mengakhiri masa-masa kedigdayaan La Pulga sekaligus menjadi raja baru di kancah sepak bola dunia apabila ia berhasil memepertahankan gelar juara dalam rengkuhan Les Bleus.

Messi dan Mbappe sama-sama memiliki performa yang gemilang sepanjang perhelatan Piala Dunia 2022. Kedua pemain bahkan saat ini terlibat dalam persaingan sengit demi memperebutkan sepatu emas di kompetisi tersebut.

Melansir situs resmi FIFA, Messi dan Mbappe saling berimpitan dalam daftar top skor sementara Piala Dunia Qatar. Keduanya kompak mengemas lima gol dari sejumlah pertandingan yang dilakoni sejak babak penyisihan.

Bedanya, tiga dari lima angka yang disumbangkan La Pulga untuk negaranya bersumber dari titik putih. Sementara itu, bagi penggawa Les Bleus, tidak satu pun gol dalam catatannya didapat dari tendangan penalti.

Bicara soal assist, Messi sedikit lebih unggul ketimbang calon lawannya di babak final. La Pulga tercatat telah memberi kontribusi 3 assist, sementara Mbappe baru mengoleksi 2, termasuk umpan matang yang disodorkan kepada Kolo Muani dalam semifinal melawan Maroko.

Jika merujuk pada sistematika yang tercantum di FIFA.com, Golden Boot akan diserahkan kepada pemain dengan jumlah gol terbanyak. Namun apabila ada dua atau lebih penggawa yang memiliki torehan sama, penghargaan ini selanjutnya ditentukan lewat jumlah assist.

3 dari 4 halaman

Prediksi Pengamat

 

Sejumlah pengamat mulai mengungkap prediksinya jelang duel Messi vs Mbappe di final Piala Dunia 2022, tak terkecuali Rio Ferdinand. Meski kedua pemain sama-sama gemilang, eks penggawa Manchester United itu menilai La Pulga bakal menjadi faktor pembeda.

“Saya pikir keberuntungan akan berpihak pada Lionel Messi. Kita menyaksikan dia mencapai pertandingan ke-1.000 (dalam karier seniornya) di turnamen ini,” tutur Ferdinand kepada BBC One, seperti dilansir dari Metro.

“Ketika ditanya siapa yang terbaik, Maradona atau Messi, orang-orang mengatakan Messi belum pernah meraih trofi Piala Dunia. Ini (FIFA World Cup 2022) bisa jadi momennya,” sambung mantan pesepak bola berusia 44 tahun itu.

“Seperti dongeng, kita tadinya berharap Maroko menang (dalam semifinal kontra Prancis), tapi sekarang kita justru mendapat final dengan dua megabintang dalam diri Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Ini bisa jadi seperti tongkat estafet, siapa yang tahu,” pungkas dia.

4 dari 4 halaman

Antisipasi Pelatih Prancis

Sebelumnya pelatih Prancis Deschamps juga sempat memuji Lionel Messi jelang pertemuan timnya dengan Argentina di final Piala Dunia 2022. Juru taktik berusia 54 tahun itu menilai La Pulga memiliki penampilan gemilang sejak awal perhelatan FIFA World Cup edisi ini.

“Tentu saja dia (Messi) adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Kami akan mencoba melawan pengaruh Messi (di final Piala Dunia 2022). Akan tetapi, Argentina tentu juga akan berupaya menghentikan pengaruh para pemain saya,” tutur Deschamps

“Sekarang dia (Messi) bermain dengan tandemnya, ia mengambil bola dengan berlari dan menunjukkan performa yang bagus,” sambungnya usai memenangkan laga semifinal kontra Maroko, seperti dikutip dari Daily Mail.

Walau begitu, Deschamps tak ingin anak-anak asuhnya tertekan menghadapi Messi dan Argentina. Ia berharap skuad Prancis dapat lebih menikmati momen Piala Dunia 2022 sebelum tampil dalam laga terakhir pada Minggu (18/12/2022) mendatang,

“Dalam empat hari ke depan, kami akan bertanding untuk (memperebutkan) gelar juara dunia. Kami hanya akan menikmatinya sekarang dan bersiap untuk duel terakhir Piala Dunia edisi ini,” tambah Deschamps, menukil laporan Daily Mail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.