Sukses

Belum Ada yang Pernah Melakukannya, Lionel Messi Bidik Sejarah di Final Piala Dunia 2022

Lionel Messi sudah menggoreskan berbagai rekor di Piala Dunia 2022. Kini dia berpotensi menulis sejarah yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi sudah menggoreskan berbagai rekor di Piala Dunia 2022. Kini dia berpotensi menulis sejarah baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Messi mencoba jadi pemain pertama yang mencetak gol di tiap fase babak gugur pada satu edisi Piala Dunia.

Sebelumnya sosok berusia 35 tahun ini merobek gawang Australia (16 besar), Belanda (8 besar), dan Kroasia (semifinal) untuk membawa Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022.

Kala membuat gol melawan Kroasia di Lusail Starium, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB, Messi mengikuti jejak lima nama. Mereka adalah Salvatore Schillaci (1990), Roberto Baggio (1994), Hristo Stoichkov (1994), Davor Suker (1998), dan Wesley Sneijder (2010).

Namun, para pendahulunya itu tidak ada yang bisa menciptakan gol di final. Schillaci (Italia), Stoichkov (Bulgaria), dan Suker (Kroasia) tidak mendapat kesempatan karena negara masing-masing takluk di semifinal.

Sementara Baggio (Italia) dan Sneijder (Belanda) gagal melanjutkan performa. Keduanya bahkan sama-sama bernasib buruk dan menderita kekalahan, dengan Baggio bahkan gagal menunaikan tugas sebagai algojo pada adu penalti.

Messi kini berharap tidak bernasib sama seperti Baggio dan Sneijder sembari memburu rekor unik ini pada laga puncak Piala Dunia Qatar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Lain

Tidak ada yang menduga Messi bakal memiliki peluang menulis sejarah baru ini. Pasalnya, pemain Paris Saint-Germain itu sebelumnya gagal menciptakan gol di babak gugur Piala Dunia. Sebanyak delapan gol yang dihasilkan pada empat edisi sebelumnya hadir di fase grup.

Kini dengan tambahan tiga pada babak gugur turnamen di Qatar, Messi menahbiskan diri sebagai top skor Argentina pada Piala Dunia. Dia menggeser Gabriel Batistuta yang mendulang 10 gol.

Selain itu, Messi juga menyamai legenda Jerman Lothar Matthaus sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia. Keduanya sudah melakoni 25 pertandingan pada turnamen sepak bola termegah tersebut.

Artinya, Messi bakal menyalip Matthaus saat bermain di final 2022 nanti.

Selain itu, Messi juga sudah mencatat rekor lain di Qatar. Dia berperan atas 19 gol di Piala Dunia dengan rincian 11 gol dan delapan assist untuk sejajar degan Miroslav Klose, Gerd Muller, dan Ronaldo Luiz Nazario da Lima.

Rekor fantastis lain yang ditorehkan Messi di laga lawan Kroasia adalah menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang bisa mencetak gol dan assist pada satu pertandingan Piala Dunia sebanyak empat kali. Sebelum melawan Kroasia, Messi melakukannya kala melawan Belanda dan Meksiko di Piala Dunia 2022 dan kala bersua Serbia pada edisi 2006.

 

3 dari 3 halaman

Final Piala Dunia Kedua

Final Piala Dunia 2022 akan menjadi penampilan kedua Messi di laga puncak turnamen itu. Sebelumnya dia pernah merasakan main di final Piala Dunia 2014. Sayangnya ketika itu Argentina gagal juara.

Pada laga pamungkas delapan tahun lalu, Argentina harus mengakui keunggulan Jerman 0-1 lewat gol tunggal Mario Gotze di extra time. Messi dan Angel Di Maria ketika itu bermain di Piala Dunia 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.