Sukses

Kondisi Kesehatan Pele yang Rapuh Jadi Motivasi Brasil Tampil Memukau di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Legenda hidup sepak bola Brasil, Pele tengah terbaring di rumah sakit. Pria yang pernah membawa tim Samba memenangkan 3 gelar Piala Dunia (1958, 1962, dan 1970) tersebut harus mendapat perawatan intensif akibat infeksi saluran pernapasan yang diperparah oleh paparan virus corona COVID-19. 

Meski demikian, Pele tidak ingin melewatkan perjuangan timnas Brasil di Piala Dunia 2022. Sebaliknya, pria 82 tahun itu tetap memberi dukungan keada Tim Samba walau tengah terbaring di rumah sakit. 

"Pada 1958, saya berjalan di jalanan dan berpikir bagaiana memenuhi janjiku kepada ayah," kata Pele melalui kicauan pada akun Twitter-nya jelang pertandingan Brasil melawan Korea Selatan di 18 besar.  

"Saya tahu, kalau hari ini banyak yang juga membuat janji yag sama dan mengincar Piala Dunia pertamanya. Saya akan menonton tv dari rumah sakit dan mendukug kalian. Semoga berhasil."

Seperti dilansir dari Marca, Pele dilarikan ke rumah sakit pada Selasa waktu setempat. Meski demikian, pihak keluarga menyampaikan kalau kondisi pria berusia 82 tahun itu tidak terlalu mengkhawatirkan.

Selain infeksi pernapasan, Pele juga tengah menjalani pengomatan chemotherapy. Rencananya, Pele bakal meninggalkan RS Albert Einstein di Sao Paolo setelah infeksi yang dialaminya bisa ditanggulangi. Meski demikian, pihak keluarga maupun rumah sakit belum bisa memastikan kapan hal itu terjadi. 

Meski tidak menyaksikan langsung pertandingan, dukungan Pele tetap spesial bagi tim Samba. Para pemain pun membalasnya lewat penampilan memukau yang ditunjukkan sepanjang Piala Dunia 2022.

Terbaru, Brasil memenangkan pertandingan atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bentangkan Spanduk

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion 974, Qatara, Selasa (6/12/2022), Brasil tampil memukau dan mengalahkan Korea Selatan 4-1. Empat gol kemenangan Brasil dicetak oleh Vinicius Jr, Neymar Jr, Richalison, dan Lucas Paqueta. Sedangkan gol hiburan Korsel dicetak Paik Seung-ho. 

Kemenangan ini sekaligus mengantar Brasil selangkah lebih maju menuju gelar juara. Di babak perempat final selanjutnya, Brasil akan berhadapan dengan Kroasia pada Jumat (9/12/2022). 

Para pemain Brasil mendedikasikan kemenanga ini untuk Pele. Setelah pertandingan, para pemain Brasil bersama-sama membentangkan spanduk dukungan terhadap pria berusia 82 tahun itu. 

"Pele adalah raja kami dan kami berharap yang terbaik untuknya," ujar bek Brasil, Danilo.  

  

3 dari 4 halaman

Tampil Agresif

Pemain Juventus tersebut juga memuji permainan Brasil saat bertemu Korea Selatan. Menurutnya, Tim Samba tampil sangat luar biasa dan agresif sejak babak pertama. 

"Itu performa yang luar biasa, kami harus jadi agresif, menguasai permainan, dan melanjutkannya dengan positif," kata Danilo kepada RAI Sport. "Kami sangat senang dengan kemenangan ini, tapi sekarang kami harus pulih karena laga berikutnya pasti akan sangat sulit," beber Danilo. 

 

4 dari 4 halaman

Lawan Berikutnya

Langkah Brasil merebut trofi Piala Dunia 2022 selanjutnya bakal diadang oleh Kroasia. Luka Modric dan kawan-kawan berhasil melangkah ke perempat final usai menang dengan susah payah atas Jepang. 

Pada pertandingan yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Kroasia sempat tertinggal lewat gol Daizen Maeda pada menit ke-43. Namun Kroasia berhasil membalasnya lewat Ivan Perisic pada menit ke-55. 

Skor tidak berubah hingga waktu normal usai. Begitu juga dengan babak perpanjagan waktu. Kroasia baru menyegel tiket ke perempat final usai menang adu penalti dengan skor 3-1. Dalam babak tostosan ini, kiper Kroasia, D Livakovic mampu membendung tiga tendangan pemain Jepang. 

Pertandingan Brasil melawan Kroasia akan berlangsung di Education City pada Jumat (9/12/2022). 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS