Sukses

Jadwal Piala Dunia 2022, Prancis vs Australia Siaran Langsung di SCTV, Moji, dan NEX Parabola

Timnas Prancis memiliki hambatan serius ketika menghadapi Australia pada laga pembuka Grup D Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Prancis memiliki hambatan serius ketika menghadapi Australia pada laga pembuka Grup D Piala Dunia 2022. Hambatan terbesar tentu saja masalah cedera pemain dalam upaya Les Bleus mempertahankan status mereka sebagai juara bertahan.

Prancis menghadapi timnas Australia di Stadion Al Janoub, Rabu (23/11/2022) dini hari pukul 02.00 WIB. Pertandingan yang disiarkan langsung SCTV, Moji, dan dapat pula disaksian melalui siaran streaming Vidio serta pada jaringan televisi satelit NEX Parabola ini tentu saja sangat penting bagi keduanya.

Les Bleus berupaya keras mempertahankan status mereka sebagai juara bertahan, sedangkan Australia bertujuan mengakhiri kesialan mereka tersisih di fase grup selama tiga kesempatan berturut-turut.

Bagi Didier Deschamps selaku pelatih kepala Prancis, dampak negatif yang diraih tim asuhannya jauh lebih besar ketimbang sisi positif usai Les Bleus merengkuh UEFA Nations League 2021.

Skandal di luar lapangan dan masalah cedera yang tak terhitung jumlahnya juga melanda Prancis. Karim Benzema salah satunya menjadi pemain yang bakal absen karena mengalami masalah paha, meski striker Real Madrid itu kembali berlatih penuh bersama Raphael Varane.

Deschamps tidak akan menyebutkan pengganti Benzema, dan dia juga terpaksa menukar Presnel Kimpembe dan Christopher Nkunku dengan Axel Disasi dan Randal Kolo Muani.

Yang jelas, Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Ousmane Dembele diperkirakan akan membentuk kuartet penyerang dengan absennya Benzema. Sementara Ibrahima Konate dan Dayot Upamecano dapat ditempatkan di lini belakang.

Deschamps telah menegaskan bahwa Varane fit untuk menjadi starter, sementara Eduardo Camavinga absen karena rasa tidak nyaman saat menjalani sesi latihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motivasi Les Bleus

Deschamps mengatakan tidak ada kecemasan di kubu timnya di Piala Dunia kali ini, meskipun beberapa pemain kunci ditarik keluar untuk menjalani laga pembuka Grup D.

"Tidak ada kekhawatiran. Kami telah melakukan segala kemungkinan," kata Deschamps. "Tidak ada kecemasan, semua orang tenang dan berkepala dingin."

"Anda pikir saya bisa menjentikkan jari saya dan seseorang dapat berkata, 'Oke, saya akan menjadi pemimpin, saya akan memberikan semangat dan memimpin pasukan menuju kemenangan'? Tidak, itu sesuatu yang datang seiring waktu.”

"Roma tidak dibangun dalam sehari, itu tidak bisa terjadi dalam semalam, tetapi kami memiliki apa yang kami butuhkan. Kami memiliki cukup banyak pemain yang dapat merangsang, membuat orang lain maju, berbicara di ruang ganti, maupun di lapangan,” timpalnya.

“Tapi, ada jenis kepemimpinan lain, ini bukan hanya tentang berbicara. Jika berbicara untuk meniupkan udara panas, maka itu tidak terlalu berharga.”

"Sangat penting bahwa setiap pemain adalah pemimpin di posisi mereka, kemudian kita akan melihat seperti apa mereka di lapangan."

"Saya memiliki 25 pemain di skuad saya. Saya yakin saya memiliki jumlah pemain yang efisien untuk dapat menghadapi tantangan yang kami hadapi," kata Deschamps.

"Sebelum (di turnamen sebelumnya) kami memiliki 22, 23. Sekarang kami berada di angka 25 (pemain). Ada banyak kemungkinan, banyak pemain di bangku cadangan. Karena itu, saya yakin kami memiliki semua yang kami butuhkan."

Prancis bukan satu-satunya yang dikutuk karena cedera, karena striker Australia milik Hibernian, Martin Boyle, telah dirawat karena masalah lutut dan terpaksa mundur dari skuad.

Marco Tilio telah menggantikan pemain berusia 29 tahun itu, dan Arnold memiliki semua anggota skuadnya yang fit dan bersemangat untuk tampil. Bahkan, Ajdin Hrustic dilaporkan telah bekerja seperti biasa baru-baru ini menyusul masalah cederanya. Sementara bek Stoke City, Harry Souttar, juga menegaskan siap tampil di laga pembuka.

Walau begitu, Prancis mendapat rasa hormat yang cukup tinggi sebagai juara bertahan. Mereka memiliki harapan mewujudkan misi menjadi negara ketiga setelah Italia dan Brasil yang merengkuh gelar back-to-back Piala Dunia.

Prancis tentunya tak ingin seperti tiga juara bertahan sebelumnya, Jerman, Spanyol, dan Italia, yang berakhir di babak penyisihan grup. Mereka ingin seperti Brasil yang memenangkan laga pembuka pada Piala Dunia 2006.

3 dari 4 halaman

Semangat Australia yang Layak Diperhitungkan

Perjuangan Panjang Australia

Australia memiliki semangat yang layak diapresiasi, bahkan diperhitungkan jelang pertandingan nanti. Salah satunya laga final play-off melawan Peru, di mana Andrew Redmayne menjadi penentu keberhasilan Socceroos lewat drama adu penalti.

Upaya Redmayne memastikan bahwa Australia akan hadir di putaran final Piala Dunia untuk keempat kalinya, tetapi Socceroos telah mengalami tiga kali tersingkir di babak grup dalam periode itu. Mereka hanya memenangkan satu dari sembilan pertandingan terakhir mereka di turnamen saat menang 2 -1 atas Serbia pada 2010.

Capaian terbaik Australia di pentas Piala Dunia adalah babak 16 besar Piala Dunia 2006. Sejak itu, mereka selalu menjadi partisipan di fase grup walau kerap dominan saat menjalani kualifikasi AFC.

Terlepas dari itu, Prancis dan Australia adalah musuh akrab di Piala Dunia setelah bertemu di babak penyisihan grup empat tahun lalu. Namun, Prancis keluar sebagai pemenang 2-1 berkat berkat penalti Antoine Griezmann dan gol bunuh diri Aziz Behich. Socceroos hanya pernah memenangkan satu dari lima pertandingan mereka.

Head to Head

Prancis memenangkan satu-satunya pertandingan Piala Dunia sebelumnya antara kedua negara di babak penyisihan grup pada 2018.

Satu-satunya kemenangan Australia dalam lima upaya dalam pertandingan ini terjadi di babak penyisihan grup Piala Konfederasi 2001. Prancis, bagaimanapun, pulih untuk melanjutkan dan memenangkan trofi.

Kemenangan 6-0 Prancis dalam pertandingan persahabatan di Parc de Princes pada 2013 adalah kemenangan terbesar mereka melawan Australia. Olivier Giroud mencetak dua gol saat itu.

4 dari 4 halaman

Statistik hingga Prediksi Starter

Statistik

Prancis

- Prancis mengambil bagian dalam Piala Dunia ketujuh berturut-turut

- Mereka gagal mencetak gol di satu-satunya Piala Dunia mereka sebagai juara bertahan pada 2002

- Les Bleus dapat memenangkan pertandingan pembukaan mereka dalam tiga penampilan Piala Dunia berturut-turut untuk pertama kalinya. Dalam dua pertandingan pembuka sebelumnya, mereka mengalahkan Honduras 3-0 pada 2014 dan Australia 2-1 pada 2018

- Namun, juara dunia bertahan telah memenangkan pertandingan pertama mereka hanya dalam tiga dari 12 Piala Dunia terakhir (4 imbang, 5 kalah). Pengecualian adalah Jerman pada 1994 dan Brasil pada 1998 dan 2006

- Prancis hanya memenangkan satu dari enam pertandingan terakhir mereka (2 imbang, 3 kalah), termasuk dua kekalahan dari Denmark.

Australia

- Tak satu pun dari skuad saat ini telah mencetak gol Piala Dunia

- Ini adalah pertandingan pertama Australia melawan lawan Eropa sejak bermain imbang 1-1 melawan Denmark di Piala Dunia 2018

- Australia hanya memenangkan dua dari 16 pertandingan Piala Dunia mereka (4 imbang, 10 kalah), keduanya di babak penyisihan grup - 3-1 melawan Jepang pada 2006 dan 2-1 melawan Serbia pada 2010

- Hasil imbang tanpa gol dengan Chile pada 1974 tetap menjadi satu-satunya clean sheet mereka dalam 16 pertandingan Piala Dunia

- Socceroos telah kehilangan pertandingan pembukaan mereka pada empat dari lima penampilan Piala Dunia mereka

- Australia mencapai babak 16 besar pada 2006, tetapi itu adalah satu-satunya saat mereka lolos ke babak sistem gugur. Mereka kemudian disingkirkan 1-0 oleh Italia menyusul penalti menit ke-95 yang dicetak oleh Francesco Totti.

Kemungkinan line-up

Prancis (4-2-3-1): Lloris; Pavard, Upamecano, Konate, Lucas Hernandez; Tchouameni, Rabiot; Dembele, Griezmann, Mbappe; Giroud

Pelatih: Didier Deschamps

Australia (4-3-3): Ryan; Atkinson, Wright, Rowles, Behich; Hrustic, Mooy, Irvine; Leckie, Duke, Goodwin

Pelatih: Graham Arnold

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini