Sukses

Menpora, PSSI dan PT LIB Gelar Rakor, Liga 1 Segera Lanjut Lagi?

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama PSSI, PT LIB, perwakilan klub, Polri dan beberapa kementerian terkait di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (28/11/2022). Sinyal Liga 1 bisa segera bergulir mulai terlihat.

Usai rakor, Menpora menyatakan Liga 1 membutuhkan keselarasan soal keamanan dan keselamatan di stadion sebelum dapat dilanjutkan kembali.

"Oleh karena itu, Polri membutuhkan satu kali lagi rapat koordinasi khusus untuk pengamanan tersebut," ujar Menpora.

Keselarasan itu penting lantaran polisi baru mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Regulasi tersebut ditetapkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada 28 Oktober 2022 dan diundangkan pada 4 November 2022.

Dengan adanya peraturan itu, Polri merasa harus mendetailkan lebih lanjut tentang pengamanan Liga 1 Indonesia 2022-2023 dengan PSSI, operator kompetisi PT LIB dan kementerian terkait pasca terjadinya peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 135 orang dan melukai ratusan lainnya.

"Masih ada satu tahapan lagi Polri akan mengundang PT LIB dan PSSI untuk merumuskan terakhir seperti apa. Dari situ Polri akan memutuskan apakah kompetisi ini boleh dilanjutkan atau tidak," kata Menpora.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

PT LIB

Rencananya rapat koordinasi akan diadakan oleh Polri bersama PSSI dan PT LIB pada Selasa (29/11/2022).

Dirut baru PT LIB Ferry Paulus optimistis izin Liga 1 akan diberikan usai rakor bersama Polri Selasa ini. Pasalnya pihaknya sudah melakukan beberapa tahapan untuk memenuhi persyaratan agar mendapatkan izin dari Polri.

“Kami sudah melakukan beberapa tahapan yang menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan izin dari Kepolisian. Salah satunya adalah kami sudah melakukan beberapa implementasi roll play, kemudian juga implementasi tentang Peraturan Kepolisian, kemudian implementasi Peraturan Kementerian Kesehatan begitupun juga dengan PUPR,” kata Ferry Paulus.

“Satu tahapan lagi dari hasil rapat hari ini bahwa besok siang kami diundang bersama dengan beberapa Panpel untuk melakukan finalisasi itu, agar segala sesuatunya itu clear dan tidak lagi mengalami hambatan di dalam proses-proses selanjutnya,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Bubble

LIB mengajukan 2 Desember 2022 sebagai tanggal berlangsungnya kembali Liga 1 Indonesia 2022-2023 dengan sistem gelembung (bubble) digelar sampai putaran pertama (hingga pekan ke-17) habis. Setelah itu, Liga 1 diagendakan kembali ke format normal kandang-tandang.

Untuk penonton, LIB belum dapat memastikan sebab semuanya juga masih bergantung hasil pertemuan dengan Polri.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS