Sukses

Brasil Hajar Korea Selatan, Neymar Samai Rekor Ronaldo dan Pele di Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta-- Brasil sukses mengamankan tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Tim Samba lolos usai menghajar Korea Selatan 4-1 pada Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Kemenangan atas Korsel menjadi momen bersejarah bagi Neymar.

Di laga melawan Korsel, Neymar turut menyumbang satu gol. Pemain Paris Saint-Germain itu membuat gol kedua Brasil melalui eksekusi penalti. Tiga gol lain pasukan Tite disumbang Vinicius Junior, Richarlison dan Lucas Paqueta.

Gol ke gawang Korsel menjadi torehan pertama Neymar di Piala Dunia 2022. Eks pemain Barcelona itu harus melewatkan dua pertandingan di Qatar karena cedera pada laga pertama Piala Dunia 2022.

Meski baru membuat sebiji gol di Piala Dunia 2022, Neymar sukses masuk buku sejarah Brasil. Gol ke gawang Korsel membuat Neymar kini menyamai pencapaian dua legenda hidup sepak bola Brasil, Ronaldo Luiz Nazario da Lima dan Pele.

Neymar menjadi pemain Brasil ketiga yang mampu membuat gol di tiga edisi Piala Dunia berbeda. Sebelumnya cuma Pele dan Ronaldo yang bisa melakukannya.

Total Neymar sudah membuat tujuh gol dari 12 penampilan di Piala Dunia. Rinciannya Neymar membuat empat gol di Piala Dunia 2014 dan dua gol pada edisi empat tahun kemudian di Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kejar Pele

Ronaldo sendiri total menghasilkan 15 gol dari 19 pertandingan di tiga edisi Piala Dunia. Eks pemain Inter Milan itu mentas di Piala Dunia 1998, 2002 dan 2006.

Pria 30 tahun itu selanjutnya akan berupaya memecahkan rekor abadi milik Pele yang bisa membuat gol di empat Piala Dunia berbeda. Pele total membuat 12 gol dari 14 laga dari Piala Dunia 1958 sampai 1970. 

Untuk semakin mensejajarkan diri dengan Pele dan Ronaldo, Neymar kini harus bisa membawa Brasil juara Piala Dunia 2022. Pele dan Ronaldo sebelumnya pernah minimal sekali membawa tim Samba juara event empat tahunan itu.

3 dari 4 halaman

Silva

Pada laga Brasil kontra Korsel, bukan hanya Neymar pemain yang membuat sejarah. Bek tengah Thiago Silva juga menorehkan tinta emas pada laga yang digelar di Stadion 974 itu.

Pemain yang memperkuat Chelsea itu total sudah main 11 kali untuk Brasil di Piala Dunia. Thiago Silva pun mensejajarkan diri dengan dua legenda hidup Brasil, Cafu dan Carlos Dunga.

4 dari 4 halaman

Lawan Kroasia

Yang lebih spesial, Silva turut membuat assist di laga ini. Dia memberikan umpan matang untuk Richarlison. Silva menjadi pemain tertua yang memberikan assist di Piala Dunia sejak Roger Mila yang berusia 42 tahun dan 39 hari. Silva sendiri berumur 38 tahun dan 74 hari.

Di babak perempat final Piala Dunia 2022, Brasil akan berhadapan dengan Kroasia. Sang lawan lolos ke delapan besar setelah menang adu penalti 3-1 melawan wakil Asia Jepang.

Anda juga dapat mencari tahu jadwal lengkap, hasil, klasemen, dan top skor di Piala Dunia Qatar 2022 dengan melihat berikut...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS