Sukses

Dikalahkan Portugal di Piala Dunia 2022, Pelatih Ghana Jengkel dengan Gol Penalti Cristiano Ronaldo

Pelatih Ghana Otto Addo jengkel dengan keputusan wasit yang memberikan hadiah penalti kepada Portugal dan dieksekusi dengan baik Cristiano Ronaldo pada laga Grup H Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ghana harus mengakui keunggulan Portugal dalam laga pertama Grup H Piala Dunia 2022. Ghana kalah 2-3 di Stadium 974, Doha, Qatar, Kamis (24/11) malam WIB.

Portugal membuka keunggulan melalui tendangan penalti Cristiano Ronaldo pada menit ke-65. Dua gol Selecao das Quinas lainnya dicetak Joao Felix dan Rafael Leao. Sementara Ghana hanya bisa membalas lewat gol Andre Ayew dan Osman Bukari.

Pelatih Ghana Otto Addo marah dengan keputusan wasit Ismail Elfath yang menghadiahkan Portugal penalti. Ia percaya Mohammed Salisu memenangkan bola Ronaldo di kotak penalti.

Addo pun mengecam kinerja Elfath pada laga perdana Ghana di Piala Dunia 2022 Qatar. Saat ditanya apakah Ronaldo diuntungkan dari keputusan itu, dia berkata: "Saya pikir Anda harus bertanya kepada wasit. Saya tak punya bukti tentang itu, tapi kami sedang memainkan bola, lalu ada kontak."

"Saya tidak tahu apa yang mereka lakukan, saya tidak tahu apakah VAR tidak diperhatikan."

"Jika saya melihat momen itu, itu luar biasa. Jika Anda melihat tayangan ulang, kami memainkan bola. Itu sebenarnya pelanggaran terhadap kami," ucap Addo menambahkan seperti dikutip Fot Mob.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Beberapa kesalahan

Terlepas dari gol tendangan penalti Cristiano Ronaldo, pelatih Ghana Otto Addo mengakui skuadnya membuat beberapa kesalahan. "Kami membuat beberapa kesalahan untuk membiarkan gol kedua dan ketiga, membuka garis bagi mereka untuk mengopernya. Itu sedikit kurang beruntung," paparnya.

"Dengan sedikit keberuntungan, kami bisa mendapat satu poin. Wasit tidak memihak kami. Menurut saya, kartu kuning kami memang pantas, tapi bagi saya, memegang kaus juga merupakan kartu kuning. Saya tidak tahu apa salah, tapi dia benar-benar tidak mendukung kita."

"Saya bertanya kepada beberapa orang dari FIFA apakah saya bisa berbicara singkat dengan wasit dengan cara yang tenang dan tenang, tetapi mereka mengatakan dia sedang rapat dan itu tidak mungkin," imbuh Addo.

"Saya pikir mereka memiliki analisis pertandingan, jadi itulah kebenarannya, tapi tentunya Anda bisa memiliki beberapa menit untuk pelatih."

Bek sayap Ghana Tariq Lamptey, yang juga ditanya tentang keputusan tersebut, menjawab: "Saya pikir Anda melihatnya. Anda dapat memberikan pendapat Anda."

 

3 dari 5 halaman

Hal positif

Ghana sekarang mencatat kekalahan dalam pertandingan pembuka mereka pada tiga dai empat partisipasi di Piala Dunia. Namun, bek sayap Ghana Tariq Lamptey yakin ada banyak hal positif yang bisa diambil dari kekalahan melawan Portugal.

"Jelas, saya ingin mendapatkan kemenangan," kata Lamptey. "Mereka memiliki banyak pemain kelas dunia di tim mereka, tetapi kami merasa kami bisa mendapatkan hasil yang pantas kami dapatkan, dan kami sangat dekat untuk mendapatkannya."

"Kami tahu kami bermain bagus, tapi ini sulit karena kami tahu kami bisa mendapatkan sesuatu. Kami akan mengerahkan energi itu ke pertandingan berikutnya dan memberikan yang terbaik," pungkas Lamptey.

4 dari 5 halaman

Jadwal pertandingan Grup H

Senin, 28 November 2022

20:00 WIB, Korea Selatan vs Ghana

Selasa, 29 November 2022

02:00 WIB, Portugal vs Uruguay

Jumat, 2 Desember 2022

22:00 WIB, Korea Selatan vs Portugal

22:00 WIB, Ghana vs Uruguay

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.