Sukses

Piala Dunia 2022: Statistik Serangan dan Bertahan Seimbang, Swiss Ungggul Tipis dari Serbia

Liputan6.com, Jakarta Swiss sukses mengalahkan Serbia di matchday ketiga Grup G Piala Dunia 2022. Laga di Stadium 974, Sabtu (3/12) dini hari WIB berkesudahan dengan skor 3-2.

Gol-gol kemenangan Timnas Swiss dicatatkan atas nama Xherdan Shaqiri (20'), Breel Embolo (44') dan Remo freuler (48'). Sementara Serbia hanya mampu membalas via gol Aleksandar Mitrovic (26') dan Dusan Vlahovic (35').

Secara statistik, kedua kesebelasan ada di angka yang berimbang. Penguasaan bola, Serbia unggul 45 berbanding 40 persen. Sisanya, bola jalan ada di angka 15 persen. Pun dengan total tembakan, Serbia hanya kalah tipis 12 berbanding 14.

Yang cukup mencolok ada pada upaya tepat sasaran. Swiss berhasil melepaskan 7 tembakan ke gawang berbanding 4 milik Timnas Serbia.

Statistik lainnya adalah soal bertahan. Swiss yang unggul dalam kans mencetak gol juga piawai dalam bertahan.Tercatat, barisan belakang Swiss melakukan 17 sapuan dan 12 intersep. Sementara Serbia mencatatkan 9 berbanding 6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Statistik Serbia vs Swiss

Penguasaan Bola:45 berbanding 40 dengan 15 persen penguasaan bola seimbang

Tembakan: 12:14

Tepat Sasaran:4:7

Total Umpan :465:415

Pelanggaran :18:14

Sepak Pojok :2-0

Kartu Kuning :7:4

Offside:0-0

Peluang Emas:4:7

Blok Bertahan :3-2

Sapuan:9:17

Intersep:6:12

 

3 dari 5 halaman

Jalannya Pertandingan Serbia vs Swiss

Empat gol tercipta di babak pertama antara Serbia dan Swiss. Ini menandakan bahwa pertandingan terbuka sejak menit awal.

Dan benar saja, belum genap laga 10 menit, Swiss sudah melepaskan 2 upaya tembakan ke gawang via Milinkovic-Savic dan Xhaka.

Memasuki menit ke-11, Serbia merespons. Zivkovic yang menyisir dari sisi kiri sukses melepaskan tandangan tapi membentur mistar.

Keran gol dibuka pada menit ke-20. Bola sapuan bek Serbia justru lebih dekat kepada Sow dan oleh pemain yang disebutkan barusan mengirim umpan pada Shaqiri dan menuntaskannya menjadi gol.

Serbia merespons enam menit kemudian. Umpan silang Tadic sukses dikonversi menjadi gol oleh Mitrovic ke sudut gawang Kobel.

Serbia justru berbalik unggul. Tadic, lagi-lagi jadi aktor di balik gol Serbia dengan memberikan umpan terobosan pada Vlahovic yang lansung melepaskan sepakan kaki kiri dan mencetak gol kedua Serbia.

Satu menit jelang turun minum, Swiss menyamakan kedudukan via Embolo. Oleh pemain yang disebutkan belakangan mendapat umpan mendatar dari Widmer.

Skor 2-2 menjadi hasil di babak pertama.

Balik dari ruang ganti, Swiss mendapat peluang untuk berbalik unggul. Baru laga berjalan 3 menit, Freuler mencetak gol ketiga buat Swiss.

Setelah gol tersebut, Serbia coba mengejar ketertinggalan. Sial buat mereka, Swiss yang tak mau kedudukan imbang mencoba untuk menerapkan strategi menunggu sembari memanfaatkan serangan balik untuk menyerang.

Pada menit ke-65, Serbia mendapat pelanggaran di kotak penalti Swiss. Namun, keputusan wasit berkata lain, Serbia gagal menyamakan angka via titik putih.

Setelahnya, kedua kesebelasan coba menambah angka. Namun, hingga laga rampung, tak ada gol tambahan di laga Serbia vs Swiss. Skor akhir 3-2 dan membuat Swiss lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Susunan Pemain Serbia vs Swiss

Serbia XI (3-4-1-2): Vanja Milinkovic-Savic; Strahinja Pavlovic; Milos Veljkovic (Nemanja Gudelj 55'), Nikola Milenkovic; Filip Kostic, Sergej Milinkovic-Savic (nemanja Maksimovic 68'), Sasa Lukic, Andrija Zivkovic (Nemanja Rodonjic 78'); Dusan Tadic (Filip Djuricic 78'); Dusan Vlahovic (Luca Jovic 55'), Alekasandar Mitrovic

Pelatih: Dragan Stojkovic (Serbia)

Swiss XI (4-2-3-1): Gregor Kobel; Ricardo Rodriguez, Fabian Schar, Manuel Akanji, Silvan Widmer; Granit Xhaka, Remo Freuler; Rubern Vargas, Xherdan Shaqiri Denis Zakaria 69'), Djibril Sow (Edmilson Fernandes 68'); Breel Embolo

Pelatih: Murat Yakin (Swiss)

 

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup G Piala Dunia 2022

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS