Sukses

Fokus Kepada Portugal di Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo Enggan Terusik Perpisahan dengan MU

Cristiano Ronaldo mencetak gol dalam pertandingan Portugal melawan Ghana di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo enggan berkomentar terlalu banyak tentang perpisahannya dengan Manchester United. Usai laga Portugal Vs Ghana di Piala Dunia 2022, CR7 mengaku telah menutup kisahnya bersama MU.

Ronaldo tampil memukau bersama timnas Portugal di Piala Dunia Qatar 2022. Di laga perdana,  Selecao berhadapan dengan Ghana pada babak penyisihan grup H di Stadion 974, Qatar, Kamis (24/11/2022). 

Pada pertandingan ini, Portugal menang 3-2. Ronaldo menjadi pembuka kemenangan Selecao lewat titik putih penalti pada menit ke-65. Sementara dua gol Portugal lainnya dicetak Joao Felix (78') dan Rafael Leao (80'). Ghana sendiri sempat membalas lewat aksi Andre Ayew (73') dan Osman Bukari (83').

Tidak hanya membantu timnya memenangkan laga. Gol ke gawang Ghana juga menghadirkan rekor baru bagi perjalanan karier kekasih Georgina Rodriguez itu. Saat ini, Ronaldo merupakan satu-satunya pemain di dunia yang mampu mencetak gol di lima Piala Dunia, yakni pada 2006 , 2010, 2014, 2018, dan 2022.

Selain itu, Ronaldo yang sudah berusia 37 tahun juga tercatat sebagai pencetak gol tertua kedua dalam sejarah Piala Dunia. Dia mengalahkan torehan striker Kamerun, Roger Milla di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat. Saat itu, Milla yang pernah merasakan kompetisi sepak bola Indonesia berusia 42 tahun. 

(Simak juga rekor-rekor fantastis Ronaldo usai cetak gol di laga Portugal Vs Ghana pada tautan ini).

Ronaldo sangat antusias menyambut kemenangan ini. Dia bahkan tidak ingin terganggu hal-hal lain di luar Piala Dunia, termasuk soal pemutusan kontrak yang dilakukan Manchester United belum lama ini. 

"Yang paling penting adalah, kami memenangkan pertandingan ini," ujar Ronaldo saat disinggung tentang perpisahannya dengan MU. Sudah seminggu sejak bab ini selesai. Sudah tutup dan sekarang waktunya saya untuk mengawali dengan langkah yang benar. Kami start dan kami menang," bebernya.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berpisah dengan MU

Seperti diketahui, Ronaldo memang sudah resmi berpisah dengan MU. Manajamen Setan Merah mengumumkan keputusan ini hanya dua hari sebelum Portugal melakoni laga perdana di Qatar.

Pemutusan kontrak dilakukan sepekan setelah wawancara kontroversial Ronaldo bersama Piers Morgan muncul ke publik. Meski demoikian, dalam keterangan resminya, manajemen Setan Merah menyatakan kalau kepergian Ronaldo dari Old Trafford diambil berdasarkan kesepakatan bersama.

"Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Manchester United dengan kesepakatan bersama, dengan segera," bunyi pernyataan MU seperti dikutip dari Sky Sports.

"Klub berterima kasih padanya atas kontribusinya yang luar biasa selama dua musim di Old Trafford, mencetak 145 gol dalam 346 laga, dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dia dan keluarganya."

Ronaldo kembali ke MU pada tahun 2021 lalu setelah diboyong dari Juventus. Namun kepulangannya ke Old Trafford tidak berjalan mulus. Di musim pertama, Ronaldo gagal mempersembahkan gelar bagi MU. 

Dia kemudian meminta pindah karena MU tidak lolos ke Liga Champions. Namun upaya mendapatkan klub gagal hingga dia harus bertahan di Old Trafford pada musim ini. Di bawah kendali Erik Ten Hag, Ronaldo semakin terpinggirkan. Dia jarang mendapat kesempatan untuk tampil sebagai starting eleven MU. 

Belakangan, Ronaldo kerap berulah. Dia pernah dihukum denda dan larangan bertanding karena meninggalkan rekan-rekannya sebelum laga usai. Kekesalan manajemen MU akhirnya memuncak saat Ronaldo melakukan wawancara dengan Piers Morgan. Dalam sesi tersebut, Ronaldo secara terang-terangan mengkritik Erik Ten Hag. Dia mengaku tidak pernah menghormati pelatih asal Belanda tersebut. 

3 dari 4 halaman

Fokus ke Piala Dunia 2022

Ronaldo sebelumnya juga sudah berkomentar mengenai perpisahan ini. Dalam keterangannya, Ronaldo tidak menampik kalau keputusan itu diambil berdasarkan kesepakatan bersama dengan manajemen. 

Ronaldo juga tidak lupa berterima kasih kepada MU dan para penggemarnya. "Setelah percakapan dengan Manchester United, kami sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih awal," ujarnya.

"Saya mencintai Manchester United dan saya mencintai para penggemar, itu tidak akan pernah berubah. Namun, rasanya ini waktu yang tepat bagi saya untuk mencari tantangan baru," katanya. 

Saat ini, Ronaldo benar-benar hanya ingin fokus kepada Piala Dunia 2022. Dia ingin mengantar Selecao meraih hasil terbaik pada kejuaraan empat tahunan ini. Maklum, CR7 sangat mendambakan gelar Piala Dunia untuk melengkapi koleksi trofinya bersama Portugal usai merebut Euro dan UEFA Nations League. 

"Saya bisa membantu tim saya dan yang lain tidak berarti sama sekali," ujarnya. 

4 dari 4 halaman

Komentar Silva

Sementara itu, gelandang Manchester City Bernardo Silva menyambut baik kehadiran Ronaldo di timnas Portugal. Menurutnya, apa yang dilakukan pemain berusia 37 tahun itu sangat luar biasa bagi Portugal. 

"Kami senang mengetahui bahwa kami masih bisa mengandalkannya," kata Silva.

"Bukan hanya gol tetapi dia banyak bekerja untuk tim. Apa yang terjadi selanjutnya adalah keputusannya. Itu keputusan siapa pun yang menawarinya kontrak," Silva menambahkan. 

Mengenai pelabuhan baru Ronaldo, Silva enggan mencampurinya. Menurutnya, hal itu tergantung pada apa yang diinginkan oleh Ronaldo. "Saya tidak tahu apa yang dia inginkan untuk hidupnya. Dia harus berbicara dengan keluarganya dan memutuskan sendiri, bukan?" ujar Silva. 

"Saya mendukung apapun keputusannya. Itu keputusannya. Dia rekan setim saya di Portugal – jika dia senang, kami pun senang. Dia baik-baik saja dengan kami. Dia luar biasa," Silva mengakhiri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.