Sukses

Piala Dunia 2022: Son Heung-min Optimistis Harry Kane Bakal Pertahankan Gelar Sepatu Emas

Pemain Timnas Korea Selatan Son Heung-min optimistis rekannya di Tottenham Hotspur, Harry Kane, bisa mempertahankan gelar sepatu emas dalam Piala Dunia Qatar 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Bintang Korea Selatan Son Heung-min optimistis rekannya di Tottenham Hotspur, Harry Kane, bakal menjadi pemain pertama yang mampu mempertahankan gelar sepatu emas di Piala Dunia Qatar 2022.

Seperti diketahui, Kane memang pernah mengeklaim penghargaan serupa dalam Piala Dunia 2018. Kapten Timnas Inggris sukses mengoleksi enam gol sekaligus mengantar The Three Lions tembus ke semifinal ajang sepak bola paling bergensi dunia.

Adapun Kane kini kembali dipercaya membela negaranya di Piala Dunia 2022. Pemain berusia 29 tahun itu dipanggil untuk memperkuat skuad asuhan Gareth Southgate dan kerap dipercaya untuk menjadi andalan di lini depan The Three Lions.

Sayangnya, Kane belum mampu mencetak gol dalam laga perdana Inggris kontra Iran di Piala Dunia. Meski timnya menang besar dengan 6–2, tak satu pun angka dalam pertandingan tersebut bersumber dari aksi penggawa Tottenham Hotspur.

Terlepas dari fakta itu, Son Heung-min yakin Harry Kane mampu menciptakan sejarah di Qatar. Kapten Taeguk Warriors menilai sang pemain punya kapabilitas untuk kembali menyabet gelar sepatu emas dalam Piala Dunia edisi ini.

“Jelas, kami adalah teman baik. Saya sudah berbicara dengan dia (Kane) soal situasi saat ini, tetapi saya tidak akan mengungkapkan percapakan itu,” ujarnya, seperti dilansir dari Daily Mail.

“Tentu saja saya berharap dia baik-baik saja. Dia (Kane) harus berada di turnamen. Dia bisa menunjukkan kepada semua orang bahwa dirinya adalah salah satu striker terbaik di dunia.”

“Saya mendoakan yang terbaik untuknya, dan saya berharap dia memenangkan sepatu emas (Piala Dunia 2022),” sambung pesepak bola yang pernah berkarier di Hamburger SV itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Statistik Pemain

Statistik sementara menunjukkan terdapat enam pemain yang saat ini menempati daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2022. Satu di antaranya ialah sesama penggawa Timnas Inggris, Bukayo Saka, yang sukses mengoleksi dua gol.

Adapun Harry Kane dan Son Heung-min kompak tak masuk dalam daftar. Kapten Timnas Korea Selatan buntu sepanjang laga perdananya di Grup H. Ia hanya bisa mengantar Taeguk Warriors bermain imbang tanpa gol dengan Uruguay.

Di sisi lain, Harry Kane punya kontribusi yang cukup signifikan bagi timnya. Ia tercatat mampu terlibat dalam proses penciptaan dua gol, dengan memberi assist di laga melawan Iran.

Capaian itu membuatnya berhak menyandang predikat sebagai salah satu pemain dengan assist terbanyak di Piala Dunia 2022, bersama Bruno Fernandes asal Portugal.

3 dari 4 halaman

Kondisi Harry Kane

Sekadar informasi, kondisi Harry Kane beberapa waktu lalu menimbulkan kecemasan dalam tubuh Timnas Inggris. Pemain Tottenham Hotspur dikhawatirkan mengalami cedera pergelangan kaki usai membantu timnya mengalahkan Iran pada Senin (21/11/2022) lalu.

Kane memang kurang beruntung di laga tersebut. Ia mendapat tekel keras dari Morteza Pouraliganji di awal paruh kedua, yang membuatnya nampak kesakitan. Sang pemain Iran pun diganjar kartu kuning setelahnya.

Kapten The Three Lions masih bisa bertahan dan melanjutkan pertandingan. Ia bahkan terlibat sebagai pemberi assist dalam gol kelima Inggris yang dilesakkan oleh Marcus Rashford pada menit ke-71.

Namun tak lama berselang, Kane ditarik ke luar lapangan. Dia lantas digantikan oleh Callum Wilson ketika pertandingan sudah memasuki menit 76.

4 dari 4 halaman

Hasil Pemeriksaan

Kane pun diharuskan menjalani pemindaian jelang laga kedua di Piala Dunia 2022 melawan Amerika Serikat. Langkah itu dilakukan guna memastikan sejauh mana cedera yang dialami sang kapten.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Kane tidak mengalami cedera serius. Fakta ini jelas menjadi kabar bahagia buat Southgate, mengingat penggawa Tottenham Hotspur masih menjadi amunisi penting dalam skuadnya.

"Harry baik-baik saja. Dia berlatih terpisah dari tim, tetapi siap bertanding pada hari Jumat (Sabtu dini hari WIB)," ujar Southgate beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.