Sukses

Klasemen Grup A Piala Dunia 2022 usai Qatar Ditaklukkan oleh Senegal

Senegal baru saja mengemas kemenangan 3-1 atas Qatar dalam laga keduanya di Piala Dunia 2022, simak posisi mereka di klasemen sementara grup A melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Senegal akhirnya berhasil membayar kekalahan mereka di laga perdana. Pasukan Singa Teranga tampil gemilang kala menghadapi Qatar dalam matchday kedua Grup A Piala Dunia 2022 pada Jumat (25/11/2022) malam WIB.

Skuad asuhan Aliou Cisse berjaya dengan 3–1. Gol kemenangan Senegal dicetak oleh Boulaye Dia (’41), Famara Diedhiou (’48), dan Bamba Dieng (’84). Sementara itu, angka hiburan bagi Qatar bersumber dari aksi Mohammed Muntari pada menit 78.

Seperti diketahui, Singa Teranga gagal tampil dominan saat meladeni perlawanan Belanda di pertandingan pembuka. Mereka harus mengakui keunggulan Oranje usai ditaklukkan dengan skor akhir 0–2 pada Senin (21/11/2022) lalu.

Hasil tak jauh berbeda didapat Qatar sehari sebelumnya. Tim tuan rumah gagal mengimbangi penampilan Ekuador, sehingga harus bungkam dengan dua gol tanpa balas.

Sayangnya, kemenangan atas Qatar tak serta-merta membuat perubahan signifikan dalam posisi Senegal di klasemen sementara Grup A Piala Dunia Qatar 2022. Mereka masih menghuni urutan tiga, meski telah mengemas tiga poin tambahan.

Adapun tim tuan rumah jelas tak bergeser dari statusnya sebagai juru kunci tabel. Anak-anak asuh Felix Sanchez makin dalam terjerembap di dasar klasemen dengan torehan nol poin dari dua pertandingan teranyar.

Dengan catatan ini, Qatar nyaris dipastikan gagal memperoleh peluang untuk lolos ke babak selanjutnya. Fokus kini akan beralih ke dua tim teratas, yakni Belanda dan Ekuador, yang bakal saling bakal saling berhadapan Jumat (25/11/2022) pukul 23.00 WIB.

Simak peta persaingan Grup A di klasemen Piala Dunia 2022 berikut ini.

Pos Negara  Main  Menang  Imbang  Kalah  Gol  Poin 
1 Belanda 1 1 0 0 2-0 3
2  Ekuador  1  1  0  0  2-0  3 
3  Senegal  2  1  0  1  3-3  3 
4  Qatar  2  0  0  2  1-5  0 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan

Senegal memang tampil bersaing sejak menit-menit awal laga melawan Qatar. Mereka terlihat lebih dominan dalam hal penguasaan bola ketimbang lawannya. Singa Teranga nyaris mengancam posisi tim tuan rumah lewat upaya Ismaila Sarr pada ke-4.

Ancaman terus-menerus dikirim ke area pertahanan Qatar setelahnya. Akan tetapi, belum ada yang berbuah gol. Kebuntuan akhirnya baru terpecah pada menit 41.

Boulaye Dia mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan bola yang terlepas dari penguasaan Boualem Khoukhi. Ia dengan cepat melepaskan tembakan ke arah gawang sekaligus mencetak gol perdana bagi timnya.

Skor 1–0 bertahan hingga turun minum. Tambahan waktu tujuh menit yang diberikan wasit rupanya tak cukup untuk membuat Qatar mencetak angka penyeimbang.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tim tuan rumah berupaya bangkit usai jeda. Namun, bukannya menyamakan kedudukan, Qatar justru kembali kebobolan tak lama setelah dimulainya pertandingan babak kedua.

Tendangan sudut Ismail Jakobs pada menit ke-48 sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Famara Diedhiou. Bola yang dikirimnya lewat sundulan menusuk tajam ke sudut atas gawang Qatar, sehingga gagal diantisipasi oleh Barsham.

Pasukan tuan rumah baru bisa membalas di menit ke-78. Berawal dari umpan Ismail Mohamad, Mohammed Muntari yang baru dimasukkan di babak kedua mampu melepaskan sundulan melewati Mendy ke tiang jauh sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2–1.

Senegal ogah tinggal diam. Tak butuh waktu lama bagi Singa Teranga untuk membayar gol seterunya. Bamba Dieng tampil sebagai pencetak gol ketiga bagi timnya usai memanfaatkan assist dari Iliman Ndiaye.

Qatar makin terpuruk. Dengan waktu yang tersisa, sulit bagi mereka untuk menyamai raihan poin Senegal. Skuad asuhan Sanchez mau tak mau harus mengakui keunggulan Singa Teranga. Kedudukan 3–1 untuk keunggulan Senegal tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.