Sukses

Prediksi Argentina vs Arab Saudi, Menanti Kejutan Green Falcons

Argentina akan menjalani petualangan pertama mereka di Piala Dunia 2022 kontra Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Argentina menjalani Piala Dunia 2022 dengan tujuan menambah kejayaan global mereka setelah merengkuh mahkota Copa America, tetapi pelatih kepala Lionel Scaloni sangat sadar akan tantangan yang menunggu timnya di Qatar - dimulai dengan lawan pertama Arab Saudi.

La Albiceleste mengakhiri penantian selama 28 tahun untuk mendapatkan trofi besar dengan mengalahkan Brasil di final Copa America 2021. Capaian itu menjadikan Argentina tampil di Piala Dunia sebagai juara benua sejak Piala Dunia 1994.

Tidak seperti turnamen itu, di mana mereka tersingkir di tangan Rumania di babak 16 besar, Argentina akan menyukai diri mereka sendiri untuk melaju jauh kali ini. Apalagi, Tim Tango begitu termotivasi karena Lionel Messi, yang memimpin skuad Argentina, bakal menjalani Piala Dunia terakhirnya.

Argentina memulai kampanye Grup C mereka melawan timnas Arab Saudi di Stadion Lusail pada Selasa (22/11/2022), sebelum menghadapi Meksiko dan Polandia, tetapi Scaloni tidak mengharapkan ujian yang mudah melawan tim pertama yang berada di urutan ke-51 dalam peringkat FIFA.

“Kami mengenal Arab Saudi dengan baik,” katanya. “Mereka adalah tim yang sangat bagus, tim yang kuat secara teknis dengan pemain cepat. Mereka akan mempersulit kita,” ujar Scaloni, dikutip Analyst. “Selain itu, ini adalah pertandingan pertama kami di Piala Dunia, yang selalu sulit. Tapi, ini Piala Dunia dan setiap pertandingan itu sulit.”

“Kami tidak memiliki tekanan karena pada akhirnya inilah sepak bola; kita akan memainkan Piala Dunia. Kami sadar apa yang diwakili sepak bola untuk Argentina, tetapi ini adalah olahraga dan itulah mengapa kami harus melangkah ke lapangan dan melakukan hal kami sendiri,” timpal Scaloni.

Argentina adalah salah satu dari tiga tim Amerika Selatan yang telah mengangkat Piala Dunia, bersama Brasil (lima kali) dan Uruguay (dua kali), meskipun mereka belum pernah mengangkat trofi lagi sejak zaman Diego Maradona pada 1986.

Piala Dunia telah memberikan kenangan yang jauh lebih menyakitkan daripada menyenangkan dari sudut pandang Argentina selama tiga dekade terakhir, bahkan ketika memperhitungkan perjalanan mereka ke final delapan tahun lalu. Mereka saat itu kalah dari Jerman.

Jika apa pun selain melaju jauh akan dianggap mengecewakan bagi tim Scaloni, maju dari babak penyisihan grup untuk kedua kalinya akan menjadi tujuan Arab Saudi dalam partisipasi keenam mereka di turnamen ini.

Pasukan Herve Renard membukukan tempat mereka di Qatar dengan 13 kemenangan dan hanya satu kekalahan dalam 18 pertandingan kualifikasi mereka, tersebar di dua babak grup, tetapi keberuntungan undian tidak berpihak pada mereka untuk putaran final.

Renard memiliki pengalaman menentang rintangan setelah membawa Zambia meraih mahkota Piala Afrika pada 2012, sebelum melakukan hal yang sama dengan Pantai Gading pada 2015. Capaian itu membuatnya menjadi orang pertama yang memenangkan turnamen dengan tim yang berbeda.

Ini akan menjadi pengalaman keduanya di Piala Dunia, setelah sebelumnya memimpin Maroko di edisi 2018, Renard memimpikan perjalanan magis lainnya bersama Arab Saudi.

“Kami memiliki serangkaian pertandingan yang sulit, tetapi sebagai pelatih atau pemain Anda bermimpi untuk lolos ke Piala Dunia dan mengadu diri dengan yang terbaik,” katanya.

“Tim terbaik di dunia selalu datang dengan niat untuk memenangkannya, tapi selalu ada kekecewaan. Saat Anda adalah salah satu tim kecil di turnamen, Anda harus mengandalkan hasil yang mengejutkan.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain yang Layak Ditunggu Penampilannya di Stadion Lusail

Pemain yang Layak Ditonton

Argentina: Lionel Messi

Messi telah kembali ke penampilan terbaiknya di musim keduanya bersama Paris Saint-Germain. Penyerang superstar ini telah terlibat langsung dalam 26 gol di semua kompetisi - penghitungan yang hanya bisa ditandingi oleh Erling Haaland dan rekan setimnya di PSG, Neymar, di antara para pemain dari klub bersaing di lima liga top Eropa.

Pemain berusia 35 tahun itu telah menyatakan bahwa dia mengharapkan ini menjadi Piala Dunia terakhirnya dan, setelah mengangkat beban berat dari pundaknya dengan perannya dalam kemenangan Copa America tahun lalu, dia sekarang bertekad untuk menjadi juara dunia bersama negaranya.

Messi gagal mencatatkan gol di babak sistem gugur dalam empat Piala Dunia sebelumnya, dengan total 756 menit tanpa gol di lapangan, tetapi dia telah mencetak enam gol di babak penyisihan grup dan akan mendukung dirinya sendiri untuk menambah jumlah itu di pertandingan pembuka ini.

Arab Saudi: Saleh Al-Shehri

Renard tanpa Fahad Al Muwallad dengan torehan 17 gol karena pemain sayap itu gagal dalam tes doping awal tahun ini, tetapi ada sejumlah opsi lain untuk dipanggil di sepertiga akhir lapangan.

Al-Shehri ada di antara mereka, dan striker Al-Hilal itu akan berusaha membuat tandanya di Qatar setelah mencetak empat tembakan tepat sasaran di kualifikasi putaran ketiga AFC untuk menyelesaikan bersama-sama di puncak daftar pencetak gol.

Namun, dari 11 gol yang dicetak Arab Saudi di final, empat di antaranya berasal dari titik penalti – proporsi yang lebih tinggi daripada tim lain yang berkompetisi di Qatar.

Prediksi Jalannya PertandinganArgentina telah kehilangan tiga dari lima pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia, sebanyak 24 pertandingan sebelumnya (16 menang dan 5 seri), tetapi mereka adalah favorit kuat untuk pertemuan dengan Arab Saudi.

Itu tercermin dalam model prediksi superkomputer kami, yang memberi Argentina peluang 80,2% untuk menang, dibandingkan dengan hanya 6,9% untuk Arab Saudi. Anggapan itu cukup masuk akal, apalagi Argentina sempat mengalahkan Uni Emirat Arab, 5-0, pada 16 November 2022.

Hasil imbang diperkirakan akan terjadi dengan kemungkinan 12,9% saat pasukan Renard berusaha keras untuk mendapatkan hasil kejutan.

3 dari 4 halaman

Statistik Memihak Argentina, tapi Arab Saudi Punya Rencana

Statistik Head-To-Head Argentina vs Arab Saudi

Argentina dan Arab Saudi telah bentrok empat kali di masa lalu, di mana Argentina belum terkalahkan di semua laga. La Albiceleste bahkan meraih kemenangan dua kali.

Pertemuan pertama mereka terjadi pada Juli 1988 di Piala Emas Bicentennial, yang berakhir imbang 2-2, tetapi Albiceleste menang 2-0 di game kedua hanya beberapa hari kemudian.

Pada Oktober 1992, kedua tim bertemu di Piala Konfederasi FIFA di mana tim Amerika Selatan itu menang 3-1.

Butuh 10 tahun lagi sebelum kedua tim bertemu sekali lagi saat Argentina dan Arab Saudi bermain imbang tanpa gol dalam pertandingan persahabatan pada November 2012.

Yang perlu Anda ketahui sebelum pertemuan mereka

Argentina telah memenangkan lima pertandingan terakhir mereka, mencetak 19 gol dan tidak kebobolan.

Messi juga telah mencetak 10 gol dalam empat pertandingan terakhirnya Bersama La Albiceleste, termasuk lima gol melawan Estonia pada Juni 2022.

Sementara Arab Saudi telah memainkan 10 pertandingan persahabatan sejak Juni, hanya menang dua kali. Pertandingan persahabatan terakhir mereka berakhir dengan kekalahan 1-0 melawan Kroasia.

Green Falcons gagal melaju melewati babak grup di masing-masing dari empat penampilan Piala Dunia terakhir mereka.

Rencana Green Falcons

Arab Saudi adalah kisah sukses Asia di babak kualifikasi ketiga. Mereka memuncaki kumpulan yang sulit sambil berhasil mengembangkan generasi berikutnya. Dan, prospek menghadapi Argentina yang dipimpin Lionel Messi, Polandia yang mengandalkan Robert Lewandowski, dan kuda-kuda hitam abadi Meksiko tidak mengurangi keyakinan pelatih kepala Green Falcons, Herve Renard.

“Meskipun kami berada di grup yang sulit, Anda harus berambisi,” katanya kepada Fifa.com. “Pergi ke Piala Dunia tanpa ambisi tidak ada gunanya. Kami harus percaya bahwa kami memiliki peluang dan mendorong diri kami hingga batasnya.”

Renard – pelatih yang sukses di Afrika bersama Zambia dan Pantai Gading, ditambah tugas yang tidak sesuai di Cambridge United pada 2004 – sedikit mengubah taktiknya untuk pertandingan pemanasan baru-baru ini. Dia beralih dari skema 4-2-3-1 yang sudah mapan menjadi 4-3-3. Energi, jika cedera memungkinkan, harus datang dari bek sayap Yasser al-Shahrani dan Sultan al-Ghanam yang luar biasa. Kontrol lini tengah dari ikon Al Hilal, Salman al-Faraj, dan inspirasi dari pemain sayap luar biasa, Salem al-Dawsari. Sementara pesulap Al Nassr, Sami al-Najei, adalah wildcard skuad Green Falcons.

Ada banyak sekali talenta dan keyakinan bahwa pengulangan ke sistem gugur di Piala Dunia 1994. Semua pemain yang disebutkan di atas harus pulih dari cedera – dengan kebugaran Dawsari yang menjadi kekhawatiran khusus – selama kamp pelatihan melintasi perbatasan di Abu Dhabi, menampilkan lima pertandingan persahabatan.

4 dari 4 halaman

Arab Saudi Mengandalkan Pelatih yang Dominan di Afrika

Prestasi Renard

Prestasi mengesankan Renard di Afrika membuatnya menjadi orang yang dipilih untuk membangun ketertiban di jajaran Arab Saudi setelah prestasi rendah Juan Antonio Pizzi di Piala Dunia 2018 dan Piala Asia tahun berikutnya.

Awal yang lambat – dipimpin oleh hasil imbang kualifikasi rollercoaster 2-2 melawan Yaman pada September 2019 – membuka jalan untuk menghukum konsistensi di babak ketiga yang sempurna.

Sisi Renard memuncaki Grup B di depan Jepang dan Australia, sementara pemain muda seperti Abdulelah al-Amri, Abdulelah al-Malki, Firas al-Buraikan dan Najei. Kehadiran orang Prancis itu di pertandingan Roshn Saudi League dan perkembangan tim yang jelas di lapangan membuat negara merasa berada di tangan yang aman.

Pemain bintang

Dawsari “The Tornado” diperkirakan akan meninggalkan jejak kehancuran di Grup C jika dia pulih dari operasi usus buntu. Dia telah membangun kemenangan melawan Mesir di Piala Dunia 2018, mencetak gol secara teratur di turnamen global dan kontinental. Ketajaman pemain berusia 31 tahun itu mengilhami mantan rekan setimnya di Al Hilal, Bafetimbi Gomis, untuk men-tweet foto mereka bersama setelah pertandingan Liga Champions AFC yang ikonik tahun lalu versus Al Nassr, dengan tulisan yang mengalir deras: “Sebuah foto yang sangat mewakili kekaguman yang saya miliki untuk dia. Pemain terbaik Asia.”

Pahlawan tanpa tanda jasa

Banyak yang telah berubah sejak penampilan yang tidak memuaskan di Piala Dunia empat tahun lalu, tetapi ketidakpastian di lini depan masih ada, dengan Shehri berjuang melawan striker Al Fateh, Buraikan, yang sedang dalam performa bagus untuk mendapatkan tempat sebagai starter.Buraikan diharapkan mendapat anggukan melawan Argentina, tetapi jangan mengabaikan peran Shehri dari bangku cadangan. Pemain yang tidak egois dan finisher yang diremehkan, yang peran “perma-sub”-nya di Al Hilal mengalihkan perhatian – Shehri mencetak tujuh gol dalam 13 penampilan kualifikasi, termasuk gol kunci melawan Oman, Vietnam, dan China.

Perkiraan Susunan Pemain

Argentina (4-1-3-2)

Martinez; Foyth, Otamendi, Lisandro Martinez, Acuna; Paredes; Di Maria, De Paul, Allister; Messi, Alvarez

Pelatih: Lionel Scaloni

Arab Saudi (4-3-3)

Owais; Ghanam, Amri, Bulaihi, Shahrani; Najei, Sharahili, Faraj; Dawsari, Buraikan, Bahebri

Pelatih: Herve Renard

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.